Probiotik: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Probiotik: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Probiotik adalah jenis mikroorganisme untuk kesehatan. Jenis ini baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan membuat pencernaan menjadi lebih baik. Fungsi microorganisme ini adalah melawan bakteri jahat di dalam pencernaan. Jenis probiotik ini dapat dijadikan kandungan produk suplemen kesehatan. Jadi, bila kamu ingin mengetahui probiotik secara mendalam. Yuk, simak artikelnya!

Apa Itu Probiotik?

Kata ‘probiotik’ sendiri berasal dari bahasa Yunani, di mana ‘pro’ berarti “untuk” dan ‘biotic’ artinya “kehidupan”. Dengan demikian, probiotik secara harfiah berarti “untuk kehidupan”.

Melansir dari National Center for Complementary and Integrative Health, probiotik merujuk pada mikroorganisme hidup yang saat dikonsumsi jumlah yang tepat, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi manusia. Probiotik ini biasanya terdapat dalam yoghurt dan makanan fermentasi lainnya, hingga suplementasi.

Probiotik dalam produk suplementasi umumnya terbagi atas bakteri dan jamur. Namun, sebagian besar orang beranggapan bahwa bakteri adalah ‘kuman’ yang berbahaya. Padahal, banyak jenis bakteri yang bermanfaat karena dapat membantu mencerna makanan, menghancurkan sel penyebab penyakit, atau menghasilkan vitamin; sehingga sering disebut bakteri baik. 

Jenis Bakteri Apa yang Ada dalam Probiotik?

Probiotik mengandung berbagai jenis bakteri dan jamur yang bermanfaat bagi tubuh orang yang mengonsumsinya. Beberapa jenis probiotik yang sering ditemukan, meliputi:

1. Lactobacillus

Ini adalah salah satu jenis bakteri baik yang paling umum. Manfaat utamanya adalah membantu memecah laktosa menjadi asam laktat, yang pada gilirannya dapat menguntungkan individu yang memiliki intoleransi laktosa. Bakteri ini umumnya ditemukan dalam produk susu fermentasi seperti yoghurt.

2. Bifidobacterium

Bakteri ini bermanfaat dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus, meningkatkan pencernaan, serta meningkatkan penyerapan nutrisi. Untuk memperoleh manfaatnya, orang-orang biasanya mengonsumsi produk-produk olahan susu seperti keju yang banyak mengandung bakteri ini.

3. Saccharomyces Boulardii

Saccharomyces boulardii adalah jamur yang diklasifikasikan sebagai ragi yang sering digunakan dalam suplemen. Ragi ini dapat bertahan melalui asam lambung dan mencapai usus besar, di mana mereka membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, melawan infeksi, dan mengurangi gejala diare.

Manfaat Mengonsumsi Probiotik

Mengonsumsi bakteri baik dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, asalkan dalam dosis yang tepat. Berikut ini manfaatnya yang bisa Anda jadikan bahan promosi:

  • Membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan mempromosikan keberadaan bakteri baik.
  • Merangsang produksi sel-sel imunitas tubuh dan mengaktifkan respons kekebalan, sehingga tubuh tidak rentan terhadap infeksi dan penyakit.
  • Membantu mencegah dan mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, termasuk infeksi bakteri seperti Salmonella dan Clostridium difficile.
  • Meningkatkan penyerapan nutrisi, terutama vitamin dan mineral.
  • Pencernaan yang sehat dapat meningkatkan mood.

Dosis Konsumsi

Mengonsumsi probiotik dalam dosis yang berlebihan justru dapat membawa efek samping seperti kembung, pusing, hingga kesulitan bernapas bagi konsumen. Maka dari itu, penting untuk mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menciptakan produk dan merekomendasikan dosisnya.

Dosis yang digunakan dalam mengonsumsi bakteri baik harian disebut satuan juta atau miliar bentukan CFU (koloni pembentuk unit) per kapsul. Dokter Vincent M. Pedre, MD menyarankan untuk memulai dengan setidaknya 30 miliar CFU, dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, sebanyak 1–2 kali sehari selama tiga bulan.

Kembangkan Produk Probiotik untuk Dijual!

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu bakteri baik yang bisa Anda jadikan produk suplemen kesehatan. Anda bisa mengembangkannya menjadi ide produk berkualitas, aman, dan bernilai jual tinggi bersama Indocare B2B

Dengan pengalaman dan keahlian lebih dari 20 tahun, kami merupakan jasa maklon terbaik dalam menciptakan dan mengembangkan produk suplemen dan vitamin yang kompetitif di pasaran ASEAN. Jika Anda tertarik untuk bermitra dengan Indocare B2B, segera hubungi kami di sini untuk berkonsultasi.

 

Ditinjau oleh: dr. Putri Wulandari


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.