Body Butter Adalah, Karakteristik, dan Fungsinya

Body Butter Adalah, Karakteristik, dan Fungsinya

Body butter adalah salah satu jenis perawatan kulit yang fungsinya mirip dengan body lotion. Namun kedua produk ini memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Mengetahui semua seluk beluk soal produk ini akan membantu Anda menemukan insight bisnis untuk produk impian Anda. 

Apa Itu Body Butter?

Meskipun mengandung kata mentega (butter), produk body butter tidak mengandung susu mentega (dairy butter) dan turunannya. Sebaliknya, dia mengandung kombinasi minyak mentega alami dari buah atau tumbuhan. 

Body butter memiliki tekstur yang mirip dengan mentega dapur, yang tebal, padat, dan lembut. Body butter mulai mendapat posisi di industri kecantikan sebab manfaatnya yang intensif untuk melembapkan kulit dibanding dengan body lotion

Kombinasi body butter berasal dari 2 kandungan utama, yaitu ekstrak buah atau tumbuhan dan minyak esensial. Ekstrak kandungan utama body butter yang paling sering digunakan ialah shea dan cocoa butter, sementara jenis essential oil yang paling umum ialah jojoba, lavender, hingga peppermint. 

Apa Saja Karakteristik Body Butter?

Body butter memiliki karakteristik dan jenis krim yang berbeda dengan body lotion. Perbedaan utama yang paling mencolok dari kedua jenis produk ini adalah konsistensi krimnya. Jika body butter lebih padat dan tebal, body lotion lebih cair. Oleh karena itu, kemasan kedua produk ini pun sangat berbeda. 

Untuk lebih lanjut, berikut karakteristik body butter yang perlu Anda ketahui sebelum mengembangkan produk. Setelah itu, Anda yang putuskan apakah ciri-ciri ini cocok dengan target audiens dan rencana bisnis Anda. 

  • Konsistensi yang lebih padat, kental, dan creamy mirip dengan tekstur mentega dapur
  • Mengandung mentega alami seperti shea butter, biji cokelat, atau alpukat
  • Aroma yang khas dan menenangkan sebab mengandung minyak esensial
  • Sering digunakan sebagai perawatan intensif untuk kulit kering dan kasar
  • Lama menyerap di kulit namun lebih lembap jika dibanding body lotion

Apa Fungsi Body Butter?

Tidak hanya sekedar melembapkan kulit kering, body butter juga memiliki fungsi seperti:

  • Menutrisi kulit dengan mendalam 
  • Melembapkan kulit secara intensif sehingga kulit tidak kering dan kasar
  • Membantu mengatasi kulit kusam
  • Membuat kulit lebih sehat, berkilau, dan kenyal
  • Mengurangi ketegangan kulit seperti setelah menggunakan produk yang dapat membuat kulit lebih kering
  • Memberikan proses perawatan diri yang menenangkan karena memiliki aroma yang menarik

Mengapa Body Butter?

Menjelang tahun 2024, body butter, dengan formula kelembapan tinggi dan kandungan nutrisi yang melimpah, diprediksi menjadi tren utama dalam industri personal care. Kelebihannya tidak berhenti pada kelembapan yang tahan lama, tetapi juga body butter merupakan produk perawatan premium, dengan kombinasi kandungan yang terpilih sebab harus mampu menjadi solusi perawatan intensif. 

Body butter adalah produk pelembap tubuh yang sangat cocok dengan iklim ekstrem seperti Indonesia. Paparan sinar matahari sepanjang tahun membuat body lotion saja tidak cukup, konsumen butuh produk yang lebih intensif. 

Bagaimana Tren Body Butter?

Tren terkini dalam body butter mencakup variasi formulasi dan kemasan yang inovatif. 

Dalam hal formulasi, pendekatan multiproses semakin menjadi favorit, dengan body butter yang tidak hanya berfungsi sebagai pelembap tetapi juga menawarkan manfaat tambahan seperti perlindungan dari sinar matahari atau anti-penuaan. 

Selain itu, perpaduan dengan bahan-bahan eksotis seperti matcha atau kacang pistachio memberikan pengalaman baru bagi konsumen. 

Dari segi kemasan, tampilan minimalis dan fungsional semakin digemari, dengan perhatian khusus pada botol yang dapat dipompa atau kemasan yang kompak dan travel-friendly. Desain yang menarik dan praktis menjadi poin utama dalam memenuhi ekspektasi konsumen yang mencari efektivitas dan kemudahan penggunaan dalam satu produk.

Bagaimana Mengembangkan Body Butter?

Body butter adalah produk yang cocok bagi Smartpreneur yang ingin produk unggul namun berbeda. Sebagai produk perawatan eksklusif, Anda bisa merancang produk ideal untuk rencana bisnis dan masalah target konsumen Anda. 

Dengan berkolaborasi bersama Indocare B2B, Smartpreneur di industri kecantikan dapat menggali potensi luar biasa dari pengembangan produk body butter yang inovatif dan berkualitas tinggi. Fleksibilitas dalam formulasi di Indocare B2B juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pasar dan target konsumen. 

Kami berkomitmen untuk memberikan panduan komprehensif dalam setiap langkah perjalanan pengembangan produk, mulai dari riset pasar hingga formulasi terbaik yang menggabungkan bahan-bahan alami dan inovasi terkini. 

Segera bangun portofolio produk yang menginspirasi dan memenuhi kebutuhan konsumen modern dengan memasukkan body butter ke dalam strategi bisnis Anda di tahun 2024.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya