Fungsi Serum Wajah dan Tren Kandungannya

Fungsi Serum Wajah dan Tren Kandungannya

Serum merupakan salah satu jenis produk wajib dalam perawatan kulit. Dengan kandungan aktifnya, jenis produk ini bisa mengatasi masalah kulit yang spesifik, seperti flek hitam, jerawat, hingga pori-pori. Sebelum memulai pengembangan produknya, Anda perlu tahu apa saja manfaat dan fungsi serum wajah berdasarkan jenis serum yang ada di pasaran. 

Fungsi Serum Wajah

Berikut ini adalah fungsi serum wajah yang telah diklasifikasikan berdasarkan jenis serum yang tersedia di pasar.

Serum Anti-aging

Serum anti-aging merupakan solusi cerdas untuk menjaga kulit tetap muda. Beberapa kandungan yang dapat membuat kulit lebih lembut dan lebih muda ialah retinol untuk merangsang regenerasi kulit, peptida untuk meningkatkan produksi kolagen, dan hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan kulit. Secara umum, fungsi serum wajah dengan tujuan anti-aging dapat mengurangi garis halus, kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Hydrating Serum

Ketika kulit membutuhkan suntikan kelembapan ekstra, hydrating serum menjadi pilihan yang tepat. Diformulasikan dengan hyaluronic acid, glycerin, dan ceramides, serum ini memberikan kelembapan intensif, melawan dehidrasi, dan memberikan tampilan kulit yang bercahaya. Penggunaan rutin memberikan hasil kulit yang lembut dan terhidrasi.

Serum Anti-acne

Masalah jerawat dan kulit berminyak dapat diatasi dengan serum anti jerawat. Mengandung salicylic acid, niacinamide, dan ada juga yang mengandung ekstrak green tea, untuk membantu mengurangi kemerahan, mengontrol produksi minyak, serta mengatasi masalah jerawat dan komedo. Jika digunakan rutin, serum anti-jerawat dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan segar. 

Brightening Serum

Menghadirkan kulit yang cerah dan merata, serum dengan fungsi mencerahkan atau brightening berfungsi untuk mengatasi hiperpigmentasi. Brightening serum biasanya mengandung alpha arbutin, niacinamide, dan ekstrak licorice. Dengan kandungan-kandungan ini, brightening serum mampu memudarkan noda hitam, menyamarkan bintik-bintik gelap, dan warna kulit yang lebih merata. 

Exfoliate Serum

Untuk kulit yang halus dan bersinar, exfoliate serum adalah jawabannya. Diperkaya dengan AHA, BHA, dan enzim yang berasal dari buah-buahan, serum ini mengangkat sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, dan membantu mengatasi masalah seperti pori-pori besar.

Soothing Serum

Bagi kulit yang sensitif, soothing serum adalah serum wajah yang wajib dimiliki. Soothing serum umumnya mengandung aloe vera, ekstrak chamomile, dan panthenol. Tidak hanya untuk kulit sensitif, soothing serum juga cocok untuk meredakan sunburn namun masih tetap ingin mendapatkan manfaat dari serum itu sendiri. 

Tren Kandungan Serum Wajah

Kami mengerti bahwa Anda ingin mengembangkan produk yang berbeda namun efektif untuk memecahkan masalah kulit konsumen. Berikut ini 7 bahan utama dalam produk serum wajah yang sudah kami rangkum, dan diprediksi akan memiliki permintaan yang tinggi 5 tahun mendatang. 

Peptida

Peptida adalah molekul kecil yang terdiri dari asam amino, dan berperan penting dalam mendorong produksi kolagen dan elastin. Kandungan ini dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan, sehingga wajah tampak lebih kenyal dan muda. 

Retinol

Salah satu kandungan yang masih akan tetap populer beberapa tahun mendatang ialah retinol. Retinol yang merupakan derivatif dari vitamin A, adalah kandungan yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur, dan mengatasi masalah hiperpigmentasi. 

Ekstrak Botani

Ekstrak botani seperti berasal dari berbagai tanaman seperti Centella asiatica, Rosehip, Licorice, dan Calendula. Tanaman alami memiliki berbagai nutrisi seperti antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mendukung kesehatan kulit, melindungi kulit dari bahaya polusi dan sinar matahari. 

Prebiotik

Tidak semua bakteri dalam kulit bersifat jahat. Nah, prebiotik mampu merangsang pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri baik pada kulit, menciptakan lingkungan mikrobiota yang sehat. Hasilnya, prebiotik dapat menjaga kulit dari paparan lingkungan yang berbahaya, menjaga keseimbangan bakteri kulit, dan mengurangi risiko peradangan seperti jerawat dan inflamasi. 

Astaxanthin

Astaxanthin, pigmen alami dari alga dan krustasea, dikenal sebagai antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas. Fungsi serum wajah yang mengandung astaxanthin dapat melindungi kulit dari stres oksidatif, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

PHA

Polyhydroxy acids (PHA) adalah kelompok asam hidroksi (hydroxy acid) dengan efek eksfoliasi yang lembut. Cocok untuk kulit sensitif, PHA memberikan perawatan tekstur kulit tanpa risiko iritasi, dan dapat merangsang regenerasi sel kulit.

Sea Buckthorn Oil

Kandungan serum terakhir yang diprediksi akan menguasai pasar adalah sea buckthorn oil. Sea buckthorn oil, diekstrak dari buah sea buckthorn, kaya akan asam lemak esensial, antioksidan, dan vitamin. Fungsi serum wajah yang mengandung sea buckthorn oil ialah memberikan kelembapan intensif, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, dan meregenerasi kulit secara menyeluruh sehingga kulit tampak lebih lembut dan kenyal.  

Bikin Serum Merek Sendiri Sekarang!

Di Indocare B2B, Anda bisa mengembangkan produk kecantikan seperti serum wajah dengan kandungan inovatif dan modern seperti di atas. Produk-produk serum wajah yang dikembangkan oleh Indocare B2B didukung oleh bahan-bahan utama terpilih, serta riset dan pengembangan (R&D) yang komprehensif. 

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya