Rekomendasi Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Rekomendasi Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami, terutama pada kulit berminyak dan kombinasi. Meski tidak bisa dihilangkan, pori-pori besar bisa disamarkan dengan menggunakan skincare yang tepat. Nah, ini dia 6 kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori yang terbukti efektif. 

Penyebab Pori-pori Besar

Pori-pori yang besar bisa sangat mengganggu penampilan, apalagi ketika menggunakan makeup di siang hari. Tampilan pori-pori akan semakin jelas dan membuat kepercayaan diri menurun. 

Sebelum mengetahui kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori di wajah yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mengembangkan produk skincare, kamu perlu tahu apa penyebab pori-pori wajah membesar. 

  • Kebiasaan merokok, paparan sinar matahari berlebihan, makeup noncomedogenic atau yang bisa menyumbat pori, serta kurangnya perawatan kulit yang tepat, dapat memperbesar penampilan pori-pori.
  • Produksi minyak berlebih dan tinggi juga dapat membuat pori-pori lebih besar dan menonjol, sehingga mereka dengan kulit berminyak cenderung lebih sering memiliki pori-pori yang besar. 
  • Kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk juga bisa memicu pori-pori besar pada wajah karena akan menyumbat pori-pori sehingga memperbesar bentuk pori-pori. 

6 Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Sekarang kamu sudah tahu apa yang menyebabkan pori-pori wajah terlihat membesar dan mengganggu penampilan konsumen. Nah untuk mengecilkan dan menyamarkannya, kamu bisa menggunakan kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori seperti di bawah ini untuk inspirasi produk impianmu.  

Retinol

Retinol adalah bentuk vitamin A yang memiliki kemampuan untuk merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat dan juga dapat merangsang produksi kolagen. Sifat regeneratif dan eksfoliasinya akan membersihkan pori-pori dan membuat tekstur kulit lebih sehat dan elastis, sehingga membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Namun untuk penggunaan pertama kali mungkin akan menyebabkan iritasi kulit. 

Niacinamide

Niacinamide, atau vitamin B3, adalah salah satu kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori yang terbukti efektif. Niacinamide akan mengatur produksi minyak kulit agar tidak berlebih, sehingga memperkecil kemungkinan pori-pori tersumbat. Tidak sampai di situ, niacinamide akan membuat kulit lebih kencang, sehingga pori-pori juga tampak lebih kecil. 

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid (AHA), seperti asam glikolat dan asam laktat, juga memiliki peran sebagai kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Melalui proses eksfoliasi kimia, AHA mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang mungkin tersumbat kotoran, sehingga tampilan pori-pori menjadi lebih kecil. 

AHA juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mengencangkan kulit, dan membuat pori-pori juga tampak lebih tersamarkan dan lebih halus. 

Beta Hydroxy Acid (BHA)

Hampir sama dengan AHA, BHA atau Salicylic Acid juga bisa membantu pengguna skincare yang ingin mengecilkan pori-pori. Kamu bisa mengkombinasikan kedua bahan aktif ini ke dalam konsep produk skincare, atau membuatnya menjadi kandungan utama pada produk serum dan toner. 

BHA dapat berfungsi sebagai eksfoliator, sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati, terutama dalam pori-pori. 

Tea Tree Oil

Tahukah kamu jika pemilik kulit berminyak tidak selalu harus menghindari produk face oil? Karena ada jenis face oil yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori, seperti tea tree oil yang sudah banyak dimanfaatkan dalam merawat kulit dengan pori-pori besar. 

Bahan tea tree oil mempunyai tekstur cair, sehingga tidak berpotensi menyumbat pori-pori di wajah. Kandungan ini juga berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit, mencegah dan merawat jerawat.

Clay

Selain bahan aktif, rekomendasi kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori juga bisa dengan clay atau tanah liat yang banyak digunakan dalam produk masker. Clay memiliki kemampuan dalam menyerap minyak berlebih pada kulit, membersihkan pori-pori, dan mengangkat kotoran serta zat-zat yang dapat menyebabkan penyumbatan. 

Meskipun sudah banyak clay mask yang beredar di pasaran, kamu tetap bisa unggul dengan fokus pada faktor desain dan botol kemasan, atau kombinasi kandungan yang inovatif dan ramah untuk kulit sensitif. 

Kembangkan Produk Skincare Brand Sendiri di Sini!

Nah, ada banyak pilihan bahan skincare yang mampu membantu pori-pori wajah tampak lebih kecil, kan? Kandungan tersebut antara lain retinol, AHA, BHA, tea tree oil, dan clay. Kamu bisa menciptakan produk dengan salah satu kandungan tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit target pasar dan budget bisnismu. 

Bingung bagaimana memulai memproduksi skincare yang tepat? Segera konsultasi dengan Indocare B2B, manufaktur kontrak yang menyediakan layanan maklon skincare sejak 1988. 

Indocare B2B akan membantu kamu untuk merencanakan formulasi modern dan inovatif yang bisa mengecilkan pori-pori wajah. Mulai dari face wash, serum, toner, essence, hingga masker. 

Semua kegiatan pabrikasi, termasuk formulasi bersifat eksklusif dan hanya diciptakan untuk kamu. Indocare B2B memiliki tim R&D berpengalaman serta tim produksi yang bekerja sesuai standar CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik) dari BPOM, hingga standar pembuatan produk skincare skala internasional, yakni GMP (Good Manufacturing Practice).

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprillia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.