Biaya Maklon Kosmetik, Syarat, dan Tips Memilih yang Tepat

Biaya Maklon Kosmetik, Syarat, dan Tips Memilih yang Tepat

Tidak banyak yang belum tahu kalau memulai bisnis kosmetik tidak harus punya toko dan pabrik; tapi bisa diakali dengan memanfaatkan layanan maklon kosmetik yang belakangan mulai banyak dipakai oleh Smartpreneur di Indonesia. Berapa sebenarnya biaya maklon kosmetik dan apa saja syarat yang harus Anda persiapkan?

Definisi maklon kosmetik

Maklon (makloon) kosmetik sering juga disebut dengan manufaktur kontrak. Manufaktur kontrak adalah sebuah model bisnis di mana perusahaan menyediakan produksi barang atau produk kosmetik (perawatan tubuh dan kulit) untuk pihak lain. Dalam kata lain, produk yang telah diproduksi nantinya akan dijual dengan merek klien sendiri, termasuk hak intelektual dan desain.  

Popularitas maklon kosmetik dimulai dari keberadaan manufaktur kontrak di segmen perangkat elektronik, otomotif, dan farmasi. Ketenaran mereka juga sangat dipengaruhi oleh adanya celah antara produsen-produsen di industri kosmetik, yang mana pasar dikuasai oleh brand raksasa dan terkenal. 

Syarat bekerja sama dengan perusahaan maklon

Nah sebelum bekerja sama dan mengetahui biaya maklon kosmetik, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Namun tidak perlu khawatir, perusahaan maklon kosmetik di Indonesia memiliki syarat yang relatif mudah jika dibandingkan negara-negara tetangga. 

Syarat maklon tergantung pada ekspektasi model bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki brand, perusahaan, atau merupakan badan usaha, Anda perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Jika Anda bukan merupakan sebuah badan usaha melainkan perseorangan, Anda hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Memilih maklon kosmetik yang tepat 

Memilih maklon kosmetik yang tepat dan sesuai dengan niche produk kosmetik yang ingin Anda produksi dapat menjadi tantangan, namun dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut, Anda dapat membuat keputusan yang tepat sebelum mengetahui biaya maklon kosmetik yang sebenarnya:

  1. Spesialisasi: Pastikan maklon kosmetik yang Anda pilih memiliki spesialisasi dalam produksi jenis produk kosmetik yang ingin Anda buat. Jangan ragu untuk bertanya kepada maklon kosmetik tentang pengalaman mereka dalam memproduksi jenis produk kosmetik impian Anda.
  2. Kualitas: Pastikan maklon kosmetik yang Anda pilih memiliki standar kualitas yang tinggi dalam produksi kosmetik. Cek apakah mereka memiliki sertifikasi GMP (Good Manufacturing Practice) atau ISO yang menunjukkan bahwa mereka mengikuti prosedur yang ketat dalam produksi produk kosmetik.
  3. Bahan baku: Pastikan maklon kosmetik menggunakan bahan baku yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi produk kosmetik Anda. Tanyakan dari mana mereka membeli bahan baku, dan pastikan mereka memiliki pemasok yang terpercaya dan berkualitas.
  4. Harga: Tentukan anggaran yang tepat dan cari maklon kosmetik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam anggaran yang ditentukan. Namun, pastikan Anda tidak mengorbankan kualitas produk demi harga yang murah.
  5. Kapasitas produksi: Pastikan maklon kosmetik yang Anda pilih memiliki kapasitas produksi yang cukup untuk memproduksi produk kosmetik Anda dalam jumlah yang diinginkan.
  6. Reputasi: Cari tahu reputasi maklon kosmetik dengan membaca ulasan pelanggan dan meminta referensi dari maklon kosmetik tersebut. Pastikan mereka memiliki reputasi yang baik dalam industri kosmetik.
  7. Lokasi: Pertimbangkan lokasi maklon kosmetik dan faktor logistik yang terkait dengan pengiriman produk kosmetik dari maklon ke pelanggan atau distributor Anda.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih maklon kosmetik yang tepat dan sesuai dengan biaya atau budget Anda.

Biaya maklon kosmetik

Lantas berapa sebenarnya biaya maklon kosmetik di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan ini, biaya maklon kosmetik sangat bergantung pada kompleksitas, ukuran, bahan baku, dan jumlah produk yang Anda inginkan. 

Perusahaan maklon kosmetik yang memiliki biasanya menetapkan MOQ di atas 2000 pcs dengan ukuran kurang lebih 100 ml. Pada kasus tersebut, biaya yang Anda keluarkan berkisar antara 50 an juta. Secara praktisnya, biaya maklon kosmetik tersebut jauh lebih murah dibanding memproduksi sendiri yang menghabiskan ratusan juta rupiah dan durasi yang sangat lama. 

Di Indocare B2B, Anda tidak perlu mengeluarkan rupiah hingga ratusan juta dan bahkan 50 juta rupiah. Dengan MOQ yang fleksibel, Anda cukup menyiapkan budget 20 jutaan saja dan kami akan langsung memulai proses produksi. Anda juga bisa melakukan deposito dulu untuk produksi sampling dan bebas revisi. 

Berada di bawah PT. Indocare Citrapasific yang telah berpengalaman dalam pengembangan produk sejak 1988, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas dan integritas yang dipegang oleh Indocare B2B. Kami akan membuat produk impian Anda menjadi nyata dan ideal.

Hubungi kami di sini sekarang juga. 

 

Konsultasi gratis. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya