Beta Glukan: Skincare untuk Kulit Sensitif yang Jarang Dilirik

Beta Glukan: Skincare untuk Kulit Sensitif yang Jarang Dilirik

Kandungan bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramide sudah banyak digunakan dalam berbagai produk skincare. Namun, tahukah Anda terdapat kandungan lain yang memiliki khasiat tidak kalah besarnya. Salah satunya adalah beta glukan, kandungan bahan skincare yang jarang dilirik. 

Produk beta glukan skincare di pasaran memang masih sangat minim. Padahal, Anda perlu tahu kalau kandungan bahan ini bisa memberikan efek kulit yang lebih cerah dan sehat. Bahkan, pemakaiannya sangat cocok bagi konsumen yang mempunyai kulit sensitif sekali pun. 

Apa itu Beta Glukan

Beta glukan merupakan serat yang berasal dari berbagai jenis makanan, termasuk di antaranya adalah jamur, oat, sorghum, maupun barley. Biasanya, penggunaannya sering ditemukan di suplemen makanan karena bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. 

Beta glukan mempunyai karakteristik yang larut dalam air dan mempunyai bentuk mirip seperti gel. Pemakaiannya dapat membantu dalam menjaga kelembapan kulit secara efektif dan bahkan disebut-sebut memiliki kemampuan dalam menghidrasi kulit lebih baik dibandingkan hyaluronic acid.

Spesifikasi Beta Glukan

Berkaitan dengan pemanfaatan beta glukan untuk kulit, ada beberapa karakteristik serta spesifikasi yang menarik untuk diketahui, yaitu:

1. Bekerja Sebagai Humektan

Beta glukan mempunyai kemampuan dalam melakukan hidrasi kulit berkat sifatnya sebagai zat humektan. Sifat humektannya membuat senyawa ini dapat menarik molekul air yang ada di udara. Dengan karakteristiknya ini, pelembap dapat meresap ke dalam kulit dengan lebih cepat dan ringan. 

2. Aman untuk Kulit

Beta glukan diperoleh melalui ekstraksi berbagai jenis tumbuhan. Oleh karena itu, penggunaannya sebagai kandungan dalam produk skincare relatif aman, sebab tidak memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya untuk kulit.

3. Aman untuk Ibu Hamil

Penggunaan beta glukan skincare relatif aman. Tidak hanya bagi individu yang memiliki kulit sensitif, tetapi juga bagi ibu hamil. FDA memberikan label beta glukan sebagai bahan yang “Generally Recognized as Safe“. 

4. Sesuai untuk Perempuan Menyusui

Beta glukan termasuk aman bagi perempuan menyusui. Bahkan, senyawa ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit serta mengurangi peradangan.

5. Nonkomedogenik

Beta glukan termasuk bahan yang mempunyai comedogenic rating “0” atau nonkomedogenik. Artinya, pemakaiannya sangat aman bagi mereka yang memiliki kulit sensitif jerawat atau berminyak. Kandungan bahan ini tidak akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori dan bahkan dapat membantu penyembuhan jerawat.

Manfaat Beta Glukan untuk Kulit Sensitif

Pemakaian kandungan bahan beta glukan untuk kulit sensitif bisa memberikan banyak manfaat, termasuk:

1. Mencegah Kerusakan Sel Akibat Paparan Sinar UV

Beta glukan memiliki manfaat dalam membuat kulit lebih sehat. Pemakaiannya secara rutin membuat masalah kulit rusak akibat sinar matahari dapat berkurang. 

2. Memperbaiki Tekstur Kulit

Pemakaian beta glukan bisa memberikan manfaat dalam memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus. Oleh karena itu, penggunaannya sangat sesuai bagi mereka yang rentan mengalami sunburn atau jerawat. 

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Beta glukan merupakan bahan yang memiliki sifat humektan. Dengan sifat humektan tersebut, beta glukan mempunyai kemampuan dalam menarik kandungan air dari lapisan kulit bagian dalam dan menguncinya. Di waktu yang sama, beta glukan juga mampu menyerap kandungan air dari luar ketika kelembapan udara mencapai 70%.

4. Menyamarkan Tanda-tanda Penuaan Dini

Manfaat beta glukan berikutnya adalah kemampuannya dalam menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Manfaat ini bisa didapatkan karena kandungan antioksidan tinggi yang mampu mencegah dampak kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari seperti keriput dan garis-garis halus.

5. Memperkuat Fungsi Skin Barrier

Manfaat beta glukan untuk kulit sensitif yang terakhir adalah berkaitan dengan skin barrier. Pemakaiannya dapat membantu dalam memperkuat fungsi skin barrier. Beta glukan akan merekatkan sel kulit yang ada pada permukaan terluar. Lapisan tersebut dapat melindungi kulit dari berbagai jenis polutan dan sekaligus membantu menjaga hidrasi kulit. 

Mengingat pemanfaatannya yang masih minim, beta glukan termasuk bahan yang memiliki peluang bisnis menarik, terutama bagi Smartpreneur yang tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis skincare

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tinggi dengan bisnis beta glukan skincare, ada solusi tepat dari Indocare B2B. Indocare B2B menyediakan layanan maklon produk skincare untuk kebutuhan tersebut. 

Dengan layanan dari Indocare B2B, Smartpreneur dapat menyerahkan sepenuhnya proses pengembangan produk agar dapat memfokuskan pikiran dalam menyusun strategi pemasaran. Dengan maklon end-to-end, Anda dapat memiliki produk dengan standar kualitas yang diakui di Indonesia dan global.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.