Penting! Ini 8 Indikator Kualitas Produk Skin Care

Penting! Ini 8 Indikator Kualitas Produk Skin Care

Menciptakan produk skin care dengan kualitas yang terbaik adalah hal yang sangat penting bagi Smartpreneur. Anda harus tahu apa saja indikator kualitas produk, mengingat persaingan di industri kosmetik saat ini semakin tinggi. 

Anda juga harus memastikan produk yang ditawarkan termasuk produk unggulan dan favorit konsumen. Lalu, seperti apa indikator yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas produk skin care? Lanjutkan membaca artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Indikator Kualitas Produk

Ada beberapa indikator yang harus Anda penuhi untuk menentukan seberapa baik kualitas produk skin care, yaitu:

Bahan-bahan berkualitas

Dalam industri skin care, menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi tidak bisa diabaikan. Kualitas bahan yang digunakan dapat secara langsung memengaruhi efektivitas produk dalam merawat dan memperbaiki kondisi kulit. 

Bahan-bahan berkualitas tinggi cenderung lebih murni, bebas dari kontaminasi atau zat tambahan yang merugikan kulit. Dengan menggunakan bahan-bahan yang terbaik, manfaat yang dihasilkan juga lebih konsisten dan aman, tanpa risiko efek samping yang tidak diinginkan. 

Uji Klinis

Indikator kualitas produk kedua adalah uji klinis. Proses ini adalah tahap krusial dalam pengembangan produk skin care. Uji klinis memberikan bukti empiris bahwa suatu produk benar-benar dapat memberikan hasil yang dijanjikan dan aman digunakan pada kulit. 

Untuk melakukan uji klinis, peneliti akan merancang studi klinis yang sesuai dengan tujuan produk, contohnya mengurangi keriput. Setelah itu, mereka akan merekrut sejumlah peserta yang mewakili kelompok sasaran produk. 

Selama periode ini, peserta akan menggunakan produk tersebut sesuai petunjuk, dan perubahan pada kulit mereka akan terus dipantau dan diukur dengan alat dan metode tertentu. 

Kualitas uji klinis juga mencerminkan komitmen produsen skin care terhadap transparansi dan integritas, yang merupakan aspek penting dalam membangun kepercayaan konsumen. 

Efikasi

Anda juga perlu memperhatikan aspek manfaat produk dalam menentukan kualitas produk. Manfaat dari suatu produk skin care harus Anda perhatikan dengan tepat, sehingga konsumen tertarik untuk membeli. 

Karena konsumen biasanya hanya membeli produk yang memiliki manfaat yang sesuai dengan ekspektasinya. Manfaat yang efektif juga berarti produk skincare mampu memberikan hasil yang konsisten, bukan hanya efek sementara yang menghilang setelah pemakaian.

Keamanan

Indikator kualitas produk selanjutnya yaitu keamanan produk yang dapat Anda buktikan dari aktivitas uji klinis sebelumnya. Selain dari uji klinis, keamanan produk juga bisa Anda berikan jaminannya kepada target pasar dengan melakukan uji laboratorium, mendaftarkan produk pada sertifikasi Halal BPJPH, serta sertifikasi lainnya yang sejenis.

Fitur 

Indikator produk berkualitas juga berkaitan dengan ciri-ciri atau features dari suatu produk. Fitur ini adalah karakteristik sekunder yang dapat mendukung fungsi utama suatu produk. Anda bisa menentukan karakteristik seperti apa yang masih relevan dengan pengembangan produk skin care Anda. 

Daya Tahan

Daya tahan atau ketahanan produk biasanya dapat Anda ketahui dari masa kadaluarsa atau berapa lama produk skin care dapat digunakan oleh konsumen. Umumnya, konsumen lebih menyukai produk dengan daya tahan yang lebih lama. Misalnya, untuk jenis skin care yang dipakai setiap hari, seperti produk exfoliating toner.

Gaya

Gaya atau style sebagai salah satu indikator kualitas produk, berkaitan erat dengan penampilan luar produk. Anda perlu mempertimbangkan hal ini, karena dapat mempengaruhi kesan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Anda bisa memberikan kesan menarik pada tekstur, warna, dan aroma. Misalnya, Anda ingin memakai tema floral pada produk skin care. Anda bisa menampilkan berbagai varian bunga dan menyesuaikan aromanya.

Labeling

Labeling adalah semua hal yang berhubungan dengan informasi dan keistimewaan produk. Mulai dari nama produk, manfaat produk, ingredients, tanggal kedaluwarsa, hingga label halal MUI. 

Anda dan tim kreatif harus membuat desain label produk yang menarik dan berbeda dari kompetitor. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain ini berdasarkan identitas produk Anda! 

Misalnya, Anda menjual produk skin care masker wajah berbahan teh hijau bubuk, maka Anda bisa menggunakan warna hijau sebagai warna label produk.

Siap Menerapkan 8 Indikator Kualitas Produk?

Indikator kualitas produk terdiri dari bahan-bahan berkualitas, uji klinis, efikasi, keamanan, fitur, daya tahan, gaya, dan labeling.  Anda harus bisa menjaga kualitas produk skin care, agar dapat meningkatkan daya saing produk dan membangun kepercayaan konsumen. 

Anda memiliki brand skin care sendiri, namun masih bingung untuk mengembangkannya? Cobalah untuk bekerja sama dengan perusahaan maklon skin care Indocare B2B

Indocare B2B bisa membantu Anda untuk menjaga kualitas produk secara keseluruhan, karena sudah bersertifikat resmi halal BPJPH dan menerapkan ISO. Jadi, produk Anda bisa lebih mudah diterima dengan antusias di pasar.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.