Kandungan dan Jenis Produk untuk Eksfoliasi Kulit Kepala

Kandungan dan Jenis Produk untuk Eksfoliasi Kulit Kepala

Tidak hanya wajah yang harus dieksfoliasi, melainkan juga kepala. Eksfoliasi kulit kepala berfungsi untuk membuat rambut dan kulit kepala lebih segar, sehat, dan bersih. Di sini Anda akan menemukan informasi mengenai bahan dan jenis produk prospektif yang bermanfaat untuk eksfoliasi kulit kepala. 

Manfaat Eksfoliasi Kulit Kepala

Eksfoliasi kulit kepala menjadi langkah esensial dalam rutinitas perawatan rambut karena banyaknya sel kulit mati, minyak, dan produk-produk styling yang dapat menumpuk di kulit kepala. Akumulasi ini bisa menghambat pertumbuhan rambut sehat dan mengakibatkan masalah kulit kepala, seperti ketombe, gatal, dan iritasi. 

Berikut ini 3 manfaat eksfoliasi kulit kepala

Membersihkan Pori-pori Kulit Kepala

Eksfoliasi membantu membersihkan pori-pori kulit kepala dari kotoran dan sel kulit mati yang dapat menghalangi pertumbuhan rambut. Jika pori-pori bersih, folikel rambut menjadi lebih sehat, dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi sehingga pertumbuhan rambut menjadi kuat dan sehat. 

Mencegah Ketombe dan Gatal-gatal

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala dapat menjadi tempat yang ideal bagi jamur Malassezia untuk berkembang, sehingga menyebabkan masalah seperti ketombe dan gatal-gatal. Eksfoliasi kulit kepala secara teratur membantu mengurangi pertumbuhan jamur ini dan menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga mengurangi munculnya ketombe dan gatal-gatal yang diakibatkannya. 

Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Rambut

Dengan membersihkan permukaan kulit kepala, eksfoliasi juga meningkatkan penyerapan produk perawatan rambut, seperti kondisioner dan serum. Ini berarti bahan-bahan aktif dalam produk perawatan rambut dapat bekerja lebih efektif, memberikan nutrisi tambahan dan menjaga kelembapan di rambut dan kulit kepala. 

Kandungan untuk Eksfoliasi Kulit Kepala

Mengeksfoliasi kulit kepala bisa menggunakan 2 jenis kandungan utama, yaitu yang berasal dari bahan alami dan kimia. Turunan kedua kandungan utama tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Kandungan Alami

  • Garam Laut atau Himalaya: Garam laut atau garam Himalaya sering digunakan sebagai eksfolian alami karena butiran-butirannya yang kasar dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut, meninggalkan kulit kepala bersih dan segar.
  • Bamboo Fibers: Atau serat bambu merupakan kandungan modern yang sering ditambahkan pada produk eksfoliasi kulit kepala. Serat ini mampu memberikan pengelupasan mekanis dan membantu menyehatkan kulit kepala.

Kandungan Kimia

  • Salicylic Acid: Sebagai bahan kimia yang sering digunakan dalam produk eksfoliasi, asam salisilat dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mengatasi masalah kulit kepala, seperti ketombe.
  • Alpha Hydroxy Acids (AHA): AHA, seperti asam glikolat, dapat membantu mengelupas lapisan atas sel-sel kulit mati, meningkatkan regenerasi sel baru, dan memberikan efek pencerah pada kulit kepala.
  • Polyethylene Glycol (PEG): PEG adalah bahan kimia yang sering digunakan sebagai agen pelembut dan eksfolian dalam produk perawatan rambut. Kandungan ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati, namun memiliki risiko membuat kulit menjadi kering.

Peluang Bisnis Produk Perawatan Rambut

Dikutip dari laporan Euromonitor International yang diterbitkan pada tahun 2023, pasar perawatan rambut di Indonesia memiliki nilai hampir 20 miliar rupiah, dan diproyeksikan akan tumbuh dengan CAGR lebih dari 5% selama periode 2021-2026, mencapai nilai sebesar 35 miliar rupiah pada tahun 2026. Produk perawatan kulit kepala khususnya menyumbang sekitar 40% dari total pasar perawatan rambut di Indonesia.

Selama lima tahun terakhir, kesadaran konsumen terhadap perlunya merawat kesehatan rambut dan kulit kepala meningkat, terutama mengingat kondisi cuaca dan iklim yang tidak mendukung di Indonesia, sehingga mendorong permintaan produk perawatan rambut di pasar. 

Potensi bisnis produk perawatan kulit kepala di Indonesia sangat cerah berkat sejumlah faktor berikut:

  • Populasi Besar dan Terus Berkembang: Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara paling padat penduduk di dunia, dengan lebih dari 273 juta penduduk. Jumlah penduduk yang melimpah ini memberikan pangsa pasar yang besar untuk produk perawatan kulit kepala.
  • Peningkatan Penghasilan yang Stabil: Ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang konsisten, menyebabkan peningkatan pendapatan yang dapat dihabiskan oleh masyarakat. Peningkatan daya beli ini berarti meningkatnya pengeluaran untuk produk perawatan pribadi, termasuk perawatan kulit kepala.
  • Permintaan Meningkat untuk Perawatan Kulit Kepala yang Khusus: Konsumen mencari produk perawatan kulit kepala yang dapat mengatasi masalah tertentu seperti ketombe, kekeringan, kerontokan rambut, dan rambut yang mudah patah. Permintaan akan produk khusus ini membuka peluang untuk inovasi dan perbedaan di pasar.
  • Perubahan Preferensi Konsumen: Konsumen lebih memilih produk perawatan rambut yang alami dan organik, dipicu oleh kekhawatiran terhadap penggunaan bahan kimia berbahaya dan keinginan untuk opsi yang ramah lingkungan. Tren ini menciptakan pasar spesifik untuk produk perawatan kulit kepala alami.
  • Pertumbuhan Platform E-commerce: E-commerce tumbuh dengan pesat di Indonesia, sehingga memberikan akses yang mudah ke berbagai produk perawatan kulit kepala. 
  • Pengaruh Media Sosial dan Tren Kecantikan: Media sosial berperan besar dalam membentuk persepsi dan preferensi konsumen. Dengan memanfaatkan saluran ini, merek perawatan kulit kepala dapat mempromosikan produk mereka dan mencapai audiens yang lebih luas.

Secara keseluruhan, prospek bisnis untuk produk perawatan kulit kepala di Indonesia sangat positif. Merek perawatan kulit kepala yang mampu menyediakan produk inovatif, efektif, dan berorientasi pada konsumen memiliki peluang baik untuk sukses di pasar yang menjanjikan ini.

Kembangkan Produk Eksfoliasi Kulit Kepala dengan Indocare B2B!

Indocare B2B, berdiri sejak 1988, telah membuktikan keunggulannya sebagai mitra terpercaya dalam industri personal care di Indonesia. Dengan fokus pada kualitas dan inovasi, Indocare B2B kapabel dalam mengembangkan produk eksfoliasi kulit kepala yang unggul. 

Dukungan penuh dari tim ahli, fasilitas produksi berteknologi tinggi, dan pengalaman panjang dalam menciptakan produk personal care menjadikan Indocare B2B pilihan ideal. Dengan kerja sama bersama, produk impian Anda tidak hanya akan terwujud, tetapi juga memenuhi standar kualitas tertinggi untuk memenangkan hati konsumen di pasar yang semakin kompetitif.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya