Astringent: Arti, Jenis, dan Manfaat untuk Perawatan Wajah

Astringent: Arti, Jenis, dan Manfaat untuk Perawatan Wajah

Astringent adalah jenis produk skincare yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Di Indonesia, produk jenis ini hampir selalu mengandung alkohol seperti etanol. Ketika Anda ingin mengembangkan lini produk yang terjangkau, bisa untuk semua jenis kulit, astringen bebas alkohol bisa memenuhi ekspektasi Anda. Tapi apakah mungkin dilakukan? 

Definisi Astringent

Sebenarnya astringent atau disebut juga astringen, adalah salah satu zat yang dapat menyebabkan penyusutan jaringan kulit sehingga membuat kulit tampak lebih kencang. Karena kemampuannya dalam mengencangkan kulit, maka ia juga bisa mengecilkan pori-pori meski untuk sementara. 

Oleh karena manfaatnya ini, produk astringen sangat populer pada konsumen yang ingin tampak lebih muda dan memiliki masalah dengan tampilan pori-pori besar. 

Jenis-jenis Astringent

Sebelum mengembangkan produk, penting untuk memahami jenis-jenis astringen agar konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit mereka. Ini juga membantu Anda dalam mengembangkan ide bisnis dan konsep produk, seperti target audiens dan saluran distribusi. 

Sumber zat astringen sangat bervariatif, tapi jika mengacu pada produk perawatan kulit, astringen berasal dari bahan-bahan alami seperti mentimun, teh hijau, atau ekstrak herba lainnya yang memiliki sifat astringen alami. Selain itu, produk astringen juga mengandung beberapa jenis kandungan dan komposisi seperti di bawah ini:

Astringent dengan Bahan Alami

Jenis astringent ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti mentimun, teh hijau, ekstrak chamomile, dan witch hazel. Mereka bekerja dengan lembut untuk meredakan peradangan, mengurangi minyak berlebih, dan memberikan efek yang menyegarkan pada kulit.

Astringent dengan Alkohol

Alkohol, seperti etanol atau isopropyl, juga memiliki efek astringent yang kuat dan cepat. Mereka efektif dalam memperkecil pori-pori dan mengontrol minyak berlebih, tetapi dapat membuat kulit kering jika digunakan berlebihan. 

Astringent untuk Kulit Sensitif

Produk astringent ini dirancang khusus untuk kulit sensitif. Mereka mengandung bahan-bahan yang lembut, seperti ekstrak lidah buaya atau bunga lavender, yang membantu menyeimbangkan dan meredakan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

Astringent untuk Jerawat

Astringen yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat (salicylic acid) atau asam glikolat (glycolic acid). Mereka membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan pada jerawat.

Astringent untuk Kulit Anti-penuaan

Astringen dengan tujuan anti-penuaan seperti koenzim Q10 atau vitamin C akan merangsang produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit, sehingga sangat sesuai pada konsumen yang memiliki kerutan dan garis halus.

Astringent dengan Ekstrak Herbal Lainnya

Selain bahan-bahan di atas, ada astringen yang mengandung ekstrak herbal lainnya seperti ginseng, rosehip, atau lavender. Masing-masing ekstrak memberikan manfaat unik untuk perawatan kulit yang beragam.

Efek Samping Astringen yang Mengandung Alkohol

Hampir semua produk astringen mengandung alkohol, karena alkohol berfungsi sebagai pelarut atau pengemulsi yang menjaga konsistensi dan stabilitas produk. Alkohol juga akan membantu penyerapan bahan aktif lain agar manfaatnya lebih maksimal. 

Namun, seperti banyak produk skincare, penggunaan berlebihan atau tidak sesuai dengan jenis kulit tertentu dapat menyebabkan efek samping pada kulit. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan astringent yang mengandung alkohol adalah:

Iritasi Kulit

Dikutip dari Healthline, alkohol dapat membuat kulit kering, dan penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi bahkan pecah-pecah, terutama pada konsumen dengan kulit sensitif atau kering seperti eksem dan rosacea.

Kulit Terbakar

Konsumen dengan kulit sensitif mungkin merasakan sensasi terbakar atau gatal setelah mengaplikasikan produk astringent yang mengandung alkohol. Ini bisa sangat mengganggu dan membuat kulit menjadi merah dan perih.

Pengelupasan Berlebihan

Alkohol dapat mengikis lapisan atas kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi terkelupas. Pengelupasan ini bisa membuat kulit terlihat kering dan kasar.

Reaksi Alergi

Beberapa konsumen mungkin mengalami reaksi alergi terhadap alkohol atau bahan lain dalam produk astringent. Reaksi ini bisa berupa kemerahan, gatal-gatal, atau bengkak.

Mengembangkan Astringent Bebas Alkohol

Mengembangkan astringent bebas alkohol adalah langkah strategis dalam industri perawatan kulit. Produk astringen tanpa alkohol menawarkan sejumlah keunggulan yang dapat memperluas target pasar dan mengikuti tren konsumen yang berkembang. Ini adalah pilihan yang bijaksana bagi merek yang ingin menjalani pendekatan yang lebih holistik dalam bisnis perawatan kulit mereka.

Astringent tanpa alkohol menawarkan fleksibilitas dalam pemasaran. Produk semacam ini lebih cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk sensitif dan kering. Karena tidak mengandung alkohol, risiko iritasi dan pengeringan berkurang secara signifikan. Hal ini memberikan peluang bagi merek-merek yang ingin menggarap target pasar yang lebih luas, termasuk individu dengan kulit sensitif yang mungkin menghindari produk dengan alkohol.

Mengembangkan produk astringen alcohol-free juga mencakup aspek moral dan etis yang dapat menarik bagi sejumlah konsumen. Terdapat kelompok-kelompok yang memprioritaskan produk yang berbahan dasar tumbuhan dan ramah lingkungan seperti vegan, vegetarian, dan mereka yang mencari produk plant-based

Dalam lingkungan yang semakin kompetitif, produk bebas alkohol dapat memberikan nilai tambah yang mencolok dan memperkuat branding dengan mudah. Selain itu, berinvestasi dalam inovasi produk semacam ini dapat memposisikan merek sebagai pelopor dalam industri dan menarik perhatian yang lebih besar dari konsumen yang semakin cerdas.

Dalam perangkat pengembangan produk bebas alkohol, aspek kualitas dan keamanan harus menjadi fokus utama. Produk ini harus memenuhi standar tinggi dalam hal kinerja dan aman digunakan pada berbagai jenis kulit. 

Dengan menjawab permintaan konsumen untuk produk perawatan kulit yang lebih alami, aman, dan ramah lingkungan, mengembangkan astringent bebas alkohol bukan hanya keputusan bisnis yang cerdas, tetapi juga langkah positif menuju perawatan kulit yang lebih baik.

Strategi cerdas yang bisa Anda gunakan ialah bekerja sama dengan Indocare B2B, salah satu maklon skincare yang memulai perjalanan bisnis dalam pengembangan produk suplemen kesehatan. 

Sejak 1988, Indocare B2B berhasil mengembangkan produk yang terpercaya dan efektif, sebab seluruh proses produksi mengikuti standar ketat dan uji mutu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.