Kunci Unggul Brand Rhode: Bukan Soal Reputasi Hailey Bieber

Kunci Unggul Brand Rhode: Bukan Soal Reputasi Hailey Bieber

Walaupun baru diluncurkan pada Juni 2022, yang artinya usianya baru genap setahun, brand Rhode milik Hailey Bieber langsung meraih kesuksesan di pasaran. Diakui atau tidak, dampak keberhasilan produk Bieber ini lebih dari sekadar peran popularitas dari Hailey sebagai individu. 

Rhode melibatkan kombinasi yang cermat antara kandungan progresif, desain kemasan yang modern, serta strategi pemasaran yang belum pernah diterapkan oleh merek skincare mana pun.

Mengenal Brand Rhode

Tidak hanya terbatas pada industri makanan dan minuman, banyak selebriti yang memanfaatkan peluang bisnis di sektor kecantikan. Contohnya, Rihanna dengan Fenty Beauty dan Selena Gomez dengan produk Rare Beauty. 

Brand Rhode, dinamai dari nama tengah Hailey Bieber, Hailey Rhode Bieber; yang sebelumnya dikenal sebagai Hailey Rhode Baldwin sebelum menikah dengan Justin Bieber. Rhode tidak sekadar merupakan rangkaian produk skincare biasa, melainkan manifestasi komitmen terhadap kecantikan alami dengan produk yang ramah lingkungan dan lembut untuk kulit.

Dengan sentuhan unik dari Hailey, brand Rhode mengambil inspirasi dari keindahan alam dan menggabungkannya dengan teknologi inovatif untuk merawat dan memanjakan kulit.

Masalah Hukum

Mengutip dari Harper’s BAZAAR, hanya seminggu setelah peluncurannya, Rhode dihadapkan pada tuntutan hukum dari merek fashion bernama RHODE, yang telah berdiri sejak tahun 2014 oleh Purna Khatau dan Phoebe Vickers, atas dugaan pelanggaran merek dagang.

Isu ini sangat berdampak pada kelangsungan merek Rhode itu sendiri. Hailey Bieber mengambil langkah-langkah untuk mengatasi situasi ini, termasuk kemungkinan mengganti nama merek jika diperlukan. Gugatan ini diajukan di Pengadilan Distrik New York Selatan. 

Namun, hasil putusan pengadilan menyatakan bahwa Rhode tidak bersalah dan diizinkan untuk melanjutkan operasional bisnisnya.

Meski gugatan antara Hailey Bieber dan merek fashion Rhode mungkin akan berpengaruh negatif pada nilai pasar Rhode dalam waktu dekat, ada potensi bahwa kemenangan Bieber dalam gugatan ini justru dapat memulihkan nilai pasar Rhode. 

Bahkan, gugatan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran dan popularitas merek, yang pada akhirnya berpotensi untuk meningkatkan penjualan Rhode di masa depan.

Kunci Kesuksesan Brand Rhode

Tidak dapat disangkal bahwa dalam waktu yang singkat, kesuksesan merek Rhode sangat dipengaruhi oleh keberadaan Hailey sebagai tokoh publik. Namun, daya tarik produk itu sendiri memiliki peran yang lebih kuat daripada popularitas Hailey. 

Kesuksesan ini juga dapat memberi inspirasi kepada para Smartpreneur seperti Anda yang mungkin memiliki tantangan dalam mengembangkan konsep skincare yang unik agar meraih posisi terdepan di pasar.

Berikut ini adalah 5 alasan brand Rhode telah mencapai kesuksesan dalam industri skincare, selain faktor popularitas Hailey Bieber:

  1. Produk yang Ramah Lingkungan: Salah satu faktor kesuksesan Rhode adalah komitmennya terhadap keberlanjutan (sustainability). Produk-produk mereka menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, sehingga mengurangi dampak negatif terhadap alam. Ini bukan hanya tentang merawat kulit, tapi juga tentang merawat planet.
  2. Botol Kemasan yang Praktis: Rhode memahami gaya hidup modern yang serba cepat. Botol kemasan yang kecil dan praktis memudahkan konsumen untuk membawa produk perawatan kulit mereka kemanapun pergi. Dengan begitu, mereka menawarkan solusi praktis untuk merawat kulit tanpa repot.
  3. Formula Modern dengan Bahan Unggul: Salah satu poin kuat Rhode adalah penggunaan formula modern dengan bahan yang unggul. Misalnya, “HydraGlow Complex” mereka menggabungkan ekstrak tanaman langka dan peptida aktif untuk memberikan manfaat maksimal bagi kulit, seperti kelembapan dan kecerahan.
  4. Strategi Pengembangan yang Berani: Rhode berani mengambil langkah-langkah yang jarang dilakukan oleh merek lain. Menerima refund dan mendaur ulang produk adalah bukti keseriusan mereka dalam melayani konsumen dengan baik. Tindakan ini juga mencerminkan perhatian mereka terhadap lingkungan, memperkuat reputasi mereka sebagai merek yang bertanggung jawab dan inovatif.
  5. Desain Minimalis yang Baru dan Unik: Desain kemasan minimalis yang mereka gunakan adalah pendekatan baru yang membuat produk mereka tampak segar dan menarik. Dengan kombinasi desain yang unik dan sederhana, Rhode berhasil menarik perhatian konsumen yang mencari sesuatu yang berbeda, namun tidak berlebihan. 

Menilik Pasar Skincare Artis di Indonesia

Di dalam dunia perawatan kulit, tidak sedikit artis Indonesia yang merambah ke bisnis skincare. Dua di antaranya adalah Raisa dan Luna Maya. Raisa, penyanyi ternama, meluncurkan lini produk “Raine Beauty” yang menawarkan produk perawatan kecantikan berbasis alami dan vegan. 

Sementara itu, Luna Maya dengan brand “Nama Beauty”,” sebuah merek yang menawarkan berbagai produk skincare dan perawatan tubuh vegan dan bebas paraben. Meskipun nilai penjualan mereka mungkin berfluktuasi, kehadiran mereka di pasar skincare mencerminkan tren artis Indonesia yang semakin aktif dalam mengembangkan bisnis kecantikan.

Sejauh ini, pertumbuhan skincare artis lokal menunjukkan tren yang progresif. Produk-produk mereka berani menawarkan apa yang perusahaan veteran tidak mampu berikan kepada konsumen, seperti klaim “bebas paraben”. 

Sebelum memulai lini produk yang sesuai dengan rencana bisnis, Anda perlu melihat peluang di pasar. Contohnya, jika ingin profitabilitas yang tinggi, Anda mungkin akan banyak berkorban di strategi pemasaran. Sedangkan jika ingin profit yang stabil, Anda bisa mempertimbangkan keunggulan produkmu yang membedakannya dengan merek lain. 

Buat Produk Skincare Unik dengan Indocare B2B

Tidak hanya soal popularitas dari pemilik brand, kualitas produk juga menjadi faktor yang krusial dalam kesuksesan bisnis skincare. Pentingnya memiliki produk dengan kualitas terbaik, dari bahan baku, kombinasi formula, hingga keamanan, telah menjadi fokus utama dalam industri ini.

Setiap elemen produksi skincare memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan kepuasan pelanggan, membangun reputasi, dan meningkatkan kepercayaan dalam pasar yang kompetitif.

Sebagai perusahaan manufaktur kontrak dengan spesialisasi skincare, Indocare B2B memahami sepenuhnya arti kualitas dalam setiap langkah produksi. Melalui pemilihan bahan baku yang cermat, formula yang ketat, dan keamanan yang terjamin, Indocare B2B menawarkan solusi inovatif bagi produk skincare yang unik dan berkualitas. 

Dengan pengalaman yang tak tertandingi dan tim ahli di belakangnya, Indocare B2B menjadi kunci kesuksesan bagi produk skincare yang unggul dan menghadirkan pengalaman luar biasa bagi konsumen.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya