Cara Membuat Masker Pemutih Wajah Alami untuk Semua Jenis Kulit

Cara Membuat Masker Pemutih Wajah Alami untuk Semua Jenis Kulit

Salah satu cara yang paling efisien untuk mencerahkan wajah adalah menggunakan masker. Daripada bingung memilih kandungan masker komersial yang tepat untuk kulit, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan alami dan alat yang sangat sederhana. Ini cara membuat masker pemutih wajah alami untuk kulit berminyak, kering, kombinasi, acne-prone, dan kulit sensitif.

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, perusahaan maklon kosmetik yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun untuk menciptakan produk-produk kecantikan untuk pengusaha domestik dan internasional. Hubungi kami di sini untuk konsultasi. 

Untuk mencerahkan wajah dan mengekspos warna alami kulit, sebaiknya gunakan masker yang dapat dicuci yang berbahan natural dari buah-buahan. Bahan-bahan berikut dapat mencerahkan wajah, mengurangi hiperpigmentasi, mengatasi kulit kusam, dan sangat gentle di kulit. 

Untuk oily skin

masker pemutih wajah

Bahan yang bisa tumbuh dan langsung dipetik dari halaman rumah, pepaya, tidak hanya nikmat untuk cemilan di sore hari namun juga memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah. Pepaya mengandung tinggi antioksidan dan enzim yang populer untuk pengobatan melasma (flek hitam atau bintik hitam yang disebabkan oleh sinar UV atau hormon). 

Selain mengobati melasma, pepaya juga dapat menenangkan kulit,dan mendorong produksi kolagen ketika dipakai secara langsung pada kulit. 

Cara membuat masker pepaya

  • Haluskan ⅕ pepaya menggunakan garpu
  • Campur dengan 1 sdm madu
  • Tambahkan 1 putih telur
  • Aplikasikan pada wajah selama 15 menit 
  • Bilas dengan air hangat 

Untuk dry skin

masker pemutih wajah

 

Bahan lainnya yang ternyata bermanfaat untuk mencerahkan kulit adalah oatmeal. Oatmeal mengandung antioksidan dan minyak sehingga cocok untuk kulit kering. Manfaatnya untuk kulit berupa mengurangi peradangan, menenangkan dan melembabkan kulit kering termasuk kulit terbakar akibat matahari, dan menghilangkan sel-sel kulit mati. 

Kulit kering lebih rentan terhadap garis halus dan keriput sehingga antioksidan dapat memberikan pelembab alami untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. 

Cara membuat masker oatmeal

  • Campurkan 1 sdm oatmeal dan 1 sdm madu
  • Setelah tercampur rata, tambahkan ½ sdm air
  • Aplikasikan ke wajah selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat atau handuk hangat

Untuk kulit kombinasi dan kulit normal

Bahan yang cocok untuk kulit kombinasi dan juga kulit normal adalah alpukat. Buah yang tumbuh subur di Indonesia ini kaya akan antioksidan, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Dia akan mencegah kulit kering tanpa membuat kulit menjadi berminyak. Alpukat akan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, melembutkan permukaan kulit yang berjerawat dan iritasi akibat paparan sinar UV, meratakan warna kulit, meredakan peradangan, hingga mencegah keriput. 

Cara membuat masker alpukat

  • Haluskan ⅕ buah alpukat menggunakan garpu
  • Campurkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm madu
  • Jika campuran sudah merata, tambahkan 1 sdm air
  • Aplikasikan pada wajah selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat 

Untuk acne-prone

untuk acne-prone

Jika jerawat tidak pernah absen dari kulit kamu dan membuat wajah kamu terlihat lebih kusam, masker kunyit patut kamu coba. Kunyit mungkin menjadi salah satu bahan dapur yang punya banyak efek positif, seperti anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba, hingga antibakterial, sehingga dapat mengurangi breakout dan jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kunyit juga dapat mengatur produksi sebum agar tidak berlebih sehingga sulit memicu jerawat.

Riset juga membuktikan bahwa kunyit dapat mengurangi tanda penuaan akibat eksposur sinar UV, psoriasis, dan vitiligo. 

Cara membuat masker kunyit

  • Blender kunyit hingga cukup menghasilkan 2 sdm bubuk kunyit
  • Tambahkan 1 sdm susu (susu mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) yang akan mengeksfoliasi sel kulit mati dan membersihkan pori)
  • Campurkan dengan 1 sdm madu kemudian aduk hingga merata
  • Aplikasikan pada wajah selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat

Untuk kulit sensitif

untuk kulit sensitif

Tidak mudah untuk menemukan kandungan yang aman bagi kulit sensitif, tetapi mentimun bisa jadi pilihan utama. Dengan kandungan 96% air, vitamin, mineral, dan antioksidan, mentimun aman digunakan bagi semua jenis kulit, khususnya kulit sensitif. Jika digunakan langsung ke permukaan kulit, mentimun dapat melembutkan dan mendinginkan kulit akibat sinar matahari, iritasi, kemerahan, gigitan serangga, membersihkan kulit, serta menyamarkan pori-pori. 

Jika mentimun dicampur dengan oatmeal, kombinasi ini dapat membuat wajah lebih cerah, menyamarkan hiperpigmentasi dan dark spots karena oatmeal memiliki asam amino yang berguna sebagai exfoliator.

Cara membuat masker mentimun

  • Blender ½ mentimun tanpa dikupas dan sedikit air hingga sedikit cair
  • Jika sudah sedikit cair, masukkan pada sebuah mangkok
  • Tambahkan 1 sdm oatmeal dan 1 sdm madu
  • Aduk perlahan hingga rata menggunakan sendok
  • Aplikasikan pada wajah selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat atau handuk hangat

Meskipun kandungan di dalam mentimun tidak membahayakan kulit, bagi mereka dengan kulit sensitif sebaiknya menggunakan skin-test sebelum mengaplikasikannya. 

Baca juga: Cara Simpel Membuat Masker Wajah

Membuat masker pemutih wajah untuk dijual 

Jika berhasil membuat produk masker pemutih wajah alami yang efektif, Anda bisa menjualnya dan menjadikannya passive income, atau bahkan pendapatan utama yang dapat memenuhi semua kebutuhan hidup Anda. 

Industri kosmetik, termasuk masker adalah industri yang sangat kompetitif sehingga Anda mungkin harus bekerja lebih cerdik atau bekerja dengan keras, seperti sebelum revolusi industri, tetapi Anda tidak menginginkannya, bukan?

Agar produk dapat diperjualbelikan dengan bebas, produk masker pemutih wajah harus memiliki izin edar kosmetik dari BPOM, dan bila perlu sertifikasi Halal. Tidak hanya produk, tempat produksi juga harus lulus standar mutu dari BPOM dan harus telah mengantongi izin produksi, izin usaha, dan lain-lain. 

Indocare B2B adalah solusi untuk masalah produksi dan legalitas produk Anda. Dengan one-stop solution, kami akan menciptakan produk masker pemutih wajah Anda dengan konsep dan merek Anda sendiri.  Kami akan mengurus dari formulasi, kemasan terbaik dan modern, serta MoQ yang sangat fleksibel. 

Tidak punya konsep atau masih bingung mengenai kandungan yang menguntungkan? Konsultasikan dengan tim marketing kami di sini sekarang. Bebas Konsultasi

 

Baca juga: Resep Inspirasi Produk Bisnis Masker Wajah


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.