Copper Peptide, Sang Primadona Baru dalam Perawatan Kulit

Copper Peptide, Sang Primadona Baru dalam Perawatan Kulit

Memperoleh kulit awet muda dan sehat impian semua orang. Aneka produk dan teknologi inovatif terus bermunculan dengan solusi andal untuk mengatasi tanda penuaan dan masalah kulit lain. Copper peptide tengah mencuri perhatian dan diprediksi sebagai primadona baru dalam industri kecantikan.

Apa Itu Copper Peptide?

Copper peptide adalah asam amino alami yang dapat membantu produksi kolagen dan elastin, dua jenis jaringan ikat dalam kulit yang bertugas menghaluskan dan mengencangkan kulit. Dalam komunitas ilmiah, peptida bernama glycyl-L-histidyl-L-lysine (GHK) dan mudah berikatan dengan enzim tembaga (Cu). Maka, kombinasi peptida tembaga sering disebut GHK-Cu.

Pertambahan usia membuat kulit kehilangan kolagen dan elastin secara bertahap. Walau hal itu wajar, tetapi upaya merawat kulit tetap muda dan sehat tentu sah-sah saja. Di sinilah copper peptide dapat membantu. 

Manfaat Copper Peptide dalam Perawatan Kulit

Perlu diketahui, kandungan ini mampu bekerja di bawah epidermis atau lapisan terluar kulit. Itu sebabnya peptida mampu membantu pembentukan elastin dalam kolagen di jaringan ikat kulit.

Berikut beberapa manfaat menjanjikan dari copper peptide dalam produk perawatan kulit.

  • Mengurangi munculnya kerutan

Peningkatan protein kolagen dapat menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Seiring waktu kolagen membantu kulit lebih kencang yang membuat kerutan berkurang.

  • Mengencangkan kulit

Seiring peningkatan produksi kolagen, protein elastin juga ikut bertambah. Elastin inilah yang berfungsi mengencangkan dan menghaluskan kulit.

  • Meratakan warna kulit

Tembaga ini mampu memperbaiki dan meratakan warna kulit sehingga kulit tidak tampak belang.

  • Bersifat antioksidan

Peptida tembaga bersifat antioksidan pada kulit sehingga bisa mengurangi peradangan dan menurunkan risiko infeksi.

Copper Peptide VS Retinol

Bisa jadi retinol lebih familiar daripada copper peptide. Keduanya sama-sama bahan aktif yang populer dalam produk skincare anti-aging.

Copper peptide adalah asam amino atau bahan penyusun protein dan bersifat antioksidan. Kandungan ini membantu produksi kolagen dan elastin pada kulit. 

Fungsi copper peptide untuk mengencangkan, menghaluskan, dan melembutkan kulit lebih cepat daripada produk anti-aging lain. Bahkan, kandungan ini dapat mengganti kolagen dan elastin yang rusak dari kulit maupun jaringan luka.

Sementara itu, retinol masih masuk keluarga vitamin A. Retinol mudah dijumpai pada produk skincare tanpa resep. Fungsi retinol adalah memperbaiki pigmentasi kulit serta mengurangi garis halus dan kerutan. Retinol juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan meratakan warna kulit.

Pertanyaannya, apakah pemakaian skincare dengan peptida tembaga dan retinol dapat dilakukan bersamaan? 

Copper peptide serum dan retinol serum dapat dipakai bersama, tetapi dalam waktu berbeda. Aplikasikan bertahap dan selang-seling dengan peptida tembaga. Contoh, malam ini memakai serum peptida tembaga, malam berikutnya retinol.

Tren Pertumbuhan Copper Peptide

Copper peptide tengah menjadi salah satu tren kecantikan yang banyak diperbincangkan saat ini. Data Global Copper Peptide GHK-Cu Market mengungkapkan pasar peptida tembaga bernilai 100 dolar AS pada 2023. 

Selama 2023–2030, diproyeksikan segmen skincare dengan kandungan copper peptide dapat mencapai 500 juta dolar AS di penghujung 2030 dengan CAGR 15%. Ada pun pasar peptida tembaga dianalisis dari pembuatan, distribusi, dan pemanfaatan kandungan tersebut dalam skincare.

Berkat kualitas biologis dan regeneratif peptida tembaga, kandungan ini menjadi tren dalam perawatan kulit, anti penuaan, hingga penyembuhan luka. Sifat antioksidan di dalamnya juga mampu melawan radikal bebas, menurunkan stres oksidatif, dan menghambat penuaan dini. 

Kembangkan Produk Skincare dengan Indocare B2B

Produk dengan copper peptide hadir sebagai alternatif retinol yang dipandang lebih lembut dan aman untuk semua kalangan usia. Selain itu, populasi konsumen yang menua mendorong meningkatnya permintaan terhadap formulasi skincare yang makin canggih. 

Apalagi, kesadaran konsumen tentang manfaat peptida tembaga pada solusi perawatan kulit juga meningkat. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan pasar peptida tembaga karena penelitian dan pengembangan skincare terkonsentrasi pada kandungan tersebut.

Mempelajari kandungan dan manfaat copper peptide dapat membantu Anda mengembangkan inovasi skincare. Gabungkan dengan analisis tren pasar terkini sehingga Anda tahu apa kebutuhan konsumen, termasuk membidik siapa segmen tepat skincare yang mengandung peptida tembaga.

Pada akhirnya, memproduksi produk skincare apapun perlu riset dan pengembangan mendalam. Tujuannya jelas, yaitu memastikan produk efektif, aman, dan stabil ketika diterima konsumen.

Namun, Anda tidak perlu melakukan semua itu sendirian. Indocare B2B mempunyai tim R&D berpengalaman yang siap membantu Anda memproduksi produk skincare, termasuk copper peptide serum.

Berbekal teknologi terkini dan bahan baku berkualitas, Indocare B2B menjamin produk skincare terbaik terwujud melalui merek yang Anda miliki. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan maklon skincare sesuai kebutuhan Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.