Buka Bisnis Pomade di Indonesia bersama Maklon Pomade

Buka Bisnis Pomade di Indonesia bersama Maklon Pomade

Potensi pasar produk rambut pria tidak hanya mencakup perawatan, tetapi juga penataan (styling), termasuk pomade. Smartpreneur bisa membidik pasar ini dengan berkolaborasi bersama maklon pomade, misalnya dalam menciptakan konsep label, kemasan, dan kandungan produk. Cocok untuk yang membidik pasar Indonesia serta kebutuhan rambut spesifik kaum pria.

Kondisi Pasar Pomade Lokal Indonesia

Pomade termasuk ke dalam produk perawatan diri pria (men’s grooming), tren yang belakangan ini menunjukkan peningkatan. Berbagai faktor seperti tren standar kerapian diri yang terus berubah hingga pengaruh budaya populer seperti K-Pop ikut mempengaruhi pembelian produk perawatan pria, termasuk pomade.

Pasar perawatan rambut di Indonesia juga menunjukkan tren yang semakin meningkat. Menurut Statista, pasar perawatan rambut Indonesia diperkirakan akan mencapai nilai setara 0,94 miliar US Dolar, dengan pertumbuhan tahunan (CAGR) hingga 4%. Smartpreneur dapat memasuki pasar yang semakin potensial ini dengan membidik pria pengguna produk rambut seperti pomade.

Pomade lokal bisa menjadi daya tarik bisnis karena orang Indonesia mencari produk yang cocok dengan kondisi rambut serta iklim. Pastikan bekerja sama dengan maklon pomade terbaik agar kemasan dan produk sukses menjaring konsumen yang mencari hal-hal tersebut dari produk rambut.

Jenis Pomade yang Laris

Pomade digunakan untuk menata rambut sambil menjaga agar bentuknya tidak berubah hingga berjam-jam lamanya. Akan tetapi, pomade memiliki beragam bahan dasar yang karakteristiknya berbeda. Ketahui dulu bahan-bahan dasar dan karakteristiknya sebelum membuat konsep pomade yang akan laris di pasaran.

Inilah beberapa jenis pomade yang banyak dicari berdasarkan karakteristik bahan dasarnya.

  • Pomade Berbasis Air (Water-based)

Pomade berbasis air cenderung ringan dan memiliki konsistensi lembut mirip krim. Pomade ini cocok untuk pemilik rambut lurus dan cenderung tidak meninggalkan residu setelah kering.

Pomade berbasis air termasuk produk yang lebih modern dan cocok untuk gaya penataan rambut seperti slick back (licin dan disisir ke arah belakang), pompadour (gaya rambut mengembang tinggi), atau side part (belah samping). Pomade berbasis air cenderung cepat kering.

  • Pomade Berbasis Minyak (Oil-based)

Pomade berbasis minyak merupakan jenis yang lebih tradisional. Setelah dioleskan ke rambut, pomade ini biasanya meninggalkan bekas kilau atau tampilan “berminyak” yang khas. Hasil penataan rambut dengan pomade ini berkesan lebih tradisional dan cengkeramannya cenderung lebih kuat.

Pomade minyak dengan kandungan wax yang lebih banyak mampu menahan gaya rambut hingga tahan selama berjam-jam. Pomade ini cocok untuk pemilik rambut panjang, keriting, atau ikal tebal.

Tidak semua pomade berbasis minyak terasa berat di rambut. Ada jenis pomade minyak dengan daya yang ringan karena mengandung lebih sedikit wax

  • Pomade Campuran (Hybrid Pomade)

Pomade campuran memadukan karakteristik produk berbasis air dan minyak. Hasilnya adalah pomade yang cenderung lebih awet dari produk berbasis air, tetapi tidak terlalu “berat” atau berkesan terlalu formal. Pomade ini cocok untuk gaya rambut yang cenderung kasual dan bisa digunakan pada jenis rambut apa pun.

  • Clay-based Pomade

Clay adalah produk rambut berbahan dasar tanah liat yang digunakan untuk menjaga bentuk rambut agar tahan selama mungkin. Hal ini berbeda dari pomade yang merupakan produk harian. Keduanya disatukan dalam produk pomade berbasis clay.

Pomade jenis ini memiliki daya cengkeram kuat, lengkap dengan tekstur yang agak kaku dan mirip krim tebal. Produk ini tidak hanya menjaga gaya rambut tetap awet, tetapi juga menciptakan volume. Hasil akhirnya juga cenderung tidak berkilau.

  • Pomade Matte

Pomade matte adalah jenis yang hanya dibuat untuk menata rambut tanpa efek kilau. Formulanya cenderung memiliki daya cengkeram sedang, cocok untuk gaya rambut yang berkesan kasual. Pomade matte juga lebih mudah dibersihkan dengan air dan cocok dengan beragam gaya rambut.

Tips Memulai Bisnis Pomade

Syarat utama memulai bisnis pomade adalah memahami jenis dan keinginan calon konsumen produk tersebut.

Pengguna pomade bisa beragam; mulai dari penggemar model trendi hingga yang menyukai gaya rambut maskulin klasik. Menentukan target konsumen utama akan memudahkan pengembangan merek, logo, branding, serta bahasa promosi yang digunakan. Bisnis pomade pun akan terlihat menonjol dan mampu bersaing dengan bisnis serupa lain.

Pomade merupakan produk yang bersentuhan langsung dengan rambut dan kulit kepala. Jadi, pastikan bekerja sama dengan maklon pomade seperti Indocare B2B. Manufaktur dengan layanan maklon ini tidak hanya membantu mewujudkan konsep kemasan dan formulasi produk, tetapi juga bahan dan tekstur pomade yang aman sekaligus cocok untuk penggunanya.

Pomade merupakan produk dengan fungsi dan pangsa pasar yang spesifik. Pastikan memahami jenis-jenisnya, target pasar, serta cara memulai bisnis bersama maklon pomade agar sukses menembus pasar male grooming di Indonesia.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya