Jelajahi Peluang Bisnis Skincare dengan Formula Glycolic Acid

Jelajahi Peluang Bisnis Skincare dengan Formula Glycolic Acid

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan bahan bermanfaat yang banyak ditemukan pada produk perawatan wajah. Hal itu tentu bukan tanpa alasan. Bahan kimia ini punya keunggulan yang dapat membantu meningkatkan kualitas kulit wajah melalui proses regenerasi.

Selain itu, asam ini juga memiliki banyak keunggulan lain yang membuatnya menjadi salah satu bahan kimia “wajib” untuk ditambahkan pada produk perawatan wajah. Bagi Smartpreneur yang ingin mulai berbisnis skincare, bisa memanfaatkan glycolic acid sebagai salah satu formula produk impian.

Mengenal Glycolic Acid

Glycolic acid berasal dari ekstrak tebu yang mudah larut dalam air. Hal ini membuat bahan kimia tersebut menjadi bagian dari Alpha Hydroxy Acids (AHA). AHA sendiri merupakan zat asam yang sering digunakan pada klinik kecantikan ketika melakukan proses peeling kimia. Selain asam glikolat, zat lain yang termasuk sebagai AHA termasuk lactic acid, citric acid, dan malic acid.

Kandungan asam pada zat yang tergabung dalam AHA diketahui dapat membantu proses eksfoliasi untuk mengangkat kulit mati. Dibanding zat asam lain dari kelompok AHA, glycolic acid mempunyai molekul paling kecil sehingga mudah diserap oleh kulit dan bekerja efektif dari dalam.

Tidak hanya membantu mempermudah proses eksfoliasi, kandungan pada glycolic acid juga dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Hasilnya, kulit wajah akan terlihat dan terasa lebih sehat, segar, cerah, halus, bahkan lembut.

Manfaat Glycolic Acid

Beberapa manfaat glycolic acid yang membuatnya kerap ditemukan pada berbagai produk perawatan wajah adalah sebagai berikut.

Perawatan Anti-aging

Ketika menginjak usia 25 tahun, produksi kolagen tubuh mulai berkurang. Hal tersebut berakibat pada menurunnya elastisitas kulit. Alhasil, risiko munculnya kerutan pada wajah mulai menjadi isu dan masalah baru. Untuk mencegah hal ini, kulit membutuhkan glycolic acid. Zat ini diketahui dapat menstimulasi produksi kolagen dalam tubuh.

Pada sebuah riset yang diterbitkan pada tahun 2023, di mana 262 perempuan dari usia 30 hingga 60 tahun yang menggunakan 70% glycolic acid mengalami perbaikan dan toleransi yang lebih tinggi pada penuaan kulit. 

Selain kolagen, tubuh juga membutuhkan hyaluronic acid dan elastin. Keduanya juga bisa distimulasi dengan penggunaan asam glikolat rutin. Mengingat zat asam ini punya ukuran molekul kecil, tidak perlu heran apabila penggunaannya sangat efektif karena bisa masuk ke lapisan kulit paling dalam.

Mencerahkan Kulit Wajah

Disadari atau tidak, kulit wajah punya mekanisme regenerasi alami. Hal tersebut membuat sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Inilah mengapa dibutuhkan perawatan rutin seperti mandi dan mencuci muka. Namun, keduanya tidak cukup. Kulit juga butuh bantuan untuk mengangkat sel kulit mati secara maksimal. 

Inilah mengapa konsumen membutuhkan glycolic acid dalam perawatan kulit harian mereka. Secara klinis, zat tersebut terbukti dapat mempercepat proses eksfoliasi sehingga sel kulit mati bisa luruh secara total. Hasilnya, kulit wajah yang semula kusam akan terlihat lebih cerah, segar, dan kenyal.

Memudarkan Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi biasanya disebabkan oleh sinar UV, noda bekas jerawat, penuaan kulit, dan melasma. Sebagaimana disebutkan di atas, asam glikolat punya sifat eksfolian. Artinya, zat ini dapat meluruhkan sel kulit mati yang menggelap akibat hiperpigmentasi dan akan memunculkan sel baru ke permukaan kulit. 

Mengatasi dan Mencegah Jerawat

Selain beberapa manfaat di atas, asam glikolat juga bisa mengatasi jerawat. Jerawat biasanya muncul akibat penumpukan sel kulit mati bercampur minyak pada permukaan kulit yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori. Berkat sifat eksfoliannya, zat ini dapat mencegah timbulnya jerawat secara efektif.

Menghidrasi Kulit

Salah satu penyebab kulit kusam adalah dehidrasi. Sebagai zat asam, asam glikolat juga tergolong sebagai humektan. Artinya, zat ini dapat menarik dan mengikat air yang akan digunakan untuk menghidrasi kulit. Hasilnya, kulit wajah tampak lebih kenyal, segar, cerah, dan halus.

Peluang Bisnis Produk Skincare Glycolic Acid

Bagaimana, tertarik untuk menambahkan glycolic acid pada produk perawatan wajah? Jika iya, pastikan untuk bekerja sama dengan maklon berpengalaman yang dapat membantu mengembangkan produk merek skincare Anda dengan formulasi terbaik. Sebagai referensi, Smartpreneur bisa bekerja sama dengan maklon Indocare B2B.

Pengalaman panjang membuat Indocare B2B tidak hanya dapat membantu mengembangkan produk skincare, tetapi juga menerapkan strategi formulasi produk terbaik yang membuat merek punya potensi dan peluang sukses di pasaran. Sebagai informasi, ada beberapa produk skincare yang bisa dikembangkan dengan bahan utama glycolic acid, yaitu:

Secara umum, hampir semua produk skincare bisa ditambahkan glycolic acid dengan kadar yang disarankan. Jadi, Smartpreneur bebas mengembangkan produk perawatan wajah apa pun yang tidak hanya aman, tetapi juga berkualitas dan efektif dalam meningkatkan kualitas kecantikan kulit wajah.

Bagaimana, sudah siap mengembangkan produk skincare terbaik dengan komposisi utama asam glikolat bersama Indocare B2B? Kontak Indocare B2B untuk informasi lebih lanjut.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.