Gluconolactone: Pengertian, Sumber, dan Manfaatnya untuk Kulit

Gluconolactone: Pengertian, Sumber, dan Manfaatnya untuk Kulit

Gluconolactone adalah senyawa kimia yang semakin populer di dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit. Apa itu dan apa manfaatnya untuk kulit? Simak informasinya di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, perusahaan maklon kosmetik yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun menciptakan dan mengembangkan produk skincare dan kosmetik lokal.

Apa itu Gluconolactone?

Gluconolactone atau glukonolakton adalah senyawa organik yang tergolong dalam kelompok polyhydroxy acids (PHA). PHA belakangan menjadi salah satu unggulan produk skincare dalam mengeksfoliasi wajah

Gluconolactone berasal dari glukosa dan secara alami dapat ditemukan dalam buah-buahan, madu, dan produk pangan fermentasi.

Apa Saja Manfaat Gluconolactone?

Gluconolactone, senyawa kimia yang memiliki struktur delta-lactone dan merupakan anggota kelompok PHA, memiliki beragam aplikasi di berbagai industri.

Salah satu bidang yang semakin mendominasi penggunaannya adalah dalam produk-produk kecantikan dan perawatan kulit.

1. Mengeksfoliasi Kulit

Salah satu penggunaan utama gluconolactone adalah dalam produk perawatan kulit, terutama yang dirancang untuk eksfoliasi.

Gluconolactone berfungsi sebagai eksfolian yang lebih lembut dibandingkan dengan beberapa bahan kimia eksfoliasi lainnya seperti asam glikolat (glycolic acid) atau asam salisilat (salicylic acid).

Ini membuatnya cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif. Dengan mengangkat sel-sel kulit mati, gluconolactone membantu merangsang regenerasi kulit baru, menghasilkan kulit yang lebih cerah dan halus.

2. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Gluconolactone mengandung antioksidan, meskipun tidak dapat disamakan dengan antioksidan tradisional seperti vitamin C atau vitamin E dalam hal cara kerja atau efektivitas.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa gluconolactone dapat membantu melawan kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV).

Diketahui bahwa glukonolakton memiliki sifat chelating yang memungkinkannya untuk mengikat radikal bebas yang merusak kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

3. Menghalau Pertumbuhan Bakteri

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang kuat, banyak ahli meyakini bahwa gluconolactone dapat berperan sebagai antimikroba.

Ini adalah alasan mengapa produk perawatan kulit yang mengandung gluconolactone dapat membantu mencegah dan melawan pertumbuhan bakteri penyebab masalah kecantikan, seperti jerawat, komedo, dan beruntusan.

4. Melembapkan Kulit

Gluconolactone juga memiliki sifat higroskopis, yang berarti ia dapat menarik dan mengunci kelembapan dalam kulit.

Ini menjadikannya komponen yang berharga dalam produk-produk perawatan kulit yang dirancang untuk menjaga hidrasi dan elastisitas kulit.

5. Mencegah Penuaan

Glukonolakton ini juga ditemukan dalam produk-produk antiaging karena kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Jenis PHA ini dapat membantu mengurangi kerutan, garis-garis halus, dan hiperpigmentasi, sehingga memberikan tampilan kulit yang lebih muda dan sehat, seperti yang diungkapkan pada studi yang berjudul “A Polyhydroxy Acid Skin Care Regimen Provides Antiaging Effects Comparable to an Alpha-Hydroxy Acid Regimen” 

Pada studi tersebut, glukonolakton dinilai lebih ringan dan lembut dibanding eksfolian AHA, namun tetap memberikan efek antiaging yang serupa. 

6. Memperbaiki Tekstur dan Warna Kulit Tidak Merata

Sebagai salah satu jenis eksfolian, glukonolakton bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Hal ini membuat kulit menjadi lebih halus dan lebih cerah seiring waktu. 

Produk skincare yang mengandung glukonolakton dapat membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit yang tidak merata tanpa menyebabkan reaksi kulit negatif seperti iritasi dan kemerahan.

7. Lebih Aman untuk Kulit Sensitif

Salah satu keunggulan signifikan gluconolactone adalah ukuran molekulnya yang lebih besar dibandingkan dengan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid).

Ini berarti gluconolactone tidak akan meresap terlalu dalam ke lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga menjadi pilihan yang lebih aman bagi individu dengan kulit sensitif.

Selain itu, glukonolakton juga memberikan sifat yang menenangkan sehingga mampu menjaga kelembapan kulit. 

Kenapa Glukonolakton Berbeda?

Glukonolakton mengalami pertumbuhan progresif di industri skincare Indonesia dibanding dengan eksfolian lain seperti AHA dan BHA. Ini disebabkan oleh sifatnya yang lebih lembut dan multifungsi, sehingga cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. 

Pertumbuhan kandungan ini juga dipicu oleh tren kecantikan Korea. Produk skincare Korea terkenal dengan bahan-bahannya yang inovatif dan efektif, dan gluconolactone adalah salah satu bahan yang belakangan banyak digunakan di produk perawatan kulit Korea. 

Menurut laporan dari Future Market Insights, pasar glukonolakton secara global dalam industri perawatan kulit diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 8% dari tahun 2023-2033.

Meningkatnya popularitas produk perawatan kulit Korea ini kemungkinan akan meningkatkan permintaan produk yang mengandung gluconolactone di periode mendatang. 

Jika rencana bisnis kosmetik Anda adalah kandungan glukonolakton, Indocare B2B dapat membantu Anda dalam pabrikasi. Dengan MOQ yang fleksibel dan proses manufaktur yang telah terstandardisasi BPOM, produk skincare Anda akan dapat memasuki pasar dengan cepat dan tentu efektif menjadi solusi masalah kulit target pasar Anda. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprillia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.