Daftar-BPOM-Itu-Penting

Daftar BPOM? Memangnya Penting?

Beberapa syarat agar produk skincare Anda dapat memberi rasa aman bagi konsumen adalah dengan mendapatkan izin BPOM. Apa sih BPOM itu? Sepenting apa izin BPOM bagi produk Anda? Dan bagaimana cara daftar BPOM?

BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan, merupakan lembaga yang bertugas mengawasi obat-obatan dan makanan yang beredar di wilayah Indonesia. Lembaga ini juga memiliki tugas melakukan standarisasi, regulasi, dan sertifikasi produk makanan dan obat.

Pengawasan BPOM

Apa saja yang diawasi oleh BPOM? Faktor yang dimonitor oleh BPOM adalah keseluruhan aspek pembuatan, penjualan, penggunaan, serta keamanan produk obat-obatan, makanan, dan kosmetik. Ada beberapa tugas yang diberikan pemerintah bagi BPOM, yaitu:

  • Pengaturan, regulasi, dan standarisasi.
  • Lisensi serta sertifikasi industri di bidang farmasi, makanan dan kosmetik didasarkan cara-cara produksi baik.
  • Evaluasi produk sebelum mengeluarkan izin edar.
  • Pre-audit dan pasca audit materi iklan serta promosi produk.
  • Riset terhadap pelaksanaan kebijakan pengawasan obat, kosmetik dan makanan.
  • Post marketing vigilance, termasuk sampling dan pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi, penyidikan dan penegakan hukum.
  • Komunikasi, informasi, dan edukasi publik termasuk peringatan publik.
  • Memberi perlindungan kepada konsumen.

Pentingnya Izin BPOM

Lalu kenapa para produsen produk skincare dan kosmetik menganggap penting untuk daftar BPOM bagi produk mereka?  “Dengan legalitas, maka produk akan lebih terjamin kualitasnya. Dan untuk masuk ke dalam pasar yang lebih luas pun lebih mudah,” jelas Dra Dyah Sulistyorini, MSc, Apt, Kepala sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BPOM.

Dengan adanya izin BPOM, konsumen akan mendapatkan garansi keamanan dari produsen produk. Konsumen juga akan mendapatkan kestabilan harga dari produk yang sudah mendapatkan izin BPOM. Jika sudah terdaftar sertifikasi BPOM, citra atau image produk Anda akan meningkat dibandingkan produk pesaing yang belum terdaftar BPOM.

Bagaimana Riuhnya Proses Daftar BPOM

Karena saat ini adalah era digital, maka disediakan fitur daftar BPOM produk melalui website resmi mereka e-BPOM. Pendaftar diwajibkan login terlebih dahulu, kemudian mereka diarahkan untuk mengisi pertanyaan seputar surat permohonan registrasi, jenis usaha, dan alamat usaha.

Usai menjawab semua pertanyaan, maka pendaftar diwajibkan membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Jumlah biaya PNBP yang dibayar oleh setiap pendaftar berbeda-beda, tergantung dari jenis usahanya. Tingkat risiko produk juga mempengaruhi biaya PNBP. Semakin berisiko produk yang didaftarkan, maka semakin mahal pula biayanya.

Setelah melunasi biaya PNBP, pendaftar diminta menunggu persetujuan BPOM untuk mendapat Nomor Izin Edar (NIE) produk. Umumnya surat persetujuan akan dikeluarkan 30 hari setelah pendaftaran.

Ada pilihan yang bisa membuat Anda tidak harus melewati segala keruwetan ‘aturan’ daftar BPOM. Pilihlah maklon kosmetik atau skin care yang mampu melakukan daftar BPOM untuk sebuah produk. Sehingga Anda hanya perlu berkonsentrasi pada strategi pemasaran produk Anda.

No Comments

Post A Comment