Blue Ocean Strategy: Ini Cara Menerapkannya!

Blue Ocean Strategy: Ini Cara Menerapkannya!

Mengembangkan strategi bisnis skincare tepat adalah kunci untuk tumbuh dan sukses jangka panjang. Salah satu pendekatannya adalah blue ocean strategy. Apa itu? Simak infonya di sini!

Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy adalah konsep bisnis yang membantu perusahaan-perusahaan di berbagai industri menciptakan peluang baru, menghindari persaingan sengit, serta meraih pertumbuhan signifikan.

Pada dasarnya, strategi blue ocean adalah cara untuk berpikir ulang tentang bagaimana bisnis dapat menciptakan pasar yang baru, tanpa harus bersaing secara langsung dengan kompetitor yang ada.

Idenya adalah untuk menjauh dari pasar yang sudah terlalu ketat dengan persaingan, di mana perusahaan dapat menciptakan nilai yang belum pernah ada sebelumnya bagi pelanggan.

Beda Blue Ocean Strategy dan Red Ocean Strategy

Dua konsep strategi yang berbeda yang sering dibahas dalam konteks ini adalah blue ocean dan red ocean strategy.

Kedua pendekatan ini memiliki perbedaan yang mencolok, dan pemahaman tentang perbedaan tersebut penting untuk membantu perusahaan memutuskan pendekatan mana yang paling sesuai untuk situasi mereka.

Blue ocean strategy memiliki perbedaan mendasar dengan red ocean strategy, yang merupakan pendekatan tradisional dalam dunia bisnis.

Dalam red ocean strategy, persaingan antara perusahaan dalam industri yang sudah ada sangatlah tinggi, sehingga seringkali mengakibatkan penurunan harga dan laba yang berkurang.

Di sisi lain, blue ocean strategy menghindari persaingan langsung dengan menciptakan pasar baru, di mana perusahaan dapat menawarkan produk atau layanan yang tidak memiliki pesaing.

Dengan demikian, mereka dapat mengambil alih inisiatif pasar tanpa terjebak dalam perlombaan harga yang merugikan.

Langkah-langkah Menerapkan Blue Ocean Strategy

Menerapkan blue ocean strategy dalam dunia bisnis skincare memerlukan serangkaian langkah. Inilah beberapa cara efektif untuk menggunakan strategi ini:

Penciptaan Peluang Pasar Baru

Salah satu langkah penting dalam strategi ini adalah dengan menciptakan produk skincare yang memenuhi kebutuhan segmen pasar yang belum tersentuh.

Dengan mengembangkan pasar baru ini, perusahaan dapat mengamankan keuntungan yang signifikan dan meraih pertumbuhan yang substansial.

Pembuatan Slogan yang Memikat

Slogan yang unik dan mencerminkan nilai inti bisnis dapat menjadi kunci untuk membangun identitas yang kuat bagi perusahaan.

Identitas unik akan membantu menciptakan kesadaran merek yang kuat, menjadikan produk skincare Anda mudah diingat oleh pelanggan, dan mengkomunikasikan nilai unik yang ditawarkan oleh produk.

Fokus pada Inovasi Berkelanjutan

Inovasi adalah hal penting dalam melakukan strategi blue ocean.

Perusahaan skincare harus selalu berusaha mencari cara baru untuk meningkatkan produk, layanan, atau proses bisnis mereka.

Ini bisa mencakup perubahan dalam desain produk skincare, pemanfaatan teknologi skincare terbaru, atau bahkan pendekatan yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Keuntungan Blue Ocean Strategy

Menerapkan blue ocean strategy dalam strategi bisnis skincare bukanlah tugas yang mudah, namun, hasilnya dapat sangat menguntungkan.

Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat dirasakan perusahaan skincare ketika menerapkan strategi bisnis ini.

1. Menciptakan Pasar Baru

Blue ocean strategy memungkinkan perusahaan menciptakan pasar skincare baru yang belum ada persaingannya. Ini memberikan kontrol atas harga dan potensi keuntungan yang lebih besar.

2. Target dan Segmentasi Pasar yang Spesifik

Dengan fokus pada segmen pasar skincare yang spesifik, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas yang kuat.

3. Potensi Menjadi Pemimpin Pasar

Dengan menciptakan pasar skincare baru, perusahaan memiliki peluang untuk menjadi pemimpin pasar skincare tanpa harus bersaing secara langsung dengan pesaing yang ada.

4. Merangsang Inovasi dan Kreativitas

Strategi ini mendorong inovasi dan kreativitas dalam perusahaan skincare, karena perusahaan skincare harus berpikir kreatif untuk menciptakan nilai yang unik bagi pelanggan.

Kekurangan Blue Ocean Strategy

Tidak ada strategi marketing yang sempurna tanpa kekurangan, begitu juga dengan blue ocean strategy

Berikut ini beberapa kekurangan dari penerapan strategi yang satu ini.

1. Sulit Menemukan Ide yang Benar-benar Unik

Mencari ide-ide baru yang benar-benar unik untuk menciptakan pasar skincare baru bisa menjadi tantangan besar. Dibutuhkan pemikiran kreatif dan penelitian yang intensif.

2. Investasi Modal yang Lebih Besar

Membangun pasar skincare baru seringkali memerlukan investasi modal yang lebih besar daripada bersaing di pasar skincare yang sudah ada. Ini bisa menjadi risiko finansial yang signifikan.

3. Waktu dan Upaya Intensif untuk Membangun Kesadaran Merek

Membangun kesadaran merek skincare dalam pasar baru memerlukan waktu dan upaya yang intensif. Perusahaan harus secara aktif mempromosikan nilai yang ditawarkan oleh mereka.

4. Risiko Pesaing Masuk ke Pasar Baru

Ketika perusahaan menciptakan pasar skincare baru, ada risiko pesaing akan melihat potensi dan memasuki pasar yang sama. Ini bisa mengakibatkan persaingan yang kemudian mengurangi keuntungan.

Maklon: Partner Penting dalam Proses Produksi Skincare

Menciptakan strategi pasar produk skincare yang sukses memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat.

Salah satu hal penting dalam perumusan strategi pasar produk skincare dengan blue ocean strategy yang sering diabaikan adalah peran maklon skincare.

Maklon memiliki peran penting dalam membantu perusahaan menghasilkan produk skincare dan menghadirkannya kepada pelanggan dengan efisien dan efektif.  Salah satu peran utama maklon adalah kemampuannya untuk memproduksi produk dalam skala besar, sehingga perusahaan tak perlu menginvestasikan sumber daya besar dalam fasilitas produksi mereka sendiri.

Maklon skincare dapat membantu perusahaan untuk merespons permintaan pelanggan yang bervariasi dan mengubah spesifikasi produk dengan cepat.

Kemudian maklon juga dapat menghasilkan biaya produksi lebih rendah, yang memungkinkan perusahaan untuk menawarkan harga skincare yang lebih kompetitif kepada pelanggan.

Maklon pun dapat membantu mempercepat waktu peluncuran produk skincare, dengan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai produksi dan mengurus perizinan BPOM.

Selain produksi, beberapa maklon skincare juga terlibat dalam pengembangan produk dan inovasi. Sehingga maklon dapat memberikan bantuan dalam merancang produk skincare yang lebih baik. Maklon yang memiliki pengalaman dan infrastruktur memadai, dapat membantu perusahaan mengatasi hambatan teknis dan logistik dalam menjalankan bisnis di negara-negara berbeda.

Oleh karena itu pilihlah maklon skincare yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, seperti Indocare B2B.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.