Bikin Shampoo Dengan 3 Bahan Ini Bisa Rusak Rambut

Bikin Shampoo Dengan 3 Bahan Ini Bisa Rusak Rambut

Bikin shampoo sendiri memang memuaskan. Sebab bisa memilih bahan-bahan yang diperlukan rambut Anda sendiri. Apalagi jika shampoo bikinan Anda disukai banyak orang dan sukses dipasarkan. Tapi hati-hati, ada beberapa bahan resep populer shampoo yang ternyata tidak sesuai dengan harapan. Bahkan ada yang berbahaya bagi rambut.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang kesalahan yang ada pada beberapa resep formula shampoo paling populer di dunia maya. Jika ingin produk sendiri namun tidak mau beresiko salah meracik formula shampoo, Anda bisa bekerja sama dengan maklon personal care.

Diskusikan pertanyaan seputar maklon personal care dengan kami disini. Ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

Kesalahan Dalam 3 Resep Populer Bikin Shampoo Sendiri

Resep produk perawatan rambut pada umumnya memakai tiga jenis bahan dasar ini, yaitu sabun castile, coconut milk, dan baking soda. Namun resep shampoo yang menggunakan tiga jenis produk ini tidak efektif membersihkan dan melindungi rambut, serta dapat berefek yang membahayakan tubuh.

Secara umum, kebanyakan dari shampoo homemade tidak disimpan dengan cara yang benar, sehingga bisa memicu berkembangbiaknya bakteri, dan jamur. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan mata, sariawan, atau gangguan kulit lainnya.

Berikut tiga jenis bahan dasar resep formula shampoo yang bekerja tidak sesuai harapan:

1. Coconut milk

Jumlah resep formula shampoo yang menggunakan coconut milk semakin bertambah banyak. Biasanya akan dikombinasikan dengan madu, cuka, atau sabun castile. Tanpa campuran sabun, coconut milk tidak bisa membersihkan rambut. Padahal membersihkan rambut adalah tugas utama shampoo.

Lalu tingkat keasaman coconut milk yang mendekati netral (sekitar 6-7) juga masih terlalu tinggi untuk rambut. Vitamin dan proses melembabkan yang diberikan coconut milk tidak cukup untuk menutup sel-sel kutikula atau menyeimbangkan tingkat keasaman rambut.

2. Baking soda

Bahan ini cukup populer digunakan sebagai bahan utama pembuat shampoo homemade. Sebab mudah didapatkan, dan tidak mahal. Baking soda dapat bereaksi sebagai bahan degreaser, sehingga bisa menghilangkan minyak dari rambut.

Larutan baking soda yang bercampur air punya tingkat keasaman yang terlalu tinggi untuk rambut dan bisa membuat kulit kepala iritasi, sekitar 9,5. Kondisi ini membuat baking soda tidak mampu menutup sel kutikula rambut, dan lambat laun bisa membuat rambut menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan. 

3. Sabun castile

Sangat banyak shampoo homemade yang menggunakan bahan dasar sabun castile, biasanya dikombinasikan dengan lidah buaya, minyak esensial, dan bahan lainnya. Mengapa banyak orang menggunakan sabun castile untuk membuat shampoo?

Beberapa alasannya adalah sabun castile dapat menghasilkan busa, bisa membersihkan kulit kepala, terjangkau, dan berasal dari bahan alami. Bahan sabun castile memang akan membersihkan rambut, namu tingkat keasamannya sangat tinggi sekitar 9-10, yang tidak cocok untuk rambut. Kenapa tidak cocok?

Karena ketika rambut dirawat dengan produk yang tingkat keasamannya tinggi, akan membuka sel-sel kutikula dan rentan terhadap kerusakan. Rambut yang mempunyai tingkat keasaman yang tidak seimbang akan mudah patah dan kusut.

No Comments

Post A Comment