5 Cara Membuat Skincare Sendiri, Dijamin Aman dan Mudah – Indocare B2B

5 Cara Membuat Skincare Sendiri, Dijamin Aman dan Mudah – Indocare B2B

Mendapatkan kulit glowing dan sehat tidak selalu mahal. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan peralatan dan bahan yang sederhana. Selain mudah, skincare DIY juga lebih sedikit berisiko jika diproses secara tepat. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengetahui cara membuat skincare sendiri di rumah. Simak selanjutnya pada ulasan berikut ini. 

Perlu dipahami bahwa jika ingin DIY, jenis skincare yang bisa dibuat sendiri sangatlah terbatas sebab produk topikal, terutama jika digunakan di area sensitif seperti wajah, memiliki kompleksitas kandungan dan harus melalui serangkaian tes stabilitas dan kompatibilitas. 

Produk skincare setidaknya harus memiliki bahan dasar dan bahan pengawet. Bahan dasar berfungsi sebagai motor untuk masalah kulit sehingga sering berasal dari bahan kimia aktif; sedangkan pengawet akan menjaga produk skincare dari bakteri sehingga lebih tahan lama dan aman digunakan hingga pada periode tertentu. 

Namun jika ingin membuat produk skincare sendiri di rumah, Anda tidak menambahkan pengawet karena proses ini harus dilakukan oleh profesional. Meskipun bahan pengawet natural tersedia di pasaran tetapi efikasinya masih harus diteliti lebih jauh lagi. 

Bahan pengawet juga tidak diperlukan pada skincare anhidrat atau yang tidak mengandung air seperti lotion, lip balm, moisturizer, dan scrub. 

Sebelum membuat skincare DIY, ini beberapa hal yang harus Anda ketahui. 

1.Jenis kulit 

Mengetahui jenis kulit akan menghindari risiko yang dapat membahayakan kulit. Jika kulit Anda sensitif, hindari kandungan asam seperti buah sitrus karena dapat mengiritasi kulit. Selain kulit sensitif, kenali apakah kulit Anda kering, berminyak, atau acne-prone. 

2. Tujuan membuat skincare

Bahan-bahan natural umumnya memang membuat kondisi wajah lebih baik dari sebelumnya namun hasilnya tidak instan. Jika Anda fokus pada masalah kulit dan tujuan membuat skincare, hasil akan lebih optimal. Misalnya jika ingin kulit lebih bersih dan terlihat cerah, aloe vera dan pepaya adalah holy grail

3. Bahan-bahan yang berbahaya untuk semua jenis kulit

Cuka apel, baking soda, kunyit, lemon, dan charcoal adalah beberapa bahan yang tidak disarankan untuk wajah sebab dapat membuat kulit kering karena pH kulit yang menurun dan membuatnya merah, bersisik, dan iritasi. 

Cara Membuat Skincare Sendiri dengan Bahan Alami

Face scrub dari pisang

cara membuat skincare sendiri

Pisang adalah bahan yang lebih ramah digunakan sebagai scrub. Dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan potasium, pisang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan menyamarkan bintik hitam. Pisang juga dapat mengurangi minyak berlebih sehingga cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. 

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 1 buah pisang
  • 1 sdm Greek yogurt
  • 2 sdm oat

Cara membuatnya:

  • Hancurkan pisang dengan garpu tetapi jangan terlalu halus
  • Blender oats hingga menjadi bubuk
  • Campurkan pisang dan bubuk oats ke dalam sebuah wadah
  • Aplikasikan pada wajah dengan memijat perlahan selama 1 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Simpan sisa scrub ke dalam kulkas untuk dipakai lagi

Face mask dari alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya nutrisi. Buah ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, potasium, magnesium, dan karotenoid. Oleh karena itu alpukat dapat membuat wajah lebih bersinar dan lembut. Jika dicampur dengan madu dan oat, kombinasi bahan ini dapat meregenerasi, menenangkan, dan melembabkan kulit. 

Face mask alpukat berfungsi sebagai hydrating mask yang cocok untuk kulit kering tanpa membuat wajah berminyak. 

Bahan-bahan yang digunakan:

  • ½ buah alpukat
  • 1 sdm madu
  • 2 sdm oat

Cara membuatnya:

  • Haluskan alpukat menggunakan garpu
  • Blender oats hingga lebih halus
  • Campurkan alpukat dan oats ke dalam wadah, lalu tuang madu
  • Setelah tercampur merata, aplikasikan ke wajah selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

Moisturizer dari lidah buaya

Lidah buaya adalah kandungan terbaik ketika ingin membuat moisturizer rumahan. Tanaman ini tinggi vitamin, mineral, antioksidan, dan phytochemicals sehingga ampuh untuk menenangkan sunburn, kulit kering, eksim, jerawat, dan psoriasis. Tidak hanya efek menenangkan, lidah buaya juga dapat melembabkan dan menutrisi semua jenis kulit. 

Cara membuat moisturizer dari lidah buaya

  • Ambil satu daun lidah buaya dan belah menjadi dua bagian
  • Gunakan sendok untuk mengiris gel lidah budaya dari daun ke sebuah wadah
  • Diamkan 10 menit untuk menghilangkan resin agar kulit tidak iritasi saat menggunakannya
  • Aplikasikan ke wajah sebagai pelembab biasa
  • Simpan ke dalam kulkas dengan wadah tertutup untuk pengaplikasian selanjutnya (baik digunakan hingga 2 bulan)

Under eye mask dari mentimun

Mentimun telah lama dikenal sebagai obat untuk masalah kulit mata. Mentimun kaya akan antioksidan, vitamin C dan asam folat, sehingga bermanfaat untuk mendinginkan kulit, mencegah kerutan, dan mengurangi pembengkakan atau kantung mata. Karena tingginya kandungan air di dalamnya, bukanlah mitos bahwa mentimun sangat ampuh untuk masalah area mata. 

Cara membuat under eye mask dari mentimun

  • Belah mentimun menjadi dua bagian memanjang
  • Blender satu bagian mentimun dengan sedikit campuran air
  • Potong kapas wajah menjadi 2 bagian dan rendam ke dalam larutan 
  • Diamkan 2-3 jam kapas di dalam kulkas sebelum digunakan
  • Letakkan kapas wajah yang sudah berwarna hijau dan dingin di bawah mata selama 15 menit

Body scrub dari kopi

Untuk perawatan kulit lainnya yang wajib dicoba adalah kopi scrub. Kopi mengandung chlorogenic acid (CGA) dan melanoidins yang bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi, menyamarkan selulit dan kerutan, dan akan menenangkan kulit. 

Cara membuatnya:

  • Brew biji kopi sampai halus hingga cukup untuk 3-4 sdm (bisa juga menggunakan bubuk kopi instan)
  • Campurkan masing-masing 5 sdm madu dan olive oil bersama bubuk kopi
  • Ratakan menyeluruh ke tubuh dan usap perlahan 
  • Bilas dengan air hangat

Cara Membuat Produk Skincare Sendiri untuk Dijual

Menciptakan skincare yang aman digunakan tidak boleh sembarangan; harus ditangani oleh formulator profesional, khususnya jika ingin menggunakan bahan aktif seperti vitamin C, AHA-BHA, niacinamide, dan lainnya. 

Daripada harus membuat skincare sendiri di rumah dengan bahan dan manfaat yang terbatas, ada cara yang lebih aman dan efisien, yaitu dengan memanfaatkan jasa maklon skincare. Anda bisa request kandungan dan jenis produk, dengan brand Anda sendiri untuk kemudian dijual sebab segmen kosmetik selalu ramai dan pemasarannya pada dewasa ini terbilang sangat mudah. 

Baca juga: Bikin Skincare Merek Sendiri: Ini Yang Harus Disiapkan

Produk skincare yang dikomersialkan harus menjamin keamanan dengan memenuhi standar legalitas yang berlaku. Dalam kasus ini, produk Anda harus memiliki izin edar dari BPOM dan sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH).

Dengan menggunakan jasa maklon skincare, Anda tidak perlu lagi mengurus perizinan BPOM, Halal, ataupun proses produksi yang sesuai dengan standar nasional. Jasa maklon skincare, seperti Indocare B2B, memiliki pabrik bermutu dengan standarisasi BPOM, Halal, ISO, dan sertifikasi lainnya. 

Kami akan mengurus izin edar BPOM dan Halal produk skincare Anda sehingga aman dan legal untuk dipasarkan. 

Bingung ingin mengembangkan produk dan kandungan mana yang punya profitabilitas tinggi? Konsultasikan dengan kami sekarang juga di sini. Indocare B2B memiliki koleksi formula rekomendasi dari kandungan kualitas tinggi dan populer.

Bebas Konsultasi. 

 

Baca juga:

Jual Skincare Tanpa Pengalaman: Simak Tipsnya

Tips Memulai Bisnis Skin Care

Kenapa Kita Sebaiknya Menggunakan Jasa Maklon Skin Care


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya