Ide Bisnis: Mengapa Produk Bayi Harus Anda Pertimbangkan

Ide Bisnis: Mengapa Produk Bayi Harus Anda Pertimbangkan

Ingin mengembangkan bisnis produk bayi tapi masih bingung? Apakah sektor ini menguntungkan? Produk apa yang harus Anda jual? Bagaimana cara menarik kepercayaan calon konsumen Anda? Simak selengkapnya hanya di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, partner maklon yang hadir untuk mewujudkan impian Anda melalui produk-produk ideal sesuai dengan yang Anda butuhkan. Klik fitur chat berwarna hijau di sebelah kanan layar Anda untuk segera terhubung dengan tim kami. Atau, klik langsung di sini. 

Mengapa harus bisnis produk bayi?

Produk bayi, baik itu perawatan maupun fashion merupakan sektor yang tidak akan pernah mengalami kemunduran, terutama di Indonesia. Keberhasilan sektor ini sejalan dengan angka kelahiran anak yang masih cukup tinggi dibanding negara-negara lainnya. 

Menurut data dari The World Bank, Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan angka kelahiran tertinggi di Asia Tenggara, dengan prevalensi 17.75 pada tahun 2019.

Fakta tingginya angka kelahiran di Indonesia membuat Indonesia menjadi target pasar yang sangat menjanjikan, tidak seperti negara-negara tetangga dengan angka kelahiran yang rendah seperti Singapura, Thailand, bahkan Malaysia. 

Sejauh ini, prospek segmen ini sangat bisa diandalkan. Jika melihat dari penjualan secara online, kategori Ibu dan Anak termasuk kategori paling populer dan selalu ramai. Kebutuhan ini juga menjadi kebutuhan primer bagi orang tua, sehingga banyak orang yang rela menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk berbelanja produk bayi. 

Produk bayi adalah sektor yang dibutuhkan oleh semua kalangan, baik dari kelas menengah hingga ke atas. Ini juga disebabkan adanya nilai universal yang dijual, yaitu kasih sayang dari orang tua. Semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam pemilihan produk bayi. Ini bisa menjadi nilai yang sangat krusial untuk bisnis Anda. 

Produk bayi apa yang harus saya jual?

Sekarang, Anda ingin terjun ke bisnis ini tapi produk mana yang harus Anda jual? Jawabannya adalah perawatan bayi atau baby care. Baby care  memiliki peran penting untuk mendukung kesehatan bayi, tidak seperti fashion. Fashion bayi akan lebih sulit untuk bersaing karena tubuh dan fisik bayi berkembang lebih cepat. 

Berbicara mengenai pilihan produk, bagian terbaik dari sektor ini adalah Anda bisa mengembangkan rangkaian produk sekaligus saking bervariatifnya produk perawatan bayi. Semakin beragam produk perawatan yang Anda kembangkan, semakin kuat branding Anda. Tapi untuk sampai pada titik ini, Anda harus merebut kepercayaan calon konsumen terlebih dahulu. 

Berikut rekomendasi produk bayi yang bisa Anda kembangkan.

  • Body wash
  • Body lotion
  • Hair lotion
  • Baby oil
  • Sunscreen
  • Diaper cream
  • Bug repellent

Bagaimana menarik kepercayaan konsumen?

Menjual produk perawatan bayi tidak semudah yang dibayangkan sebab Anda menjual rasa aman untuk keluarga dan jaminan keamanan itu sangat mahal. Anda harus bisa memupuk kepercayaan calon konsumen Anda. 

Begini caranya agar calon konsumen percaya pada produk Anda.

  • Hindari bahan-bahan berbahaya

Sudah banyak orangtua yang mulai melek dengan kandungan yang terdapat dalam produk perawatan bayi. Merk besar dan terkenal tidak melulu menjadi pilihan utama para orang tua karena sebenarnya ada kandungan yang berbahaya yang beredar bebas di pasaran, seperti paraben, formalin, pewangi, bahkan talk yang berbahan dasar bubuk. 

  • Gunakan sistem garansi

Untuk menarik perhatian dan kepercayaan calon konsumen Anda, sistem garansi patut sekali Anda coba. Garansi dapat memberikan reputasi yang positif kepada merk Anda secara instan. 

  • Dapatkan sertifikasi seperti BPOM dan Halal

Ini adalah syarat mutlak tidak hanya untuk segmen ini, tetapi semua produk obat-obatan dan makanan. BPOM akan melakukan serangkaian tes termasuk tes dermatologis, apakah produk Anda dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi pada kulit bayi. 

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan

Selain hal-hal administratif dan pemasaran, produk yang ingin Anda buat juga harus ideal. Percayakan produksi produk bayi Anda hanya dengan yang berpengalaman dan berlisensi, seperti Indocare B2B

Keuntungan bekerja sama dengan kami

  1. Menggunakan tenaga ahli di bidangnya selama lebih dari 20 tahun
  2. Pabrik yang sudah terstandarisasi oleh pemerintah melalui Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), BPOM, dan Halal MUI
  3. Jaringan supplier terintegrasi dan luas
  4. Research scientific support oleh tenaga profesional
  5. Memiliki reputasi perilaku bisnis terpuji

Hubungi kami di sini.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya