Peluang Bisnis Produk Exfoliating Toner di Indonesia

Peluang Bisnis Produk Exfoliating Toner di Indonesia

Exfoliating toner adalah salah satu produk perawatan wajah yang cukup diminati, apalagi sejak tren glass skin ala Korea Selatan populer. Toner sendiri bukan produk asing di dunia perawatan wajah. Salah satu jenis produk skincare ini sejak dulu telah hadir sebagai pendamping double cleansing bersama produk cleansing milk.

Peluang Bisnis Skincare di Indonesia

Beberapa tahun belakangan, banyak sekali merek perawatan wajah muncul di Indonesia dengan berbagai keunggulannya. Hal ini bukan tanpa sebab; tingginya angka pengguna media sosial membuat informasi tentang berbagai jenis  produk skincare masuk dengan mudah, terutama produk asal Korea Selatan.

Korea Selatan sendiri dikenal sebagai “kiblat” kecantikan di Asia. Inilah mengapa, produk kecantikan asal negara tersebut dianggap sebagai terobosan menarik. Toner dan serum merupakan beberapa di antaranya. Sebelum pengaruh Korsel masuk, dua produk ini tidak terlalu disorot.

Penggunanya mungkin dapat dihitung dengan jari dan berasal dari kalangan menengah atas yang menggunakan merek dari luar negeri. Namun, sejak budaya Korea bertransformasi sebagai kultur pop, mulai muncul merek-merek lokal yang ingin berkompetisi dengan produk merek Korea. 

Hal ini membuat bisnis skincare melejit, dan perusahaan maklon kosmetik pun mulai banyak diminati. Bagi smartpreneur yang ingin terjun di dunia ini dan ikut merasakan peluang suksesnya, membuat salah satu produk skincare populer seperti toner dengan merek sendiri bisa jadi langkah awal. 

Mengenal Jenis dan Manfaat Toner

Sebelum terjun ke industri kosmetik, khususnya di segmen toner, ketahui jenis-jenis toner dan manfaatnya untuk kulit wajah. 

Jenis-Jenis Toner

Setidaknya, ada dua jenis toner dengan manfaatnya masing-masing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulit wajah.

Exfoliating Toner

Exfoliating toner adalah produk perawatan wajah dengan manfaat utamanya yaitu mengangkat sel-sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati di wajah diketahui sebagai penyebab wajah terlihat kusam dan munculnya jerawat. Penggunaan produk secara rutin akan membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan meminimalisasi munculnya jerawat.

Penggunaan exfoliating toner biasanya dilakukan bersama produk eksfoliasi lain yang lebih ringan, seperti sabun pembersih wajah. Komposisi terbaik untuk membuat exfoliating toner adalah dengan menggunakan asam salisilat atau asam glikolat yang cukup efektif untuk mengurangi minyak dan mencegah penumpukan sebum di wajah. 

Hydrating Toner

Sesuai namanya, fungsi utama toner ini adalah untuk melembapkan wajah. Inilah mengapa, hydrating toner biasanya disarankan untuk digunakan oleh pemilik kulit kering. Penggunaan rutin produk ini membuat kulit terlihat lebih segar, kenyal, dan awet muda. 

Jika ingin mengembangkan produk hydrating toner yang berkualitas, asam hialuronat dan gliserin merupakan kombinasi kandungan terbaik dalam formulasi produk.  Kedua bahan tersebut diketahui cukup ampuh dalam melembabkan kulit dan membuat wajah senantiasa terlihat segar.

Peluang Bisnis Produk Toner Wajah

Menurut data yang dijadikan rujukan, peluang keuntungan bisnis skincare di Indonesia sekitar 2.022 juta USD dari keseluruhan pasar kecantikan atau setara dengan 28 triliun rupiah. Tingginya angka tersebut didorong oleh kebutuhan perempuan untuk bisa memiliki penampilan yang lebih baik semakin meningkat. 

Tidak hanya itu, maraknya beauty influencer juga berpengaruh dalam menarik minat masyarakat terhadap produk skincare terutama toner. Dalam banyak kampanye kecantikan, toner termasuk exfoliating toner adalah produk yang sering digunakan para selebgram untuk membangun image glass skin ala Korea.

Pada kenyataannya, toner terutama jenis exfoliating toner adalah salah satu tahapan yang banyak disarankan ahli untuk memaksimalkan pembersihan wajah sebelum penggunaan produk skincare selanjutnya. Jadi ketika menggunakan serum atau pelembap, kulit wajah bisa menyerap manfaat produk tersebut secara maksimal.

Inilah mengapa, memulai bisnis skincare dengan menyediakan produk toner berkualitas akan membuat peluang sukses terbuka lebar. Sebagai tips, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya toner yang diproduksi dapat diminati konsumen, di antaranya:

  • Hindari penggunaan alkohol yang diketahui dapat membuat kulit kering dan tidak cocok di hampir semua jenis kulit wajah perempuan Indonesia.
  • Hindari penggunaan parfum yang membuat kulit sensitif mudah iritasi.
  • Gunakan bahan utama dan pendukung yang bermanfaat seperti Vitamin E atau asam salisilat.
  • Gunakan kemasan menarik dan merek yang mudah diingat konsumen.
  • Buat beberapa jenis toner sesuai dengan jenis kulit perempuan Indonesia.

Untuk mewujudkan itu semua, Smartpreneur bisa bekerja sama dengan maklon produk perawatan wajah Indocare B2B. Sebagai maklon skincare profesional, Indocare B2B dapat membantu Smartpreneur dalam mengembangkan produk toner, seperti exfoliating toner yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga aman untuk segala jenis kulit wajah.

Bagaimana, sudah siap memulai bisnis skincare dan memiliki merek toner sendiri? Kontak Indocare B2B sekarang untuk informasi maklon toner.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.