A-Z Tentang Hybrid Sunscreen

A-Z Tentang Hybrid Sunscreen

Sunscreen adalah produk skincare wajib di Indonesia. Jika tidak digunakan, masalah kulit seperti garis halus dan bintik-bintik hitam tidak akan bisa dihindari. Namun ada salah satu jenis sunscreen yang sedang banyak dicari yaitu hybrid sunscreen atau sunscreen kombinasi. 

Apa Itu Hybrid Sunscreen?

Hybrid sunscreen merupakan inovasi dalam industri skincare. Sunscreen yang dikenal juga dengan sunscreen kombinasi ini merupakan gabungan physical dan chemical sunscreen. 

Physical sunscreen mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang akan menciptakan lapisan fisik untuk memantulkan sinar UV agar tidak diserap oleh kulit. 

Chemical sunscreen atau tabir surya kimia menggunakan senyawa kimia untuk menyerap dan mengubah sinar matahari menjadi panas. Tabir surya kimia akan menyerap sinar matahari yang berbahaya untuk kulit, sehingga kulit terhindar dari bahaya sinar matahari. 

Sementara hybrid sunscreen menggunakan kandungan dari physical sunscreen seperti zinc oxide dan menyerap sinar UV melalui komponen kimia menyerupai karakteristik chemical sunscreen

Apa Jenis Kulit yang Cocok untuk Hybrid Sunscreen?

Hybrid sunscreen cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit normal, berminyak, dan sensitif. Kombinasi antara karakteristik physical dan chemical pada hybrid sunscreen memberikan perlindungan ganda dan efektif, yang dibutuhkan oleh semua jenis kulit. Kulit berjerawat dan kering pun juga bisa menggunakan sunscreen kombinasi ini. 

Kenapa Hybrid Sunscreen Lebih Bagus?

Hybrid sunscreen memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik dibandingkan dengan physical atau chemical sunscreen

  • Double protection terhadap sinar UVA dan UVB
  • Tekstur lebih ringan dan mudah menyerap
  • Tidak meninggalkan whitecast dan rasa lengket
  • Dapat digunakan setiap hari
  • Cocok untuk semua jenis kulit dan usia

Bagaimana Membuat Produk yang Antigagal?

Hybrid sunscreen memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia. Sebagai wilayah dengan paparan sinar matahari sepanjang tahun, membuat potensi segmen ini di Indonesia sangat besar. 

Sunscreen kombinasi adalah solusi yang menarik untuk Smartpreneur yang memiliki target pasar dan manfaat produk yang luas. Namun bagaimana sebenarnya membuat produk yang diterima oleh pasar dan dapat bertahan dalam waktu yang lama? 

Memberikan Perlindungan Esktra

Hal pertama yang menjadi perhatian Smartpreneur adalah nilai atau manfaat lebih yang ditawarkan oleh produk. Sunscreen kombinasi memang memberikan perlindungan dobel dibanding sunscreen konvensional, namun itu saja tidak cukup. Anda harus bisa mengembangkan produk multifungsi, misalnya dapat mencerahkan wajah atau mengurangi hiperpigmentasi. 

Memiliki Tekstur Ringan

Mengingat sunscreen seringkali digunakan sebagai langkah awal dalam rutinitas penggunaan skincare di pagi hari, produk yang Anda kembangkan juga wajib memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap. Produk yang ringan akan memberikan kenyamanan pada konsumen tanpa rasa berat atau lengket sama sekali. 

Bersifat Non-comedogenic

Tekstur yang berat dan penggunaan bahan kimia yang tidak tepat pada sunscreen dapat menghambat pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat maka sebum akan menumpuk sehingga menyebabkan komedo dan jerawat. Dengan R&D dan formulasi yang tepat, mengembangkan hybrid sunscreen non-comedogenic adalah perkara mudah. 

Memiliki Bahan Aktif yang Aman

Konsumen semakin mencari produk yang menggunakan bahan-bahan aktif dan inovatif, yang terbukti efektif menjaga kulit dari bahaya sinar UV. Contoh kandungan bahan aktif yang sangat efektif dan semakin populer adalah Hyaluronic Acid dan Polydopamine. Pastikan juga formula yang ingin Anda gunakan aman untuk semua golongan, terutama wanita hamil dan menyusui. 

Lulus Uji Klinis

Uji klinis merupakan tahap penting ketika ingin mengembangkan produk skincare. Uji klinis mencakup uji keamanan, efikasi, hingga penilaian terhadap kenyamanan dan kompatibilitas dengan berbagai jenis kulit. Ketika produk lulus uji klinis, hal tersebut merupakan jaminan bagi konsumen bahwa produk yang mereka gunakan telah diuji secara ilmiah dan memenuhi standar yang ketat. 

Ciptakan Hybrid Sunscreen Sendiri dengan Indocare B2B!

Jika Anda tertarik terjun ke industri kecantikan dengan produk hybrid sunscreen, Indocare B2B bisa membantu Anda memproses produknya. Proses pengembangan produk di Indocare B2B telah sesuai dengan regulasi kosmetik dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Halal. 

Dengan fokus pada kualitas, keamanan, dan kepatuhan peraturan, Indocare B2B memiliki reputasi sebagai manufaktur yang dapat dipercaya dalam memproduksi produk perawatan kulit yang sesuai dengan standar tertinggi.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya