6 Jenis Pomade yang Bisa Anda Pilih Sebagai Ide Bisnis

6 Jenis Pomade yang Bisa Anda Pilih Sebagai Ide Bisnis

Pasar pomade global yang diproyeksikan akan terus tumbuh hingga 4,5% sampai tahun 2023 dengan target market yang luas, tentu menjadi peluang yang bagus untuk memulai bisnis pomade. Namun sebelum itu, kenali dulu berbagai jenis pomade sebelum Anda memutuskan untuk menjualnya.

Apa Itu Pomade?

Pomade adalah salah satu produk perawatan andalan para pria untuk membantu rambut mereka tetap tertata rapi dalam jangka waktu yang lama. Berdasarkan jenisnya, pasar pomade global tersegmentasi menjadi beberapa varian, yaitu water-based, oil-based, hingga organic.

Tidak seperti hairspray atau gel rambut yang mudah kering, pomade memiliki daya rekat yang relatif lebih tahan lama dan fleksibel. Formulasinya pun bisa disesuaikan, seperti level daya rekatnya, tingkat matte-nya, dan untuk jenis rambut apa (lurus, keriting, tipis, tebal, atau untuk semua jenis rambut).

Apa Saja Jenis Pomade?

Saat ini, setidaknya terdapat 6 jenis pomade berdasarkan bahan dasar pembuatannya, yakni:

Water-Based Pomade

Seperti namanya, jenis pomade ini berbahan dasar air. Produk ini sangat sempurna untuk konsumen pria yang ingin membuat rambutnya tetap terjaga bentuknya, namun tetap terlihat alami. Sayangnya, karena berbahan dasar air, level daya rekatnya lebih rendah dibandingkan dengan varian pomade lainnya.

Oil-Based Pomade

Kebalikan dari pomade berbahan dasar air, pomade yang berbahan dasar minyak (oil-based) memiliki daya rekat yang sangat baik dan tahan lama. Meski dalam kondisi berkeringat atau kehujanan, rambut tetap tidak akan mudah berantakan. 

Karena berbahan dasar minyak, produk ini tidak akan membuat rambut konsumen Anda mudah kering atau kaku. Inilah yang membuat pomade oil-based akan sangat cocok bagi konsumen pria yang sibuk atau dengan mobilitas luar ruangan yang tinggi.

Namun, karena daya rekatnya yang tinggi ini, oil-based pomade biasanya sulit untuk dibersihkan. Pemakainya harus rajin keramas untuk membersihkan kotoran dan debu yang banyak menempel di rambutnya.

Gel Pomade

Dari namanya, Anda mungkin sudah tahu bahwa jenis pomade ini berbentuk gel, yang terbuat dari material gel rambut dan air. Produk pomade ini cocok bagi Anda yang ingin menyasar target pasar yang memiliki mobilitas tinggi, seperti public figure.

Karena pomade ini mampu dengan cepat membentuk rambut model spikey atau lancip, hasil akhirnya juga membuat rambut penggunanya menjadi lebih halus dan ringan.

Clay Pomade

Jika Anda menyasar target konsumen dengan preferensi yang spesifik, seperti jenis rambut dan hairstyle tertentu, maka pomade yang berbahan dasar clay bisa jadi produk yang tepat. Jenis pomade ini memiliki konsistensi yang kaku dan kental, sehingga membuat rambut akan tampak lebih bervolume. 

Selain itu, pomade ini juga memiliki daya rekat yang cukup tinggi, namun tidak terlalu mengkilap. Jadi, hasil akhirnya lebih matte, cocok untuk gaya rambut bervolume, tapi tetap terasa ringan.

Cream Pomade

Bagi Anda yang ingin mengembangkan produk pomade dengan kemampuan memberikan kelenturan dan kekuatan sekaligus, pilihlah cream pomade. Produk ini umumnya terbuat dari bahan yang mengandung pelembab, seperti minyak alami atau asam amino sutra yang sangat ideal untuk tipe rambut yang kasar, tebal, dan keriting.

Produk pomade ini bisa digunakan pada rambut basah atau kering untuk menjinakkan rambut yang berantakan secara instan. Cocok bagi target konsumen yang ingin tampil santai, tanpa kilau rambut yang berlebihan.

Organic Pomade

Jika Anda ingin membangun bisnis pomade yang belum memiliki banyak pesaing, coba kembangkan produk organic pomade. Sesuai namanya, pomade ini terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga jauh lebih sehat daripada jenis pomade lainnya. Hasilnya pun terlihat lebih berkilau, wanginya natural, dan sangat lembut di rambut.

Jenis Pomade Mana yang Ingin Anda Buat?

Sebelum Anda mulai mengembangkan produk pomade, tentukanlah bahan dasarnya, water atau oil-based, juga jenis pomade yang Anda inginkan, entah itu clay, cream, atau yang lainnya. Tingkat daya rekat dan kilaunya juga perlu Anda pertimbangkan.

Jika Anda berpikir membuat pomade itu susah, mengapa Anda tidak coba bekerja sama dengan maklon hair care dari Indocare B2B untuk

 membantu Anda? 

Maklon hair care dari Indocare B2B banyak dimanfaatkan oleh Smartpreneur yang ingin memiliki produk sendiri, hingga mereka yang ingin atau sedang merintis usaha salon atau barber. 

Tidak perlu pusing soal produksi barang, perizinan, atau riset produk. Anda hanya perlu fokus pada strategi marketing dan penjualan produk saja, jika bekerja sama dengan Indocare B2B.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya