Kiat Terjun Ke Bisnis Kosmetik Online

Kiat Terjun Ke Bisnis Kosmetik Online

Belakangan ini, konsumen semakin menyenangi berbelanja produk kosmetik online dibandingkan melalui penjualan langsung. Apa saja kiat untuk melakukan bisnis kosmetik online?

Pada artikel ini Anda akan mendapatkan informasi seputar kiat-kiat terjun ke bisnis kosmetik online. Diskusikan pertanyaan seputar maklon personal care dengan kami disini. Ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

Saat ini, tidak mengherankan jika kita melihat para brand besar kosmetik berinvestasi pada media online. Hal ini ditempuh sebagai jalan terbaik untuk berinteraksi serta terlibat dengan konsumen mereka. Media sosial pun menjadi saluran yang penting bagi para brand besar untuk mencapai tujuan tersebut.

Menurut Euromonitor, sebuah market researcher, Facebook menjadi saluran media sosial yang paling sering digunakan oleh merek-merek kecantikan dan personal care. Namun media sosial lain seperti Instagram, YouTube, dan Twitter juga digunakan untuk mempengaruhi tren kosmetik konsumen. Lalu apa yang mesti dilakukan untuk terjun ke bisnis kosmetik online?

Tips Melakukan Bisnis Kosmetik Online

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuka bisnis kosmetik online, yaitu:

1. Buatlah online store

Untuk membuat sebuah online store sangatlah mudah. Bahkan hampir tidak memerlukan ilmu teknis website. Kenapa? Sebab saat ini banyak ditawarkan online store builder yang mudah digunakan. Contohnya seperti wix.com, shopify, squarespace, woocommerce, BigCommerce, dan masih ada lagi yang lainnya.

2. Pelajari Web Marketing

Salah satu cabang dari ilmu marketing adalah internet marketing, dimana internet digunakan sebagai saluran promosi. Web marketing biasanya terbagi menjadi social media marketing, websites marketing, dan email marketing.

Web marketing sangat penting untuk dipelajari dan dipraktekkan, sebab:

  • Konsumen potensial tidak akan menemukan online store Anda jika tidak diarahkan oleh search engine atau website-website lain.
  • Promosi di internet secara umum lebih murah daripada melalui majalah atau televisi. Hal membuat semua orang berpromosi melalui internet.
  • Jika tidak ada yang masuk untuk melihat website dan membeli produk Anda, maka percuma memiliki desain packaging menarik serta formula kosmetik yang hebat.

3. Miliki Blog

Tidak semua situs e-commerce memiliki kolom blog. Padahal kondisi ini merupakan kesalahan besar. Kenapa? Sebab memiliki blog akan mempermudah kita menciptakan komunitas konsumen loyal. Sebelum memutuskan untuk membeli, visitor online store Anda bisa membaca artikel untuk mendapatkan informasi tentang produk Anda, dan tentang bagaimana produk Anda menjadi solusi masalah.

Jika menyukai artikel blog Anda, kemungkinan besar para visitor akan share artikel tersebut ke orang yang mungkin menyukainya pula. Perilaku seperti ini dapat mendatangkan konsumen potensial baru ke online store Anda. Artikel blog mungkin akan membantu visitor mengambil keputusan untuk membeli produk Anda.

4. Lakukan SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, yang maksudnya adalah proses yang dilakukan untuk mempengaruhi kemampuan website atau web page untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian search engine.

Secara umum, semakin tinggi peringkat web page, dan semakin sering web page muncul di hasil pencarian search engine, maka semakin banyak jumlah visitornya. Visitor ini dapat diubah menjadi konsumen. Namun SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuahkan hasil.

5. Rencanakan social media marketing

Media sosial adalah saluran tercepat untuk meningkatkan popularitas merek dan meningkatkan keterlibatan konsumen potensial. Pelajari dan terapkan social media marketing untuk produk Anda. Sebab media sosial memiliki jumlah pengguna yang besar.

Sebagai contoh instagram memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif setiap bulannya. Sedangkan Facebook punya lebih dari 1,8 miliar pengguna aktif bulanan. Twitter punya lebih dari 310 juta pengguna aktif bulanan. Lalu Pinterest memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Pilihlah media sosial mana yang paling cocok untuk memasarkan produk kosmetik Anda. Sebab setiap media sosial memiliki profil pengguna yang berbeda-beda. 

6. Lakukan juga Email marketing

Kenapa email marketing itu penting? Sebab inilah sumber visitor yang Anda sudah miliki. Jika akan meluncurkan produk baru, Anda cukup mengirimkan email pada semua alamat email yang ada. Anda sudah bisa menciptakan visitor yang berkualitas ke halaman produk Anda.

Umumnya, orang akan memberikan alamat emailnya jika ada sesuatu yang menguntungkan untuk mereka. Sangatlah penting bagi kita untuk menawarkan sesuatu kepada mereka, seperti potongan harga khusus.

7. Gunakan affiliate marketing

Bayangkan jika ada sekelompok orang yang mempromosikan produk Anda di ke seluruh penjuru dunia maya. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membayarkan komisi kepada sekelompok orang tersebut, setiap kali mencatatkan penjualan. Ada banyak jaringan affiliate marketing yang bisa Anda pilih di jagat internet. 

8. Promosi berbayar jika dana memadai

Inilah cara tercepat untuk menumbuhkan bisnis kosmetik online, jika Anda memiliki dana yang cukup besar. Anda dapat membayar untuk salah satu iklan produk Anda, agar tampil di halaman pertama hasil pencarian Google atau Bing.

Namun Anda harus menguasai dulu seluk beluk tentang promosi berbayar di internet. Jika masih baru, sebaiknya jalin kerjasama dengan para profesional yang bisa menangani promosi berbayar di internet.

Kerja Sama Dengan Maklon Kosmetik

Untuk urusan produksi produk yang efektif dan efisien, sebaiknya Anda bekerja sama dengan maklon kosmetik. Kenapa? Ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh jika bekerja sama dengan maklon:

  • Tidak perlu investasi dana besar untuk membeli mesin-mesin produksi produk kosmetik.
  • Anda tidak harus mencari lokasi untuk menjadi tempat produksi produk.
  • Bisa menghemat anggaran, karena tidak harus mempekerjakan karyawan bagian produksi.
  • Sumber daya perusahaan bisa difokuskan untuk menyusun dan melaksanakan strategi pemasaran produk.
  • Dapat memilih maklon di negara berkembang yang punya biaya SDM cukup murah dan peraturan pemerintah tidak berbelit-belit, seperti Indonesia.
  • Lebih rendahnya risiko investasi sumber daya dan waktu.
  • Dapat mempercepat proses pengembangan produk dengan memanfaatkan keahlian pihak lain.

Pilihlah maklon one stop service, seperti Indocare B2B Services. Sebab maklon one stop service dapat membantu Anda dari mulai proses pembuatan konsep produk, formulasi produk, melakukan tes stabilitas dan kompatibilitas produk, desain produk, registrasi produk, serta memiliki kemampuan memproduksi massal.

No Comments

Post A Comment