Inilah 5 Bahan Deodoran yang Ampuh Atasi Bau Keringat

Inilah 5 Bahan Deodoran yang Ampuh Atasi Bau Keringat

Tren penggunaan deodoran di Indonesia tidak akan pernah mengalami degradasi sebab banyak konsumen yang beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca yang panas dan kering. Tentunya ini mendorong permintaan produk deodoran, tetapi tren produk deodoran tampaknya jauh berbeda dalam lima tahun terakhir. Hal ini membuat para pelaku usaha melakukan perbaikan untuk mengembangkan produk dengan bahan deodoran yang inovatif, seperti bahan alami. 

Tren penggunaan deodoran berbahan alami semakin populer, lantaran konsumen ingin menghilangkan bau ketiak tanpa bergantung pada bahan kimia yang berlebihan, sebab bahan deodoran tersebut memiliki komposisi yang ramah lingkungan, sehingga risiko untuk mengiritasi kulit lebih rendah dan sangat cocok untuk konsumen dengan preferensi produk yang berkelanjutan. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk Anda membuat produk deodoran Anda sendiri dengan bahan-bahan yang sedang tren dan banyak dicari oleh konsumen di pasaran. Namun sebelum itu, Anda perlu mengerti penyebab munculnya bau badan untuk mengatur strategi konsep produk deodoran Anda. 

Penyebab Bau Badan

Penyebab bau badan pada konsumen Indonesia dapat berasal dari berbagai faktor, termasuk kelembaban udara yang tinggi, suhu tropis, dan aktivitas fisik di luar ruangan yang intens. Jika tidak diatasi dengan kebersihan yang baik dan penggunaan deodoran yang tepat, bakteri pada kulit akan berkembang biak dalam keringat dan menghasilkan bau yang tidak sedap. Selain itu, faktor seperti sering mengonsumsi makanan pedas, makanan tinggi protein atau hasil fermentasi juga dapat mempengaruhi aroma tubuh. 

5 Jenis Bahan Deodoran 

Untuk menciptakan produk deodoran tidak bisa memanfaatkan hanya dengan satu kandungan saja, tetapi beberapa bahan di bawah ini adalah bahan deodoran utama yang efektif dan jarang sekali ditemukan di pasar lokal. 

1. Minyak Kelapa

Bahan alami pertama datang dari minyak kelapa. Penelitian membuktikan bahwa minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Sehingga, minyak kelapa dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau dari keringat berlebih pada area tubuh yang hangat, serta dapat menghaluskan dan melembabkan kulit karena memiliki komposisi lemak yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, Anda bisa membuat produk deodoran berbahan dasar minyak kelapa dengan mencampurkan bahan lainnya seperti baking soda, tepung pati, dan minyak esensial (tea tree oil dan minyak lavender).

2. Baking Soda

Berdasarkan pembahasan pertama, dapat diketahui pula bahwa baking soda menjadi bahan deodoran yang bisa dimanfaatkan. Baking soda atau natrium bikarbonat mengandung senyawa yang memiliki sifat antimikroba dan menetralkan bau karena dapat menyerap kelembapan. 

Maka dari itu, baking soda cukup efektif mengurangi bau tidak sedap pada ketiak yang diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri penyebab bau. Namun, deodoran berbahan dasar ini tidak dianjurkan untuk konsumen dengan kulit sensitif. 

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil juga menjadi bahan deodoran terbaik dalam menciptakan produk deodoran. Minyak esensial ini dipercaya mengandung senyawa bersifat antibakteri dan antijamur serta menenangkan. 

Sehingga, tea tree oil dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak, seperti Staphylococcus dan P. acnes, serta dapat memberi aroma segar pada tubuh.

4. Cuka Apel

Bahan selanjutnya yang bisa menjadi bahan dasar pembuatan deodoran adalah cuka apel. Pasalnya, cuka apel mengandung asam asetat yang memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. 

Selain itu, cuka apel dapat mengatur dan menyeimbangkan pH kulit sehingga sangat efektif dalam menyerap dan menghilangkan bau badan. 

5. Air Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu menetralkan bau tidak sebab dengan mengurangi kadar asam di area ketiak. Ini juga dipengaruhi oleh sifat antibakteri alami lemon yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau. 

Ciptakan Produk Deodoran dengan Bahan Deodoran Terbaik

Itulah lima jenis bahan deodoran yang bisa Anda manfaatkan dalam pembuatan produk deodoran. Harapannya, Anda bisa memberikan pilihan deodoran yang tidak hanya ampuh efektif menghilangkan bau badan melainkan juga baik untuk kesehatan.

Anda bisa menciptakan produk deodoran impian atau personal care lainnya secara mudah dengan mempercayakan Indocare B2B sebagai partner produksi Anda. Dengan pengalaman 30 tahun lebih dalam menciptakan dan mengembangkan produk skincare, personal care, body care, dan jenis produk lainnya, Indocare B2B tentu menjadi solusi manufaktur untuk bisnis Anda. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar layanan Indocare B2B, Anda bisa menghubungi kami di sini.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya