Bisabolol: Sebuah Game Changer untuk Kulit Berjerawat

Bisabolol: Sebuah Game Changer untuk Kulit Berjerawat

Jika Anda sedang mencari kandungan organik yang berkhasiat tinggi untuk perawatan kulit berjerawat, bisabolol adalah jawabannya. Kandungan organik yang diekstrak dari tanaman chamomile ini memiliki efek menenangkan sehingga banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah peradangan kulit. 

Asal-mula Bisabolol

Era perawatan kulit modern diisi oleh kandungan yang variatif, namun posisi kandungan organik dan alami jelas mengungguli di pasaran. Kandungan organik seperti minyak esensial, madu, hingga chamomile yang bisa dimanfaatkan sebagai teh, dapat menggantikan bahan kimia yang keras yang ditemukan dalam produk perawatan konvensional.

Tidak hanya risiko iritasi yang lebih rendah, skincare alami dan organik juga berbicara tentang merawat planet menjadi lebih baik. 

Bisabolol, sebagai salah satu kandungan alami pada produk perawatan kulit yang populer lima tahun belakangan ini; berasal dari minyak esensial tanaman Chamomile (Chamaemelum nobile) dan tanaman Candeia (Eremanthus erythropappus). Namun untuk produk skincare, bisabolol lebih sering diambil dari jenis chamomile Jerman (Matricaria chamomilla), yang penggunaannya terkenal untuk pengobatan herbal. 

Bisabolol atau α-bisabolol, diekstrak dari minyak esensial chamomile dengan metode distilasi. Lalu diisolasi dan digunakan sebagai bahan skincare. Proses produksi ini memastikan kemurnian dan kualitasnya sebelum diintegrasikan dalam formulasi skincare, yang dapat merawat kulit. 

Manfaat Bisabolol untuk Kulit Berjerawat

Dibanding jenis chamomile lainnya, chamomile Jerman mengandung bisabolol lebih tinggi, sehingga lebih efektif dan bermanfaat jika digunakan dalam perawatan kulit, ucap Dendy Engelman seperti yang dikutip pada artikel Healthline

Berikut manfaat α-bisabolol untuk kulit berjerawat:

Mengurangi Jerawat yang Meradang

Kulit yang berjerawat pasti mengalami peradangan yang dapat memperparah jerawat. Bisabolol memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. 

Sifat antiperadangannya ini akan meredakan kemerahan, rasa sakit, dan mengurangi pembengkakan jerawat, serta mencegah munculnya jerawat baru. Dengan penggunaan yang teratur, bisabolol akan membuat kulit bebas jerawat. 

Menyembuhkan Jerawat

Jerawat sering meninggalkan bekas jerawat yang menghitam di kulit. Bisabolol dapat membantu proses penyembuhan jerawat, dan membuat kulit yang berjerawat lebih cepat pulih, termasuk mengurangi risiko bekas jerawat yang permanen. 

Mengurangi Tanda Penuaan

Perawatan produk antijerawat mungkin mengandung bahan kimia agresif yang dapat merusak kulit dengan membuat kulit menjadi semakin kering dan iritasi, bahkan dapat menghilangkan elastisitas kulit berjerawat. Bisabolol memiliki antioksidan yang terbukti dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Menangkan Jerawat

Jerawat dapat menyebabkan rasa sakit atau gatal, dan membuat kulit menjadi tegang dan tidak nyaman. Dengan efek menenangkannya, kandungan ini membantu meredakan ketegangan dan rasa tidak nyaman pada area sekitar jerawat. 

Menghidrasi Kulit

Jerawat tidak hanya dialami oleh konsumen dengan kulit berminyak, tetapi juga kulit kering. Kandungan dari chamomile ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah dehidrasi, dan menghindari iritasi ekstra. 

Jenis Produk yang Bisa Dikembangkan

Inovasi dalam perawatan kulit semakin maju, dan bisabolol muncul sebagai salah satu kandungan yang penuh potensi dalam industri skincare. Dengan sifat antiinflamasi dan kemampuannya, α-bisabolol berhasil memikat perhatian produsen produk perawatan kulit di Indonesia. 

Kandungan yang berasal dari teh chamomile ini dapat menghasilkan produk perawatan yang kompetitif. Berikut adalah jenis-jenis produk kosmetik dan perawatan kulit yang dapat dikembangkan dengan kandungan bisabolol:

Krim Antipenuaan: Kandungan bisabolol yang memiliki sifat antiperadangan dan menenangkan, dan sangat cocok untuk krim antipenuaan. Antiaging cream membantu meredakan kulit yang meradang, mengurangi keriput, dan membuat kulit menjadi lebih muda.

Serum: Bisabolol adalah bahan yang efektif dalam merawat kulit berjerawat. Produk serum yang memiliki kandungan ini dapat membantu meredakan jerawat yang meradang dan mengurangi risiko bekas jerawat. 

Pelembap Malam: Kandungan ini juga bisa digunakan sebagai night cream, karena dapat meregenerasi kulit saat tidur sehingga kulit tampak lebih cerah di pagi hari. 

Krim Mata: Eye cream dengan kandungan ini dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus di area mata. Antioksidan dalam bisabolol dapat meremajakan kulit di sekitar mata karena mampu mencegah tanda penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Sunscreen: α-bisabolol dapat ditambahkan ke produk tabir surya sebagai agen antiinflamasi tambahan. Ini membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV seperti hiperpigmentasi, kerutan, dan kulit kusam. 

Pembersih Wajah: Pembersih wajah atau cleanser yang mengandung α-bisabolol dapat membersihkan kulit dengan lembut tanpa membuat kulit kering. Ini juga akan membantu mengurangi risiko iritasi selama proses pembersihan, yang menjadi salah satu masalah umum pada produk cleanser. 

Masker: Masker wajah yang mengandung kandungan teh ini dapat menenangkan kulit. Beberapa sedian masker wajah yang bisa dikembangkan adalah gel, krim, hingga sheet mask. 

Body Lotion: Selain untuk perawatan wajah, bisabolol juga bermanfaat untuk kecantikan kulit tubuh. Pada produk losion, kandungan ini akan menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih lembut dan terhidrasi. Karena sifat menenangkannya, dia bisa dimanfaatkan sebagai penenang ketika kulit mengalami sunburn, terutama untuk iklim Indonesia yang tropis. 

Hair Oil: Bisabolol baik untuk menenangkan seluruh kulit tubuh, termasuk kulit kepala yang mengalami iritasi. Produk minyak rambut akan menjaga kelembapan rambut alami dan kulit kepala yang seringkali kering ketika banyak beraktivitas di luar ruangan. 

Pengembangan produk dengan kandungan bisabolol membutuhkan inovasi dalam industri skincare. Produk-produk ini akan membantu konsumen mengatasi masalah kulit mereka, sekaligus menjaga kesehatan kulit dengan sifat antiinflamasinya. 

Proses pengembangan produk yang berhasil tidak hanya membutuhkan kandungan terbaik melainkan spesialisasi dan fasilitas yang terstandardisasi dari pemerintah. Indocare B2B telah menjalani proses pengembangan produk skincare, dan berhasil mewujudkan ribuan produk kecantikan yang kompetitif di Indonesia.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya