Tips Aman Bikin Sabun Muka Sendiri

Tips Aman Bikin Sabun Muka Sendiri

Masing-masing orang memiliki jenis kulit wajah berbeda-beda. Jadi idealnya, kita punya sabun muka yang berbeda-beda. Tapi bisakah kita bikin sabun muka sendiri? Rumitkah prosesnya? Apa saja yang harus diperhatikan agar aman saat bikin sabun?

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai tips aman saat bikin sabun muka sendiri. Diskusikan pertanyaan seputar maklon kosmetik dengan kami disini. Ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

Tips Aman Bikin Sabun Muka Sendiri

Faktor pertama yang harus Anda perhatikan saat memutuskan untuk bikin sabun muka sendiri adalah cara membuat sabun muka yang aman digunakan. Faktor kedua adalah bagaimana cara aman membuat sabun muka sendiri. Berikut beberapa tips aman saat bikin sabun muka.

1. Pahami bahan-bahan pembuatnya

Untuk memastikan bahwa Anda tahu cara aman menggunakan dan menyimpan suat bahan, sebaiknya berkonsultasi dengan pemasok bahan tersebut. Lakukanlah riset tentang bahan-bahan tersebut sebelum menggunakannya untuk bikin sabun muka sendiri.

2. Pastikan takarannya akurat

Setelah memastikan semua bahan sabun muka aman digunakan, maka pastikan Anda menggunakannya dengan takaran yang tepat dan akurat. Jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Sebaiknya timbang semua bahan yang akan digunakan. Gunakan timbangan digital agar takaran semakin akurat.

3. Lindungi kedua mata Anda

Beberapa bahan penyusun sabun dapat mencederai mata Anda. Bahan-bahan tersebut bisa beterbangan ketika proses produksi sabun muka berlangsung. Gunakanlah kacamata pelindung. Pastikan di ruangan produksi sabun muka, ada akses air bersih yang bisa digunakan untuk membersihkan mata.

4. Melindungi kulit agar selalu aman

Membuat sabun muka adalah proses yang membutuhkan sentuhan tangan. Anda bisa menggunakan sarung tangan karet yang tahan terhadap cairan lye, sabun mentah, dan material parfum.

5. Perhatikan uap asap

Saat kita sedang mencampur cairan lye, ada kemungkinan akan menghasilkan partikel-partikel kecil dan uap asap. Salah satu solusi yang sering dilakukan untuk menghindari terhirupnya uap asap ini adalah, dengan melakukan pencampuran cairan lye di outdoor, atau di bawah fan exhaust.

Jika ingin benar-benar terlindung dari uap asap tersebut, Anda bisa gunakan respirator saat memproduksi sabun muka.

6. Membuat aturan dan mengikuti proses

Semua orang yang ingin membuat sabun muka sebaiknya mengembangkan alur proses pembuatan sabun, sehingga bisa membantu untuk membuat sabun muka secara aman. Sebab ketika mengikuti aturan tertentu, seseorang akan mencegah kesalahan yang dapat terjadi.

Bahan Yang Harus Kamu Hindari

Anda memang boleh berimprovisasi untuk menggunakan bahan-bahan sabun muka yang cocok. Namun ada beberapa bahan yang sebaiknya tidak Anda gunakan pada formula sabun muka. Berikut dua bahan yang disarankan tidak digunakan.

1. Sodium lauryl sulfate

Bahan ini dapat mengelupaskan lapisan minyak natural yang berfungsi melindungi kulit. Penelitian menunjukkan bahwa bahan ini dapat memicu reaksi alergi.

2. Parabens

Bahan ini merupakan pengawet formula sabun muka. Namun beberapa pihak merasa ada resiko kesehatan jika kita menggunakan parabens. Apa sebabnya? Karena parabens meniru estrogen, maka parabens dipercaya bisa meningkatkan resiko kanker payudara.

No Comments

Post A Comment