6 Cara Mempromosikan Produk Suplemen Kesehatan

6 Cara Mempromosikan Produk Suplemen Kesehatan

Mengerti cara mempromosikan produk suplemen kesehatan adalah langkah kunci dalam menghadapi pasar kesehatan yang semakin kompetitif. Dengan begitu banyak produk sejenis yang tersedia, Smartpreneur yang ingin atau sedang mengembangkan produk suplemen perlu memiliki strategi yang efektif untuk menonjol dan menjangkau konsumen potensial. 

Cara Mempromosikan Produk Suplemen

Ada beberapa trik dan cara mempromosikan produk agar brand suplemen kesehatan (health supplement) Anda semakin dikenal, di antaranya adalah:

Podcast

Podcast merupakan konten yang berupa hasil rekaman video maupun audio yang dapat masyarakat nikmati melalui jaringan internet. Beberapa platform yang bisa Anda manfaatkan untuk menyiarkan podcast, yakni seperti Noice, YouTube, Spotify, dll.

Anda bisa menggunakan konten tersebut untuk mempromosikan produk  suplemen Anda dengan cara mengundang ahli dalam bidang kesehatan, seperti dokter atau apoteker. Kemudian, Anda bisa membahas topik yang berhubungan dengan manfaat produk bisnis Anda bersama ahli tersebut, demi mendapatkan kepercayaan dari target pasar.

Contohnya, Anda memiliki produk suplemen diet (dietary supplement), maka Anda bisa mengundang ahli atau dokter gizi dengan topik pembahasan cara diet yang sehat atau membahas karakteristik suplemen diet yang aman.

Live Streaming

Cara mempromosikan produk suplemen selanjutnya adalah dengan melakukan live streaming di berbagai platform media sosial. Dengan melakukan live streaming, Anda dapat menciptakan visibilitas digital yang kuat untuk produk suplemen kesehatan Anda. 

Pada tahun 2021, salah satu platform live streaming paling populer, TikTok, menghasilkan lebih dari 2 miliar USD atau setara dengan Rp 30 triliun dalam pendapatan secara global, dan produk kesehatan merupakan salah satu kategori terlaris. 

Melalui live streaming, Anda juga bisa mendapatkan ruang yang cukup untuk menjelaskan secara rinci tentang produk suplemen kesehatan Anda serta berinteraksi langsung dengan target pasar bisnis Anda.

Misalnya, menguraikan bahan-bahan yang digunakan, manfaat kesehatan yang dihasilkan, cara penggunaan, serta testimoni. Selain itu, penyertaan informasi tentang sertifikat keamanan dan menyediakan opsi pembelian melalui link yang Anda tautkan saat streaming, tentunya akan membuat brand Anda terkesan profesional.

The Power of 3 Why’s

Prinsip 3 Why’s (3 mengapa) membantu Anda untuk menjangkau audiens pada tingkat emosional. Sebagai contoh, bayangkan Anda sedang berbincang dengan rekan sekantor yang sering telat, kemudian mulai percakapan seperti:

Anda: Mbak, kenapa akhir-akhir kamu sering telat masuk kerja?

Audiens: Akhir-akhir ini jalanan sering macet.

Anda: Lalu, kenapa nggak bangun lebih awal?

Audiens: Karena belakangan ini aku susah tidur.

Anda: Kenapa belakangan susah tidur?

Audiens: Badanku terasa pegal-pegal dan kepalaku pusing.

Nah, setelah bertanya mengapa 3 kali, Anda bisa menemukan pain point dari audiens Anda. Anda bisa memanfaatkan cara jitu ini untuk bertanya kepada audiens dan mempromosikan produk suplemen Anda.

Konten Berkualitas Tinggi

Tawarkan nilai yang berharga kepada audiens Anda melalui konten yang high-value. Entah itu melalui artikel, infografis, gambar, video, atau jenis konten lainnya, seperti fakta menarik terkait bahan-bahan yang digunakan, kuis, wawancara, statistik, nutrisi, FAQ, dll untuk membangkitkan minat pada produk suplemen Anda.

Micro-influencer

Cara lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk, yakni dengan mengajak Micro-influencer untuk berkolaborasi bersama brand Anda. Micro-influencer sendiri merupakan pengguna atau pemilik (orang biasa) akun media sosial dengan jumlah follower berkisar 1.000-100.000.

Umumnya, Micro-influencer menawarkan tarif kerjasama yang relatif lebih murah, lebih dekat dengan para pengikut mereka, serta mudah untuk menyesuaikan konten mereka dengan karakteristik bisnis Anda.

Toko dan Outlet Kesehatan

Memasarkan produk suplemen kesehatan secara offline adalah langkah penting dalam memperkenalkannya secara fisik kepada konsumen. Kerja sama dengan toko-toko kesehatan, tampilan produk yang menarik, penjelasan produk kepada staf toko, penawaran eksklusif, serta promosi dalam toko dapat membantu produk Anda menonjol di rak dan memikat perhatian konsumen. 

Selain itu, sertifikasi, testimoni, dan ulasan pelanggan di tempat penjualan fisik dapat meningkatkan citra dan penjualan produk Anda di tingkat lokal. 

Kembangkan Suplemen Kesehatan Sekarang!

Cara mempromosikan produk suplemen kesehatan yang jitu dan efektif adalah pemanfaatan teknologi dan berfokus pada kualitas produk untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. 

Jika Anda ingin membuat produk suplemen Anda benar-benar berkualitas dan aman, percayakan proses produksinya pada Indocare B2B. Mulai dari formulasi produk, proses produksi, uji stabilitas produk, pengemasan, labeling, hingga perizinan tak perlu Anda pusingkan.

Karena semua hal tersebut akan tim Indocare B2B tangani secara profesional. Dengan pengalaman sejak 1988 dalam menciptakan serta mengembangkan berbagai produk suplemen, produk yang kami hasilkan akan mendongkrak rencana bisnis Anda.

Menariknya lagi, Anda bisa melakukan pemesanan dalam jumlah fleksibel. Hal ini pastinya akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget promosi maupun operasional terbatas.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.