Jenis Antioksidan untuk Kulit: Ide Produk

Jenis Antioksidan untuk Kulit: Ide Produk

Antioksidan memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih muda. Karena begitu banyaknya manfaat antioksidan untuk kulit, tak heran kalau penggunaannya kerap dijumpai dalam produk skincare. Bahkan, ada banyak jenis antioksidan yang digunakan dalam produk-produk tersebut.

Produk perawatan kulit di pasaran menggunakan banyak jenis antioksidan. Di antara sekian banyak jenis antioksidan untuk kulit tersebut, mana yang menawarkan manfaat paling baik? 

Apa Itu Antioksidan?

Dalam pengertiannya, antioksidan merupakan senyawa yang memiliki peran dalam memerangi radikal bebas. Radikal bebas memiliki sifat yang tidak stabil dan dapat menimbulkan reaksi kimia dengan sangat mudah hingga merusak sel kulit. 

Untuk melindungi kulit dari radikal bebas, tubuh sebenarnya mempunyai kemampuan dalam memproduksi antioksidan sendiri. Hanya saja, antioksidan yang diproduksi oleh tubuh jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan antioksidan ekstra untuk dapat menangkal radikal bebas.  

5 Fungsi Antioksidan untuk Kulit

Kandungan antioksidan dalam berbagai produk skincare memberikan memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan kulit. Fungsi antioksidan tersebut di antaranya adalah:

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Antioksidan berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV. Paparan sinar UV secara berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Beberapa jenis kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV antara lain adalah tanda-tanda penuaan dini, kulit terbakar, serta noda hitam.

2. Menyamarkan Noda Hitam

Senyawa antioksidan dapat membantu mengatasi noda hitam pada kulit. Pemakaiannya dalam produk kecantikan efektif dalam mencerahkan kulit. Dengan begitu, noda hitam di wajah dapat tersamarkan. 

3. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Fungsi antioksidan selanjutnya adalah membantu agar kulit wajah terlihat lebih  muda. Pemakaiannya bisa menghindarkan diri dari berbagai permasalahan penuaan dini seperti kerutan serta garis-garis halus. Selain itu, elastisitas kulit juga dapat terjaga dengan baik. 

4. Memperkuat Skin Barrier

Pemakaian antioksidan sangat efektif dalam meningkatkan fungsi skin barrier. Keberadaan skin barrier memiliki peran dalam menjaga agar kandungan air dalam kulit. Dengan begitu, kulit terasa lebih lembap dan kenyal. 

5. Meningkatkan Kemampuan Tubuh dalam Memproduksi Kolagen

Kolagen mempunyai kaitan erat dengan elastisitas kulit. Kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Antioksidan memiliki peran penting dalam mendorong tubuh untuk memproduksi kolagen lebih banyak. 

Contoh Antioksidan Terbaik untuk Kulit

Dengan fungsi serta manfaat antioksidan untuk kulit yang begitu besar, tak heran kalau pemakaiannya sangatlah penting dalam produk skincare. Ada banyak jenis antioksidan yang biasa digunakan pada produk perawatan kulit, di antaranya adalah: 

1. Resveratrol

Senyawa antioksidan ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, termasuk kulit anggur merah, buah beri, dan kacang.

Sebagai bagian dari antioksidan alami, penggunaan resveratrol sangat aman untuk kulit. Hanya saja, pemakaiannya harus dihindari bagi konsumen yang mempunyai alergi terhadap wine atau anggur. 

Pemakaian produk kecantikan dengan kandungan resveratrol bisa membantu dalam memperoleh kulit yang halus dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, berbagai penelitian di laboratorium juga mengungkapkan kalau resveratrol mempunyai sifat antiperadangan, antikanker, serta antivirus.

2. Zinc

Berikutnya, ada kandungan bahan zinc yang juga mempunyai sifat antioksidan. Pemakaiannya sering dijumpai dalam produk krim perawatan kulit, khususnya untuk penanganan masalah jerawat. 

Zinc sangat efektif dalam membantu meredakan permasalahan terkait peradangan. Selain itu, pemakaiannya juga bisa mengurangi produksi minyak oleh tubuh. 

3. Green Tea

Green tea merupakan bahan yang memiliki kandungan senyawa polifenol bernama catechin. Senyawa ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel kulit. 

4. Bakuchiol

Jenis bahan selanjutnya yang punya sifat antioksidan adalah bakuchiol. Tak cuma memiliki sifat antioksidan, senyawa ini juga berperan sebagai antimikroba. Oleh karena itu, pemakaiannya bisa membantu dalam memperoleh kulit yang terlihat awet muda, cerah, dan bebas dari jerawat.

5. Ferulic Acid

Ferulic acid sering ditemukan dalam produk pelembap, serum, serta tabir surya. Kandungan bahan antioksidan tinggi di dalamnya membuat ferulic acid sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. 

Demikianlah penjelasan berkaitan berbagai jenis antioksidan untuk kulit yang terbaik. Anda dapat memanfaatkannya tidak hanya untuk membantu dalam melakukan perawatan kulit. Namun, bisa pula membuka peluang bisnis menjanjikan.

Smartpreneur mempunyai peluang bisnis dengan membangun bisnis skincare yang memiliki kandungan antioksidan dengan merek sendiri. Smartpreneur dapat memanfaatkan layanan maklon produk skincare dari Indocare B2B. Bersama Indocare B2B, Smartpreneur dapat menjalankan bisnis secara berkelanjutan dengan mudah. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.