Melihat Peluang Bisnis Skincare Serum untuk Pria

Melihat Peluang Bisnis Skincare Serum untuk Pria

Perawatan kulit wajah kini bukan lagi menjadi hal yang eksklusif bagi kaum wanita. Seiring dengan berkembangnya zaman, tak sedikit pria yang mulai sadar akan pentingnya merawat kulit wajah mereka. Sebab itu, produk-produk perawatan kulit laki-laki makin beragam dan mudah ditemukan di pasaran, salah satunya adalah serum untuk pria. 

Tren Skincare Pria di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, tren perawatan kulit pria di Indonesia dapat dikatakan meningkat secara signifikan. Menurut data Euromonitor pada 2020 dari laman Kontan, tercatat bahwa industri perawatan pria tampaknya akan terus mengalami peningkatan seiring dengan melonjaknya pembelian produk skincare.

Selain itu, survei Jakpat yang dipublikasikan oleh Katadata juga menunjukkan bahwa sekitar 68% pria memakai produk perawatan kulit wajah. Dari kedua data ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kesadaran di antara kaum pria akan pentingnya menjaga kulit.

Salah satu faktor yang mendorong tren ini adalah pengaruh budaya Korea Selatan dalam hal merawat kulit. Negeri ginseng tersebut dikenal dengan inovasi produk skincare yang canggih hingga terkenal di Indonesia lewat media sosial. Sebab itu, banyak pria Indonesia yang berubah persepsinya terkait perawatan kulit dan akhirnya menjadi lebih peduli terhadap kesehatan dan penampilan kulit mereka.

Karakteristik Kulit Pria

Perlu diketahui bahwa pria membutuhkan jenis skincare yang berbeda dengan wanita. Hal ini karena pria memiliki karakteristik kulit yang berbeda pula dengan wanita. Di samping itu, pria juga cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dibanding wanita karena jumlah kolagennya lebih tinggi.

Di samping itu, kulit pria memproduksi lebih banyak minyak sehingga rentan terhadap masalah kulit wajah seperti komedo dan jerawat. Pori-pori kulit pria juga cenderung lebih besar dan hal ini meningkatkan risiko terjadinya masalah penyumbatan pori-pori.

Lebih lanjut, pria memiliki tekstur kulit yang cenderung lebih kasar bila dibandingkan dengan kulit wanita. Hal ini lantaran pria memiliki lapisan stratum corneum yang relatif lebih tebal sehingga kulit terasa kering dan kasar apabila tidak mendapatkan perawatan. Karakteristik inilah yang membuat pria dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan kulit wajah yang memang diformulasikan untuk mereka.

Sama seperti wanita, pada dasarnya pria hanya membutuhkan empat jenis basic skincare.yakni:

  • Pembersih wajah: Pria cenderung lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, sehingga kulit mereka lebih rentan terhadap debu dan paparan polusi. Pembersih wajah; sebagai tahap awal dalam rutinitas perawatan kulit; dapat menghilangkan minyak berlebih dan menyingkirkan kotoran yang menempel pada kulit. 
  • Serum: Tahap yang kedua adalah serum, contohnya serum vitamin C. Produk ini berfungsi untuk mengatasi kerusakan kulit wajah akibat paparan radikal bebas. Pemakaian serum umumnya dilakukan setelah mencuci wajah menggunakan face wash
  • Pelembap: Setelah memakai serum, penggunaan pelembab akan menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Jenis produk ini juga bisa menjaga kulit tetap lembut. 
  • Sunscreen: Sebagai langkah terakhir dalam penggunaan skincare, sunscreen akan mengunci kandungan produk sebelumnya, dan menciptakan lapisan pelindung di kulit untuk menghalau sinar UV dari matahari. Sunscreen dapat menjaga kulit dari risiko penuaan dini, hingga kanker kulit. 

Bahan Serum untuk Pria

Serum merupakan komponen yang penting dalam perawatan kulit pria karena memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi dan formulasi yang ringan. Konsentrasi tinggi ini memungkinkan serum untuk memberikan manfaat yang lebih intensif pada kulit pria. Berikut ini beberapa kandungan dalam serum yang dapat meringankan masalah kulit yang umum dialami pria. 

  • Salicylic acid: Dikenal juga dengan sebutan asam salisilat, zat ini kerap digunakan dalam pembuatan serum wajah. Fungsinya ialah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat kotoran serta minyak.
  • Hyaluronic acid: Jenis asam satu ini biasanya ditemukan pada serum dan jenis skincare lain yang mengandung vitamin C. Fungsinya untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kerutan.
  • Organic peptides: Peptida organik, seperti kolagen dari tanaman, menjadi salah satu bahan dalam formulasi serum wajah pria. Bahan ini berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan dini, meregenerasi kulit, dan mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas.   
  • Concentrated aloe: Concentrated aloe umum digunakan dalam produk perawatan kulit, termasuk serum. Pemakaian secara rutin dapat membantu proses perbaikan sel-sel kulit dan menunda tanda-tanda penuaan dini. 
  • Niacinamide: Bahan yang satu ini membantu proses pembentukan keratin, mengurangi kemerahan pada kulit, dan menjaga kelembapan kulit. Biasanya, bahan ini ditemukan pada produk serum wajah.
  • Retinol: Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang dapat mendorong produksi kolagen pada kulit. Dalam formulasi serum, retinol berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, dan mengurangi pigmentasi.

Tips Membuat Serum yang Menarik untuk Pria

Membuat serum yang menarik untuk pria memerlukan riset yang mendalam guna memahami kebutuhan dan preferensi konsumen serta mengembangkan formulasi produk yang mengandung bahan-bahan berkualitas dan teruji secara ilmiah. Strategi pemasaran tentunya juga memainkan peran penting agar produk serum dilirik oleh konsumen pria.

Oleh karena kompleksitas riset bahan dan produksi serum khusus pria, maklon serum bisa dijadikan pilihan yang tepat. Maklon merupakan suatu kegiatan produksi yang dilakukan oleh manufaktur bersertifikat dalam pengembangan produk-produk perawatan, seperti produk serum untuk pria. Jadi, mulai dari formulasi hingga distribusi, semua dilakukan oleh perusahaan maklon.

Bagi Smartpreneur yang tertarik dengan bisnis maklon serum, Indocare B2B bisa menjadi salah satu manufaktur yang Anda dapat andalkan. Selama lebih dari tiga dekade, Indocare B2B berpengalaman dalam mengembangkan bisnis serum untuk pria maupun jenis skincare lainnya. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.