Cara Menentukan Harga Jual Produk Skincare agar Tetap Untung

Cara Menentukan Harga Jual Produk Skincare agar Tetap Untung

Sebelum meluncurkan produk skincare ke pasar, salah satu aspek krusial yang memerlukan perhatian adalah cara menentukan harga jual. Memahami dengan cermat teori dan  metode strategis dalam menetapkan harga jual untuk produk skincare akan mencerminkan citra produk Anda secara keseluruhan. Bagaimana seharusnya langkah-langkah bisnisnya?

Untuk menghindari kebingungan, mari kita ikuti panduan dan cara menentukan harga jual produk yang disusun dalam artikel ini. Artikel ini disajikan oleh Indocare B2B, sebuah perusahaan maklon skincare dan kosmetik yang memiliki pengalaman selama lebih dari dua dekade dalam menciptakan dan mengembangkan produk skincare dan kosmetik lokal.

Cara Menentukan Harga Jual Produk Skincare

Menentukan harga jual produk skincare tidak bisa sembarangan dilakukan, sebab memerlukan perhatian khusus terhadap beberapa faktor penting guna mendapatkan harga yang tepat dan menghindari harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bagi Smartpreneur dalam industri skincare, berikut beberapa langkah penting dan cara menentukan harga jual produk yang dapat dijadikan panduan:

1. Analisis Biaya Produksi

Langkah pertama dalam cara menentukan harga jual adalah melakukan perhitungan biaya produksi produk skincare. Termasuk dalam perhitungan ini adalah biaya bahan baku, kemasan, produksi, tenaga kerja, pemasaran, dan biaya lainnya. Keseluruhan faktor ini harus diperhitungkan secara cermat untuk memperoleh gambaran yang akurat mengenai biaya produksi per unit produk. Sebagai contoh, jika Anda memproduksi losion, dengan anggaran bulanan yang terdiri dari biaya bahan baku sebesar Rp6.000.000,00, biaya kemasan tube Rp1.000.000,00, dan biaya tenaga kerja dan pemasaran Rp5.000.000,00, dengan total produksi 200 unit produk losion per bulan, maka harga produksi per unit adalah Rp12.000.000,00 (total biaya produksi) / 200 pcs = Rp60.000,00/pcs.

2. Pahami Tujuan dan Target Pasar

Memiliki pemahaman yang jelas mengenai tujuan bisnis dan target pasar yang diinginkan adalah langkah penting berikutnya. Faktor-faktor seperti kualitas produk, merek, posisi di pasar, keunikan produk, serta nilai yang diinginkan oleh konsumen harus dipertimbangkan. Memahami tujuan dan sasaran pasar akan membantu dalam menentukan harga yang sesuai. Sebagai contoh, dengan harga produksi Rp60.000,00 per unit lotion, tentu saja harga jualnya nanti harus lebih tinggi daripada itu. Oleh karena itu, jika target pasar yang diinginkan adalah konsumen remaja atau mahasiswa, mungkin harga yang terlalu tinggi kurang tepat. Lebih bijaksana untuk menargetkan konsumen dengan daya beli tinggi yang mencari pengalaman mewah dan produk eksklusif, misalnya konsumen berusia 25-50 tahun yang mapan secara finansial dan cenderung memprioritaskan produk skincare berkualitas tinggi.

3. Cara Menentukan Harga Jual dengan Riset Pasar

Dalam cara menentukan harga jual produk skincare, penting untuk melakukan analisis biaya produksi secara cermat, mengenali tujuan bisnis dan target pasar dengan jelas, serta melakukan riset pasar untuk memahami harga produk sejenis yang ditawarkan oleh pesaing. Selanjutnya, tentukan margin keuntungan yang sesuai dengan nilai produk dan pasaran. Dalam menghadapi persaingan di industri skincare, pemahaman yang mendalam tentang target pasar, termasuk karakteristik demografis dan psikografisnya, akan membantu mengarahkan strategi pemasaran dan menyusun harga yang tepat dan menguntungkan bagi bisnis.

4. Tentukan Margin Keuntungan

Setelah memiliki gambaran yang jelas mengenai biaya produksi dan harga pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan margin keuntungan yang diinginkan. Margin keuntungan ini harus memadai untuk menghasilkan pendapatan yang cukup bagi bisnis dan sekaligus mencerminkan nilai produk. Secara umum, margin keuntungan untuk produk skincare berkisar antara 30% hingga 50% dari biaya produksi. Sebagai contoh, jika biaya produksi 1 unit lotion adalah Rp60.000,00 dan Anda ingin memperoleh margin keuntungan sebesar 50%, maka harga jualnya adalah:

Harga jual = Biaya Produksi x (1 + Margin Keuntungan) = Rp60.000,00 x (1 + 50% atau 0,5) = Rp60.000,00 x 1,5 = Rp90.000,00/pcs.

5. Uji Pasar

Poin kelima, yaitu uji pasar, merupakan tahap penting dalam menentukan harga jual produk skincare. Melalui uji pasar, bisnis dapat mengumpulkan umpan balik dari calon konsumen terkait harga yang telah ditetapkan. Dengan demikian, bisnis dapat memvalidasi apakah harga yang dipilih sudah sesuai dengan nilai dan persepsi pelanggan, serta apakah harga tersebut diterima secara luas di pasar.

Uji pasar bisa dilakukan dengan mencoba harga produk di sejumlah kecil pelanggan terpilih atau menggunakan platform online untuk mengumpulkan data dari calon konsumen. Hasil dari uji pasar akan memberikan wawasan berharga mengenai bagaimana pasar merespons harga produk, dan apakah harga tersebut dapat mendukung pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Jika diperlukan, bisnis dapat melakukan penyesuaian harga berdasarkan umpan balik yang diperoleh untuk mencapai harga yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen, serta memberikan nilai yang optimal bagi usaha Anda.

Dalam menghadapi persaingan ketat di industri skincare, langkah-langkah strategis tersebut akan membantu Anda dalam menghitung cara menentukan harga jual produk yang tepat dan juga menguntungkan bagi bisnis Anda. 

Kini, Anda Tahu Cara Menentukan Harga Jual Produk

Sekarang Anda telah memperoleh panduan bisnis cara menentukan harga jual produk. Untuk memastikan Anda tidak salah dalam menetapkan harga, kami merekomendasikan untuk mengandalkan layanan pengembangan produk skincare terbaik di Indonesia, seperti yang ditawarkan oleh Indocare B2B. 

Sebagai perusahaan maklon terkemuka, kami telah terbukti memiliki keahlian yang kuat dalam mengembangkan dan menciptakan produk kosmetik dan skincare sejak 1988, terbukti melalui dedikasi dan pengalaman kami. Tidak hanya produk kecantikan, kami juga dipercaya oleh para pelaku bisnis produk kesehatan dalam mengembangkan produk mereka. Jika Anda berminat untuk menjalin kerja sama dengan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di sini dan mari bersama-sama menciptakan produk kosmetik yang sesuai dengan impian dan visi Anda.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.