Apa itu Maklon Kosmetik? Mengenal Cara Kerja & Keuntungannya

Apa itu Maklon Kosmetik? Mengenal Cara Kerja & Keuntungannya

Maklon kosmetik adalah perusahaan jasa manufaktur yang membantu para bisnis owner dan Smartpreneur dalam pembuatan produk kosmetik.

Dengan hadirnya maklon kosmetik, Anda bisa memulai bisnis kosmetik tanpa perlu memikirkan pembangunan pabrik sendiri.

Maklon kosmetik juga bisa menjadi solusi efektif bagi pebisnis pemula yang ingin fokus pada strategi pemasaran di awal bisnisnya, lho.

Yuk, pahami lebih lanjut mengenai apa itu maklon, cara kerjanya, serta keuntungan menggunakan maklon kosmetik dalam artikel berikut ini.

Apa itu Maklon Kosmetik?

Secara umum, maklon merupakan suatu aktivitas manufacturing produk yang dilakukan oleh pihak lain atau perusahaan jasa.

Sementara itu, maklon kosmetik adalah perusahaan jasa yang membantu pemilik bisnis kosmetik dalam membuat produk kecantikan atau perawatan diri (skincare) yang diinginkan.

Pemilik bisnis biasanya bekerja sama dengan perusahaan maklon untuk mengembangkan suatu bahan baku menjadi produk jadi.

Semua orang bisa memulai bisnis kosmetik, namun tidak semuanya memiliki kemampuan atau kapasitas untuk membuka pabrik sendiri. Hal ini biasanya dapat menghambat berjalannya bisnis.

Namun, maklon kosmetik hadir sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Menggunakan jasa maklon dapat membantu Anda menghindari berbagai risiko dalam pembuatan produk sendiri.

Pasalnya, proses produksi kosmetik bisa menghabiskan banyak sumber daya, mulai dari biaya, tenaga kerja, riset, tempat, dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Maklon

Pada dasarnya, setiap perusahaan maklon kosmetik pasti memiliki kebijakan atau SOP yang berbeda-beda.

Namun, secara umum, sistem kerja perusahaan maklon akan melibatkan beberapa hal, di antaranya pemilik brand, perusahaan jasa, dan produk yang diproduksi.

Nah, untuk proses kerja jasa maklon sendiri, berikut adalah beberapa tahap yang perlu Anda ketahui.

  1. Konsultasi mengenai konsep produk. Jika pemilik bisnis masih bingung, biasanya tim khusus dari perusahaan maklon akan memberikan bantuan.
  2. Jika konsep sudah ditetapkan, perusahaan maklon akan mulai mengembangkan contoh produk dan melaporkannya pada pemilik produk. Biasanya, Anda sebagai pemilik produk berhak menyampaikan hal-hal yang perlu diperbaiki atau diubah.
  3. Kemudian, produk akan melewati berbagai tes untuk memastikan ketahanan dan keamanan produk kosmetik. Proses ini umumnya memerlukan waktu berbulan-bulan.
  4. Proses pengurusan BPOM dan sertifikasi halal oleh perusahaan maklon. Masing-masing proses tersebut memerlukan waktu setidaknya 6 bulan. Hal ini memudahkan Anda agar tidak kerepotan mengurus kedua hal tersebut.
  5. Setelah mendapatkan sertifikat halal dan terdaftar dalam BPOM, produksi massal akan dimulai. Biasanya, perusahaan maklon memberikan ketentuan MOQ (minimum order quantity) sebanyak 1000 pcs.
  6. Melakukan quality control, yakni pengecekan terhadap setiap produk yang akan dipasarkan.
  7. Setelah produk selesai diproduksi, Anda harus menyelesaikan pembayaran sebelum produk dikirimkan.

Keuntungan Menggunakan Maklon Kosmetik

Selain tidak harus membangun pabrik sendiri dan bisa lebih fokus pada strategi promosi. beberapa keuntungan menggunakan jasa maklon kosmetik adalah sebagai berikut.

1. Relatif Lebih Hemat Biaya

Jika dibandingkan dengan memproduksi sendiri, Anda tentunya akan menjadi lebih hemat dengan menggunakan jasa maklon karena tidak semua biaya harus ditanggung sendiri oleh satu brand.

Harga yang akan Anda bayarkan untuk jasa maklon sudah termasuk akumulasi proses produksi dari awal hingga akhir. Jadi, tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan.

2. Timeline yang Lengkap dan Akurat

Sebelum proses kerjasama dimulai, jasa maklon akan menjelaskan tentang durasi produksi dari awal sampai akhir, sehingga Anda bisa mendapatkan estimasi yang jelas.

Dengan estimasi yang jelas, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan perencanaan bisnis. Alhasil, produk bisa masuk pasar di waktu yang tepat.

3. Kualitas Produk Terjamin

Perusahaan maklon kosmetik tentunya sudah memiliki pengalaman dalam pembuatan produk-produk berkualitas dan sesuai dengan standar nasional.

Sebagai perusahaan manufaktur, jasa maklon memiliki alat produksi, material, dan tentunya ahli di bidang produksi. Hal ini akan sulit dicapai jika Anda baru pertama kali produksi sendiri.

4. Skalabilitas

Jasa maklon memiliki kemampuan produksi skala besar dengan waktu yang relatif singkat. Hal ini bisa membantu bisnis Anda menyediakan kebutuhan pembeli dengan cepat.

5. Proses Produksi One-Stop

Yang membedakan maklon kosmetik dengan jenis maklon lainnya adalah prosesnya yang bersifat one-stop atau end-to-end.

Artinya, maklon kosmetik akan membantu mengurus seluruh kebutuhan produksi, mulai dari bahan baku, kandungan, kemasan, sertifikasi, hingga produk siap dipasarkan.

Pilih Jasa Maklon Kosmetik yang Tepat!

Beberapa tips yang perlu Smartpreneur perhatikan sebelum memilih jasa maklon kosmetik adalah sebagai berikut.

1. Pilih Perusahaan yang Memiliki Tenaga Riset dan Pengembangan

Pilihlah perusahaan manufaktur kosmetik yang memiliki tim riset dan pengembangan produk. Ketersediaan tim yang fokus pada riset dan pengembangan produk merupakan nilai tambah bagi perusahaan manufaktur.

2. Pilih Perusahaan dengan Jaringan Pemasok yang Luas

Cari tahu jaringan pemasok yang luas dan terintegrasi dari perusahaan manufaktur yang Anda pertimbangkan.

Pilihlah perusahaan manufaktur dengan jaringan pemasok yang paling komprehensif dan memiliki hubungan yang baik.

3. Pilih Perusahan yang Memenuhi Standar Nasional

Ketiga, pastikan bahwa perusahaan manufaktur memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah.

Anda dapat melakukan pengecekan terhadap fasilitas perusahaan manufaktur untuk menentukan apakah fasilitas pabrik sudah sesuai dengan regulasi pemerintah.

4. Pilih Perusahaan yang Berpengalaman

Teliti rekam jejak dari jasa maklon yang sedang Anda pertimbangkan. Usahakan memiliki jasa maklon yang memiliki jam terbang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko kegagalan produksi sesuai dengan konsep dan jumlah yang diinginkan.

5. Pilih Perusahaan yang Berintegritas

Periksa integritas dari jasa maklon kosmetik yang akan Anda ajak kerjasama dengan memastikan mereka selalu patuh terhadap peraturan dan standar yang berlaku. Pilihlah perusahaan yang dikenal memiliki reputasi yang baik.

6. Pilih Perusahaan yang Punya Komitmen pada Kualitas Produk

Terakhir, pilihlah jasa maklon yang menunjukkan komitmen terhadap kualitas produk. Hal ini dapat dilihat dari sertifikasi yang dimiliki dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta akreditasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk Sistem Jaminan Halal (SJH).

Melalui beberapa pertimbangan di atas, maka Indocare B2B bisa menjadi partner perusahaan manufaktur yang siap membantu bisnis kosmetik Anda.

Sebagai jasa maklon yang berpengalaman, Indocare B2B telah terjun dalam industri pembuatan kosmetik dan suplemen selama lebih dari 20 tahun.

Kami juga selalu memberikan layanan dengan prinsip complete-solution, yakni memastikan seluruh item, modul, kandungan, dan fasilitas produk berfungsi secara maksimal dan sesuai dengan standar mutu.

Jika ingin memulai bisnis kosmetik dan mengetahui lebih lanjut mengenai layanan kami, segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi gratis.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya