Ide Produk: 7 Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif

Ide Produk: 7 Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif memerlukan perhatian khusus dalam perawatan kulit. Orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami kemerahan, iritasi, dan rasa tidak nyaman saat menggunakan produk perawatan kulit tertentu. Oleh karena itu, produk skincare untuk kulit sensitif memerlukan formulasi yang khusus dan proses pengembangan yang teruji secara klinis, untuk menghindari risiko inflamasi. 

Apa Itu Kulit Sensitif?

Kulit sensitif adalah suatu kondisi yang ditandai sensasi perih, terbakar, dan gatal pada kulit saat berinteraksi dengan produk yang mengandung alkohol, eksfolian, sabun, dan formula pewangi. Seseorang dengan kulit sensitif lebih rentan terkena iritasi oleh berbagai bahan dalam produk perawatan kulit, seperti kosmetik, sabun, atau lotion.

Hal ini terjadi karena tubuh mengenali bahan tersebut sebagai benda asing sehingga mengaktifkan respons imun yang menyebabkan tanda dan gejala peradangan. Kondisi ini tentu membuat orang dengan kulit sensitif mengalami kesulitan dalam mencari produk perawatan kulit.

Mengapa Kulit Sensitif Membutuhkan Skincare Khusus?

Seseorang dengan kulit sensitif juga berhak tampil menarik, dengan kulit yang bersih dan menawan. Namun, mereka tidak bisa asal menggunakan skincare karena dapat mempengaruhi kondisi kulit dan memicu iritasi. Oleh karena itu, mereka membutuhkan skincare untuk kulit sensitif yang diformulasikan khusus agar tetap bisa tampil menarik tanpa takut iritasi.

Lantas, apa saja bahan-bahan skincare yang aman digunakan untuk membuat produk skincare khusus kulit sensitif tersebut?

Bahan-Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif

Berikut daftar bahan-bahan skincare yang aman untuk kulit sensitif:

  • Lidah Buaya

Di Mesir, lidah buaya dikenal sebagai “tanaman keabadian” karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan, kecantikan, dan perawatan kulit. Tanaman yang termasuk dalam famili Asphodelaceae ini mengandung vitamin, enzim, mineral, asam lemak, hormon, asam amino, dan juga asam salisilat.

Semua komponen dalam lidah buaya ini terbukti ampuh mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti psoriasis, dermatitis seboroik (ketombe), stomatitis aftosa (sariawan), xerosis (kulit kering), liken planus (lichen planus), radang dingin, luka bakar, penyembuhan luka, dan peradangan. Lidah buaya juga terbukti membantu melembapkan kulit dan memiliki sifat anti penuaan.

  • Bakuchiol

Bakuchiol adalah antioksidan alami yang ditemukan dalam biji ramuan babchi (Psoralea corylifolia), asli India. Antioksidan ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam pengobatan India, Cina, Jepang, dan Korea untuk mengobati berbagai kondisi peradangan kulit. Jadi, cocok sebagai kandungan skincare untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Selain itu, bakuchiol juga berkhasiat sebagai antipenuaannya. Bahan skincare ini terbukti mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan elastisitas alami kulit. Bakuchiol juga memperbaiki pigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari berlebih dan terbukti mengatasi jerawat karena sifat antibakterinya.

  • Ceramide 

Ceramide adalah lemak lilin esensial yang secara alami ditemukan di stratum korneum; lapisan terluar kulit. Ceramide memiliki peran besar dalam melindung kulit yang sehat dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Dengan demikian, risiko iritasi dan peradangan kulit pun berkurang. Kekurangan ceramide dapat menyebabkan dermatitis atopik dan psoriasis.

  • Niacinamide

Niacinamide atau vitamin B3 adalah bahan skincare yang memiliki banyak manfaat bagi kulit. Manfaat tersebut, antara lain:

  • Meningkatkan produksi ceramide, pelindung alami kulit.
  • Melembapkan kulit dengan mengurangi kehilangan air.
  • Memperbaiki penuaan kulit dengan meningkatkan sintesis kolagen yang dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit.
  • Memiliki sifat antiinflamasi.
  • Membantu memperkuat pelindung kulit.

Dengan segala manfaatnya ini, niacinamide cocok sebagai bahan pembuatan skincare untuk kulit sensitif dan kusam.

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang berkhasiat menenangkan kulit. Penggunaan ekstrak teh hijau secara topikal juga dapat membantu melindungi kulit dari radiasi UV, meminimalkan tanda-tanda penuaan, mengurangi produksi sebum, membantu meredakan jerawat, dan mengurangi peradangan.

  • Gliserin

Gliserin adalah senyawa poliol sederhana yang secara alami ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Senyawa ini bersifat menghidrasi kulit dan dapat digunakan pada kulit normal, kulit kering, atau kulit berpenyakit seperti eksim atau ichthyosis vulgaris. Senyawa ini juga membantu meningkatkan kehalusan permukaan kulit dan menjaga skin barrier tetap utuh.

  • Urea

Urea adalah komponen alami di lapisan luar kulit yang bertindak sebagai humektan dan agen keratolitik. Pada konsentrasi rendah atau kurang dari 10%, urea sangat baik untuk kulit sensitif, kulit kering, dan kulit eksim. Sedangkan pada konsentrasi lebih tinggi, urea dapat mengatasi psoriasis (mengurangi ketebalan plak) dan onikomikosis (membantu mengobati jamur kuku).

Nah, demikian penjelasan mengenai pentingnya skincare khusus untuk kulit sensitif dan bahan-bahan yang aman digunakan dalam membuat skincare untuk kulit sensitif. Jika Smartpreneur tertarik mengembangkan produk perawatan khusus kulit sensitif tersebut, Indocare B2B bisa jadi partner terbaik Anda.

Sebagai maklon skincare, Indocare B2B siap mengembangkan produk skincare terbaik yang aman dan nyaman untuk kulit sensitif. Ini karena Indocare B2B tidak pernah melewatkan uji stabilitas pada setiap produk yang dikembangkan.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.