Peran Bisnis Ekspor Impor dalam Mendukung Industri Kosmetik Tanah Air

Peran Bisnis Ekspor Impor dalam Mendukung Industri Kosmetik Tanah Air

Industri kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dilansir dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, jumlah perusahaan di industri kosmetik Indonesia tumbuh sebesar 21,9%, dari 913 perusahaan pada tahun 2022 menjadi 1.010 perusahaan pada pertengahan 2023.

Industri kosmetik nasional juga berhasil memasuki pasar ekspor. Dalam periode Januari-November 2023, nilai ekspor produk kosmetik, wewangian, dan minyak esensial mencapai 770,8 juta dolar AS secara kumulatif. 

Bisnis ekspor impor memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan industri kosmetik tanah air. Dengan mengekspor produk kosmetik ke luar negeri, perusahaan kosmetik Indonesia dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan mereka. Dengan mengimpor bahan baku dan produk kosmetik dari luar negeri, perusahaan kosmetik Indonesia dapat meningkatkan kualitas produk mereka dan menawarkan produk yang lebih beragam kepada konsumen.

Potensi Pasar Global dan Tren Konsumen

Pasar global untuk produk kosmetik diperkirakan mencapai 863 miliar dolar AS atau setara dengan 13.8 triliun rupiah pada tahun 2027, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 6,1% selama periode 2024-2028. Pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor, seperti meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penampilan, peningkatan jumlah perempuan yang bekerja, dan tren media sosial yang mendorong penggunaan kosmetik.

Beberapa tren konsumen utama dalam industri kosmetik saat ini antara lain:

  • Permintaan akan produk kosmetik alami dan organik

Konsumen semakin sadar akan kandungan produk kosmetik dan mencari produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan organik.

Pasar kosmetik halal global diperkirakan mencapai 53,5 miliar AS yang setara dengan 856 miliar rupiah pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 7,7% selama periode 2024-2032. Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya jumlah penduduk Muslim di seluruh dunia.

  • Produk yang dipersonalisasi 

Konsumen juga turut mencari produk kosmetik yang khusus dipersonalisasi untuk kebutuhan mereka sendiri. Hal ini mendorong permintaan akan produk kosmetik yang dapat disesuaikan dengan warna kulit, jenis kulit, masalah kulit yang sedang dialami, dan preferensi pribadi lainnya.

  • Belanja online

Perilaku pembelian konsumen turut memengaruhi dinamika industri. Transaksi online melalui platform e-commerce dianggap lebih efisien, sementara banyak merek kosmetik yang merancang kampanye diskon besar-besaran untuk menarik minat konsumen,. 

Dengan berbagai tren ini, tidak heran jika industri kosmetik atau skincare jadi bisnis ekspor impor yang menjanjikan.

Strategi Pengembangan Bisnis Ekspor Impor Kosmetik

Dengan peluang yang besar dan tren yang positif, perusahaan kosmetik di Indonesia perlu memaksimalkan bisnis ekspor impor untuk kemajuan usaha mereka. Beberapa strategi yang patut dicoba antara lain adalah:

Melakukan Riset Pasar yang Mendalam

Riset pasar yang komprehensif merupakan langkah perdana dalam mengembangkan bisnis ekspor impor produk kosmetik. Hal ini membantu perusahaan untuk memahami dengan baik berbagai hal terkait:

  • Tren dan preferensi konsumen target pasar, meliputi popularitas produk, preferensi kandungan, dan rentang harga yang diinginkan.
  • Mengidentifikasi dan mematuhi semua regulasi dan standar yang berlaku di negara tujuan, termasuk persyaratan pelabelan, pengujian produk, dan keamanan bahan baku.
  • Menganalisis konkuren, termasuk strategi bisnis, kekuatan dan kelemahan mereka, sehingga bisa memberikan merek Anda peluang untuk mengisi celah. 
  • Memahami saluran distribusi yang tersedia, seperti toko kosmetik, department store, toko online, hingga pop-up store.

Membangun Merek yang Kuat dan Memikat

Memperkuat identitas merek secara konsisten, menyusun cerita menarik tentang merek beserta nilai-nilai yang dijunjung tinggi, dan menciptakan visibilitas digital yang optimal di berbagai platform media sosial adalah langkah-langkah penting dalam usaha membangun merek yang kuat dan mudah dikenali, sehingga perusahaan dapat bersaing secara maksimal di pasar dan menarik perhatian konsumen.

Mematuhi Persyaratan Peraturan dan Standar Internasional

Kepatuhan terhadap peraturan dan standar internasional sangat penting untuk memastikan keamanan dan kualitas produk kosmetik. Ini dapat dilakukan dengan mendaftarkan produk kosmetik kepada otoritas dan lembaga terkait di negara tujuan hingga memperoleh sertifikasi yang dibutuhkan serta pelabelan yang akurat dan jelas.

Membangun Hubungan dengan Mitra Lokal

Bermitra dengan distributor, agen penjualan, atau influencer lokal yang berpengalaman dapat membantu perusahaan kosmetik menavigasi pasar lokal dengan lebih efektif dan menjangkau konsumen secara lebih luas dan tepat.

Memaksimalkan Platform E-commerce dan Pasar Online

Pasar online menawarkan peluang signifikan untuk menjangkau konsumen global dan meningkatkan penjualan produk kosmetik. Misalnya dengan membuat toko online dengan membuat website brand, berpartisipasi dalam marketplace dan lain sebagainya.

Jika Anda berminat untuk terlibat dalam bisnis ekspor impor kosmetik termasuk skincare, langkah pertama yang bijak adalah memilih mitra maklon kosmetik yang terpercaya. Indocare B2B, dengan pengalaman yang telah terbukti sejak tahun 1988, dapat membantu Anda mengembangkan produk kosmetik berkualitas tinggi yang siap untuk dipasarkan secara internasional. Jangan ragu untuk berdiskusi mengenai konsep Anda sekarang juga.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.