5 Cara Menghilangkan Daki di Leher dengan Mudah

5 Cara Menghilangkan Daki di Leher dengan Mudah

Salah satu masalah kulit yang banyak diderita oleh konsumen, terutama mereka dengan berat badan berlebih adalah area leher yang menghitam seperti daki. Kondisi ini bisa dihilangkan dengan kandungan pada skincare. Lalu bagaimana cara menghilangkan daki di leher yang efektif?

Penyebab Daki pada Leher

Kulit leher yang menghitam, bertekstur, dan terlihat tidak bersih bisa disebabkan oleh banyak hal, contohnya kondisi medis, gesekan akibat perhiasan, hingga paparan sinar matahari.

  • Gesekan akibat perhiasan

Penggunaan aksesoris seperti kalung pada waktu yang lama dapat mengakibatkan gesekan yang terus berulang, sehingga membuat kulit leher iritasi dan menghitam seiring berjalannya waktu

  • Paparan sinar matahari

Sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan produksi melanin kulit meningkat, sehingga membuat kulit menjadi lebih gelap. Hal ini semakin buruk jika tidak menggunakan tabir surya. 

  • Perubahan hormonal

Kehamilan dan penggunaan kontrasepsi juga dapat menyebabkan area leher menghitam. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal selama kehamilan yang dapat menyebabkan area kulit menghitam, termasuk area wajah (melasma), ketiak, dan perut (linea nigra). Siklus menstruasi dan menopause juga dapat memengaruhi warna pada kulit. 

  • Jarang menggunakan skincare

Kebiasaan tidak membersihkan dan merawat kulit secara rutin dapat mengakibatkan penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran di daerah leher. 

  • Acanthosis nigricans

Ini mungkin kasus paling berat yang dapat menyebabkan tampilan menyerupai penumpukan daki pada leher. Acanthosis nigricans adalah kondisi medis yang ditandai oleh perubahan warna pada area lipatan di tubuh seperti leher, ketikak, dan selangkangan. 

Acanthosis nigricans terjadi sebagai respons terhadap resistensi insulin, di mana sel-sel tubuh menjadi kurang responsif terhadap hormon insulin. Resistensi insulin sering terjadi pada individu yang mengalami obesitas dan diabetes tipe 2.

Tingginya kadar insulin dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit, menyebabkan perubahan warna dan tekstur pada kulit. 

Jika seseorang mengalami acanthosis nigricans, ini bisa jadi pertanda masalah kesehatan, seperti resistensi insulin, dan harus ditangani secepat mungkin.

Cara Menghilangkan Daki di Leher

Daki yang menumpuk di leher bisa dihilangkan dengan menggunakan skincare yang tepat. Bahkan menurut studi, tampilan leher yang menghitam pada acanthosis nigricans juga bisa diperbaiki secara topikal dengan kandungan skincare. 

Berikut ini kandungan skincare yang bisa menghilangkan daki di leher:

Retinoid

Retinoid adalah pilihan pertama jika ingin mengurangi tampilah kulit leher yang menghitam, bahkan pada kasus acanthosis nigricans. Retinoid adalah senyawa yang berasal dari vitamin A dan bekerja dengan merangsang pergantian sel-sel kulit, sehingga mengurangi hiperpigmentasi. 

Jika digunakan secara teratur, retinoid dapat membantu mengangkat warna kulit menjadi lebih cerah dan memperbaiki tekstur kulit. Namun, retinoid tidak direkomendasikan untuk perempuan hamil dan menyusui karena dapat membahayakan kesehatan janin. 

Urea dan Salicylic Acid

Salicylic acid adalah salah satu jenis Beta Hydroxy Acid (BHA) yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi hiperpigmentasi, dan membersihkan pori-pori. Sementara urea dapat melembapkan kulit dan meningkatkan penetrasi bahan aktif. 

Kombinasi kedua bahan ini efektif dalam mencerahkan kulit leher yang menghitam. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2018, dengan judul “A Comparison of the Efficacy And Safety Profiles of 10% Salicylic Acid and 10% Urea Creams in Treating Acanthosis Nigricans in Adolescents: A Randomized Double-blinded Study” menyebutkan bahwa kombinasi urea dan salicylic acid dapat memperbaiki warna kulit leher pada kasus acanthosis nigricans.

Licorice Root Extract

Ekstrak akar licorice mengandung senyawa aktif glabridin, yang memiliki sifat pemutih alami dan antiinflamasi. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi produksi melanin, yang bertanggung jawab atas pigmentasi kulit. Dia juga dapat mengurangi peradangan, sehingga secara tidak langsung dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit yang tidak merata. 

Licorice root extract telah digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit untuk membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan meratakan warna kulit. 

Vitamin C

Vitamin C dapat menghambat enzim tirosinase yang memproduksi melanin sehingga dapat mengurangi hiperpigmentasi. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari yang berlebih. 

Jika digunakan secara rutin, vitamin C dapat mengangkat dan menghilangkan daki sehingga warna dan tekstur kulit lebih cerah dan halus. 

Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Jenis AHA seperti asam glikolat dan asam laktat telah dikenal sebagai kandungan aktif yang dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi. Cara menghilangkan daki di leher dengan AHA dapat mengelupas lapisan terluar kulit sehingga dapat merejuvinasi sel-sel kulit baru. 

Ciptakan Produk Skincare Anda!

Di Indonesia, masalah kulit belang atau warna kulit tidak merata sering menjadi masalah umum, sehingga dibutuhkan produk skincare yang memiliki bahan aktif terbaik untuk mencapai hasil yang optimal. 

Dalam menghadapi tantangan kulit leher yang menghitam dan menebal, Indocare B2B menonjol dengan komitmen untuk menggunakan bahan-bahan aktif yang telah terbukti efektif dan aman, seperti retinoid, berbagai jenis AHA, licorice root extract, vitamin C, dan lainnya. 

Indocare B2B muncul sebagai manufaktur yang memiliki keahlian dalam mengembangkan produk skincare dengan kualitas terbaik. Melalui uji stabilitas, uji klinis, serta uji laboratorium lainnya yang sesuai dengan nilai merek Anda, Indocare B2B akan menghasilkan produk yang kompetitif dan efektif. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.