Tips Rebut Peluang Bisnis bersama Maklon Masker di Indonesia

Tips Rebut Peluang Bisnis bersama Maklon Masker di Indonesia

Masker perawatan wajah (facial mask) adalah salah satu produk perawatan kulit paling laris di Indonesia. Bekerja sama dengan maklon masker bisa menjadi solusi memulai bisnis masker, terutama jika persaingannya cukup ketat. Bagaimana potensi memulai bisnis masker wajah di Indonesia dan jenis produk apa yang sebaiknya diluncurkan?

Besarnya Potensi Pasar Produk Perawatan Kulit di Indonesia

Potensi produk perawatan kulit di Indonesia sangat besar, terutama terkait perawatan wajah. Menurut Indonesian FMCG Report, dari berbagai produk kecantikan yang terjual di e-commerce Indonesia selama 2023, skincare menempati urutan pertama.

Jenis produk kecantikan yang populer menurut laporan tersebut juga cukup spesifik. Dari beberapa produk terlaris yang ada di dalam kategori tersebut, masker wajah termasuk di antaranya.

Tipe Masker Perawatan Wajah yang Populer 

Sebelum menggunakan maklon masker, pahami dulu tipe masker yang akan diproduksi. Pengguna masker wajah di Indonesia biasanya memiliki preferensi khusus terkait bentuk masker. Smartpreneur harus menentukan jenis masker yang akan dijual dan memastikan bahwa produk tersebut memang populer di kalangan konsumen.

Berikut ini adalah beberapa tipe masker wajah yang populer:

  • Masker Lembaran (Sheet Mask)

Masker sheet mask populer karena praktis. Cairan yang melapisinya juga memberi sensasi menyejukkan serta mudah menyerap ke dalam kulit. Konsumen menyukainya karena proses pemakaiannya singkat dan mudah diangkat dari wajah. Sheet mask dibuat untuk melembapkan dan menyejukkan kulit wajah.

  • Masker Tanah Liat

Masker tanah liat atau sering juga disebut dengan clay mask dirancang untuk pembersihan mendalam hingga ke pori-pori, sehingga kulit wajah lebih bersih dan bebas dari kotoran yang sulit dijangkau. Masker tipe ini biasanya juga cocok untuk kulit berminyak dan berpori besar. 

  • Masker Bawah Mata

Masker bawah mata lebih kecil dari masker wajah biasa, dengan bentuk yang cocok untuk ditempelkan di bawah mata. Masker ini dirancang untuk melembapkan kulit area bawah mata yang cenderung lebih tipis, dan dapat mengurangi mata panda, mata bengkak, hingga menyamarkan garis halus di area bawah mata.

  • Masker Kupas

Masker kupas (peel off) sedikit mirip dengan masker tanah liat. Akan tetapi, setelah dioleskan di wajah, masker ini bisa dikupas perlahan-perlahan, dan biasanya tanpa dibilas. Karena menempel lebih erat pada kulit, masker kupas bisa membersihkan pori dan mengangkat kulit mati secara lebih efisien.

  • Masker Hydrogel

Masker hydrogel relatif baru dibandingkan jenis masker lainnya, jadi Smartpreneur yang menjualnya harus pandai mempromosikannya agar masyarakat tertarik mencoba. Masker ini berbentuk lapisan gel bening yang ditempelkan ke wajah seperti masker lembaran. Masker hydrogel biasanya dibuat untuk melembapkan dan bisa diberi kandungan serum.

Contoh Kandungan Masker Perawatan Wajah

Ketika membawa konsep produk ke maklon masker, Smartpreneur sebaiknya sudah memiliki kandungan utama yang bisa ditonjolkan pada masker wajah. Kandungan utama tersebut bisa digunakan sebagai daya tarik saat mempromosikan produk.

Global Cosmetic Industry mengumpulkan pendapat publik terbaru terkait bahan-bahan yang mereka inginkan dalam masker wajah. Berikut beberapa di antaranya untuk referensi memulai bisnis masker wajah. 

  • Retinol

Retinol merupakan bahan top yang saat ini merajai dunia produk perawatan kulit. Masker berbahan retinol digemari karena membantu membersihkan pori, mengurangi tampilan garis halus dan bintik hitam, serta membuat kulit terlihat segar dan lembap.

  • Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid juga populer dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk masker. Fungsinya antara lain melembapkan, membuat kulit terlihat kenyal dan sehat, serta mengurangi tampilan garis halus.

  • Witch Hazel

Ekstrak tanaman witch hazel memiliki khasiat antiradang dan astringen (mengecilkan pori). Bahan ini populer untuk beragam produk khusus kulit berminyak atau berjerawat. Cobalah mempromosikannya sebagai masker dengan khasiat utama mencegah jerawat.

  • Arang 

Arang (charcoal) biasanya dijadikan bahan masker untuk membersihkan kulit secara lebih mendalam (deep cleansing). Kandungan arang bisa dipasarkan sebagai masker untuk membersihkan pori dari minyak dan kotoran secara lebih efektif.

  • Vitamin C

Masker berbahan vitamin C biasanya populer untuk masalah seperti bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata akibat sengatan matahari. Vitamin C juga bisa dipromosikan sebagai bahan masker yang mengurangi efek peradangan ringan akibat sengatan sinar matahari, misalnya kulit kemerahan.

Tips Memproduksi Masker Wajah yang Sukses dan Aman 

Memproduksi kosmetik dan produk kulit seperti masker wajah di Indonesia membutuhkan serangkaian perizinan dan tes. Hal ini sesuai dengan tuntutan pemerintah, termasuk Peraturan BPOM Nomor 12 Tahun 2023. Produsen produk harus memenuhi persyaratan terkait bahan, kemasan, dan proses produksi yang aman.

Bekerja sama dengan maklon masker seperti Indocare B2B merupakan solusi praktis dan aman bagi yang ingin memulai usaha masker perawatan wajah. Maklon tidak hanya membantu mewujudkan konsep dan formulasi produk, tetapi juga regulasi agar produk siap diedarkan di pasar. 

Dengan maklon masker seperti Indocare B2B, Smartpreneur bisa memulai bisnis masker wajah yang aman dan lengkap dengan izin BPOM. Dapatkan keuntungan lewat salah satu segmen paling potensial di Indonesia ini.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya