9 Manfaat Grape Seed untuk Kesehatan

9 Manfaat Grape Seed untuk Kesehatan

Biji anggur (grape seed) merupakan biji tanaman yang sering dimanfaatkan pada suplemen kesehatan. Biji anggur kaya akan antioksidan, sehingga manfaatnya tersebar dari mencegah stres oksidatif, menjaga kesehatan kulit, hingga melawan inflamasi. Berikut ini adalah 10 manfaat biji anggur untuk kesehatan. 

Nutrisi dalam Grape Seed

Grape seed memiliki khasiat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi dan mineral seperti di bawah ini:

  • Antioksidan: proanthocyanidin, resveratrol, dan flavonoid
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Asam Lemak Esensial: omega-6
  • Mineral: magnesium dan kalsium
  • Serat

Manfaat Grape Seed

Kandungan anggur yang ditemukan pada suplemen kesehatan atau makanan berasal dari biji anggur yang diekstraksi, juga disebut Grape Seed Extract (GSE). Terkenal akan kandungan antioksidannya, menjadikan GSE populer dalam pendukung kesehatan tubuh, terkhusus untuk kesehatan jantung, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. 

Berikut 8 manfaat biji anggur yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan

Melawan Stres Oksidatif

Stres oksidatif terjadi karena ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dan jumlah antioksidan dalam tubuh, sehingga menyebabkan kerusakan sel dan jaringan. Stres ini dapat memicu penyakit kardiovaskular, kanker, dan penurunan fungsi kognitif. 

Ekstrak biji anggur (GSE) kaya akan antioksidan seperti proanthocyanidin dan resveratrol, yang dapat membantu melawan stres oksidatif dengan menetralisir jumlah radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel-sel.

Mendukung Kesehatan Otak

Biji anggur telah menjadi subjek penelitian yang menarik dalam menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Kombinasi proanthocyanidin dan resveratrol menunjukkan potensi dalam melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif yang dapat memicu kedua penyakit ini. 

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Proanthocyanidin dalam grape seed dapat mencegah kerusakan gigi dan membentuk lapisan pelindung pada enamel gigi. Studi yang dipublikasikan oleh Universitas Indonesia pada tahun 2022, menunjukkan bahwa GSE membantu menjaga kekerasan mikro dentin (enamel) di saluran akar. 

Biji anggur juga mengandung magnesium dan kalsium, yang merupakan komponen pendukung kepadatan tulang. Oleh karena itu, biji anggur memiliki fungsi ganda, yaitu memperkuat gigi serta kesehatan tulang. 

Membantu Detoksifikasi pada Hati

Organ hati atau liver bisa mengalami kerusakan akibat radikal bebas. GSE, dengan bantuan antioksidannya bekerja untuk melindungi sel-sel hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Sehingga, kesehatan organ hati menjadi lebih optimal dalam menjalankan perannya sebagai organ detoksifikasi tubuh dari racun berbahaya. 

Merawat Fungsi Ginjal

Radikal bebas sangat buruk untuk tubuh dan organ-organnya, terutama ginjal. Radikal bebas dapat mengakibatkan peradangan dan stres oksidatif yang mengganggu fungsi dan kesehatan ginjal. 

Proanthocyanidin, yang bekerja sebagai antioksidan dapat mengurangi beban oksidatif pada ginjal dan mengurangi risiko penyakit ginjal yang terkait dengan peradangan atau kerusakan sel-sel ginjal.

Mencegah Risiko Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grape seed sangat baik untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Mekanisme ini termasuk sebagai pencegah perkembangan kanker yang terjadi karena kerusakan DNA. 

Selain peran antioksidan, biji anggur juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan, sehingga dapat meminimalkan risiko kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, dan lambung. 

Ekstrak biji anggur merupakan agen penghambat angiogenesis alami yang dapat ditoleransi oleh tubuh. Penghambat angiogenesis adalah substansi yang berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan, yang dapat terjadi pada kasus kanker. Dalam pengobatan kanker, penghambat angiogenesis digunakan agar kanker tidak dapat tumbuh dengan cepat. 

Melancarkan Aliran Darah

Aliran darah yang baik berfungsi dalam memasok oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, dan apabila terganggu, dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan sirkulasi. 

Biji anggur dapat menjaga kesehatan kardiovaskular dan mencegah risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan aliran darah. 

Memelihara Tekanan Darah

Manfaat Grape Seed Extract (GSE) yang lainnya ialah mampu meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Proanthocyanidin dalam biji anggur akan menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah. 

Biji anggur juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, sehingga membantu melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi termasuk sebagai faktor risiko berbagai penyakit kardiovaskular, misalnya jantung, stroke, dan gagal jantung. 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat ekstrak biji anggur yang terakhir adalah mempercepat proses penyembuhan luka luar. Ini terjadi karena grape seed dapat merangsang pertumbuhan kolagen, protein yang penting untuk pembentukan jaringan sehingga luka lebih cepat sembuh. 

Tidak hanya itu, biji anggur juga mempunyai sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi pada luka. 

Bikin Produk Grape Seed Sekarang!

Indocare B2B, manufaktur suplemen, memberikan komitmen dalam mengembangkan suplemen kesehatan dengan bahan baku grape seed yang unggul. Dengan manfaat yang melimpah, biji anggur dapat menjadi solusi kesehatan yang mudah dan terjangkau untuk pasar Indonesia. 

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas di industri suplementasi, Indocare B2B siap menjadi mitra yang dapat Anda andalkan dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan memanfaatkan potensi sumber alami ini. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya