Memilih-Maklon-Skin-Care

Jurus Jitu Memilih Maklon Skin Care

Perusahaan Anda memutuskan untuk menggunakan jasa maklon skin care atau kontrak manufaktur untuk produk yang akan dipasarkan tahun depan. Anda diberi tugas untuk mencari maklon skin care yang terbaik. Sudah tahu kriteria apa saja yang harus dinilai?

Maklon sendiri adalah jasa pembuatan produk oleh pihak lain. Maklon berasal dari bahasa Belanda ”makloon”, biasa dikenal dengan istilah CMT (cut make trim) yang merupakan usaha jasa pembuatan sebuah produk, baik secara keseluruhan proses atau satu bidang saja.

Kriteria Maklon Skin Care Yang Sempurna

Berikut beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk memilih maklon skin care:

1. Terbiasa mengurus registrasi produk ke BPOM.

Kenapa hal ini penting? Sebab izin BPOM membuktikan kalau produk yang dibuat tidak memakai zat-zat berbahaya pada kulit dan tubuh. Jika Anda ingin menciptakan produk baru, sebisa mungkin memilih maklon yang bisa mengurus registrasi produk Anda ke BPOM. Sebab prosesnya dapat menyita waktu yang cukup lama.

2. Berpengalaman.

Pastikan memilih maklon skin care yang sudah berpengalaman. Hal ini dianjurkan untuk meminimalisir risiko kegagalan maklon memproduksi produk sesuai kriteria Anda dan gagal memenuhi kuantitas produk yang Anda inginkan.

3. Memiliki kemampuan one stop shop atau layanan satu pintu.

Kemampuan one stop shop atau layanan satu pintu itu terdiri dari membuat konsep  produk, formulasi produk, melakukan tes stabilitas dan kompatibilitas produk, desain produk, registrasi serta kemampuan memproduksi massal.

4. Berkomitmen terhadap kualitas barang.

Pastikan maklon yang Anda pilih menunjukkan komitmen terhadap khasiat dan keamanan setiap produk yang dihasilkan. Pilihlah maklon yang memiliki sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) dari BPOM dan mendapatkan akreditasi Sistem Jaminan Halal (SJH) dari MUI.

5. Pilihlah maklon yang berintegritas.

Apa maksudnya? Pilihlah maklon yang tidak menjual kembali formula yang dikembangkan bersama perusahaan Anda ke perusahaan lain. Kenapa? Agar perusahaan Anda memiliki produk yang unik di pasaran.

6. Memiliki jaringan suppliers luas dan terintegrasi.

Maklon yang memiliki jaringan suppliers luas, membuatnya efisien dalam melakukan pengadaan bahan baku dasar, produksi, kemasan, pengiriman produk, penyimpanan produk dan penjualan produk.

7. Pabrik yang memenuhi standar.

Pilihlah maklon yang memiliki pabrik sesuai GMP (Good Manufacturing Practice), dimana pabrik tersebut memenuhi regulasi pemerintah dan sesuai dengan standar internasional. GMP ini mengatur aspek-aspek penting produksi produk seperti bangunan dan fasilitas pabrik, peralatan, sanitasi dan kebersihan, jaminan kualitas, dokumentasi, dan penarikan produk.

8. Memiliki tenaga riset dan pengembangan produk (R&D) yang inovatif.

Jika maklon yang Anda survey memiliki tim riset dan pengembangan produk yang inovatif, maka hal itu merupakan sebuah nilai plus.

Kenapa Harus Maklon Skin Care?

Bekerja sama dengan maklon skin care dalam hal memproduksi sebuah produk, merupakan salah satu solusi efektif dan efisien. Kenapa? Berikut beberapa kelebihan yang bisa diperoleh jika bekerja sama dengan maklon:

  • Tidak perlu investasi dana besar untuk membeli mesin-mesin produksi produk skin care.
  • Anda tidak harus mencari lokasi untuk menjadi tempat produksi produk.
  • Bisa menghemat anggaran, karena tidak harus mempekerjakan karyawan bagian produksi.
  • Sumber daya perusahaan bisa difokuskan untuk menyusun dan melaksanakan strategi pemasaran produk.
  • Dapat memilih maklon di negara berkembang yang punya biaya SDM cukup murah dan peraturan pemerintah tidak berbelit-belit, seperti Indonesia.
  • Lebih rendahnya risiko investasi sumber daya dan waktu.
  • Dapat mempercepat proses pengembangan produk dengan memanfaatkan keahlian pihak lain.
No Comments

Post A Comment