Label Kosmetik yang Wajib Ada pada Produk Skincare

Label Kosmetik yang Wajib Ada pada Produk Skincare

Kosmetik telah menjadi salah satu bagian integral dalam keseharian banyak orang. Salah satu aspek yang sangat penting dari produk kecantikan termasuk skincare adalah label kosmetik. Kenapa label penting? Simak terus infonya di artikel ini.

Apa Itu Label Kosmetik?

Label kosmetik atau penandaan kosmetika adalah segala informasi tentang kosmetika berupa gambar, teks, atau gabungan keduanya, yang ditempatkan pada kosmetika, melekat pada kemasan, atau merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kemasan, termasuk informasi yang dicetak langsung pada produk.

Label kosmetik berfungsi sebagai panduan bagi konsumen, memberikan informasi vital tentang produk yang akan mereka gunakan.

Label bukan hanya sekadar hiasan pada kemasan, melainkan alat penting yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan kesejahteraan konsumen.

Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang label, Anda dapat membuat produk kecantikan yang bisa mempengaruhi konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kelengkapan Wajib Label Kosmetik

Membuat label pada produk kecantikan tidak bisa sembarangan. Hal ini mencakup berbagai elemen penting yang dapat mempengaruhi kualitas, keselamatan, dan kecocokan produk dengan kebutuhan individu.

Berikut ini adalah beberapa poin yang wajib dicantumkan sebagai label kosmetik.

Kemanfaatan atau kegunaan

Label kosmetik harus mencantumkan manfaat atau kegunaan produk. Ini membantu konsumen memahami tujuan penggunaan produk tersebut.

Namun, produk seperti sabun mandi, sampo, atau parfum yang memiliki manfaat yang jelas mungkin tidak perlu mencantumkannya secara terperinci.

Nama kosmetika

Penamaan produk kosmetik adalah salah satu hal pertama yang perlu diperhatikan. Ini mencakup merek dan nama produk yang harus sesuai dengan informasi yang tercantum di notifikasi resmi dari BPOM.

Kepatuhan terhadap penamaan yang benar penting untuk memastikan identitas produk yang akurat.

Negara produsen

Label kosmetik juga harus mencantumkan negara produsen, dan jika berlaku, nama manufaktur pengemasan primer atau sekunder jika tempat pengemasan dilakukan oleh pihak yang berbeda.

Nama dan alamat lengkap pemilik nomor notifikasi

Informasi ini harus mencakup nama dan alamat lengkap pemilik nomor notifikasi sesuai dengan yang tercantum dalam surat pemberitahuan notifikasi.

Peraturan ini berlaku untuk produsen kosmetika dalam negeri.

Nomor batch

Label kosmetik harus mencantumkan nomor batch, yang digunakan untuk mengidentifikasi batch produksi secara lengkap. Nomor batch juga harus spesifik dan mudah dikenali.

Contoh nomor untuk produk kosmetik: NX 12345678901

  • Huruf I (Notifikasi)
  • Huruf II (Kode benua Asia/Australia/Eropa/Afrika/Amerika)

Komposisi

Informasi tentang komposisi produk skincare juga harus dicantumkan dengan rinci. Ini termasuk mencantumkan formula yang sesuai dengan notifikasi resmi.

Penggunaan nama bahan skincare harus mengikuti standar INCI (International Nomenclature of Cosmetic Ingredients).

Penggunaan bahan skincare dari tumbuhan harus mencantumkan nama genus atau spesies.

Nomor notifikasi

Nomor notifikasi Badan POM harus dicantumkan pada label untuk memastikan bahwa produk tersebut terdaftar dan memenuhi standar keselamatan.

Peringatan dan/atau perhatian

Peringatan dan perhatian khusus juga harus dicantumkan sesuai peraturan.

Ini termasuk peringatan untuk sediaan aerosol, produk dengan bahan berpotensi efek bagi konsumen tertentu, serta informasi tentang kandungan bahan yang mungkin penting bagi beberapa konsumen.

Tanggal kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa produk adalah informasi penting yang harus dicantumkan pada label. Ini membantu konsumen mengetahui kapan produk harus digunakan atau dibuang.

Ukuran, isi, atau berat bersih

Pencantuman ukuran atau berat bersih produk harus sesuai dengan data notifikasi dan ditempatkan pada bagian yang mudah terbaca oleh konsumen.

2D barcode

Kemasan juga harus mencantumkan 2D barcode untuk identifikasi, penjejakan, dan pelacakan produk.

Cara penggunaan

Selain manfaat, pendandaan juga harus mencantumkan cara penggunaan produk. Informasi ini sangat penting untuk membantu konsumen menggunakan produk dengan benar.

Kata-kata dan klaim yang digunakan dalam instruksi penggunaan harus jelas, mudah dimengerti, dan sesuai dengan aturan BPOM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Persyaratan Teknis Klaim Kosmetika.

Pilihlah Maklon yang Bisa Membuat Label Kosmetik

Industri kosmetik terus berkembang pesat dengan berbagai macam produk yang tersedia di pasar.

Bagi produsen kecil atau merek baru yang ingin memasuki pasar ini, pembuatan produk kosmetik seringkali melibatkan kerja sama dengan produsen maklon kosmetik.

Maklon adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan produk-produk kosmetik untuk merek-merek lain. Seperti Indocare B2B.

Salah satu aspek penting dari pembuatan produk kosmetik adalah pembuatan penandaan yang menarik dan informatif.

Lalu bagaimana cara maklon seperti Indocare B2B membantu dalam pembuatan label kosmetik yang efektif?

Konsultasi tentang Regulasi

Setiap negara memiliki regulasi yang berbeda terkait dengan apa yang harus tercantum pada label kosmetik.

Maklon membantu memastikan bahwa label yang dibuat sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku.

Desain Label yang Menarik

Maklon yang memiliki tim desain juga bisa membantu Anda menciptakan label yang menarik dan sesuai dengan merek kosmetik.

Desain label yang baik dapat membantu produk kosmetik Anda bersaing di pasar yang ramai.

Mereka dapat menciptakan label yang mencerminkan merek Anda dan menarik perhatian konsumen.

Memilih Materi dan Teknik Cetak Tepat

Penandaan produk kecantikan harus dibuat dengan bahan yang tahan terhadap lingkungan seperti air, panas, dan cahaya.

Maklon kosmetik memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis materi label dan teknik pencetakan yang sesuai untuk produk Anda.

Penggunaan Bahasa yang Sesuai

Jika merek produk Anda akan dijual di berbagai negara, maka label kosmetik harus mencantumkan informasi dalam bahasa yang sesuai.

Maklon kosmetik dan skincare dapat membantu dalam menerjemahkan label ke bahasa-bahasa yang diperlukan, memastikan bahwa label dapat dipahami oleh konsumen di seluruh dunia.

Membantu Memilih Informasi Relevan

Label kosmetik harus mencantumkan informasi yang relevan tentang produk, seperti nama produk, daftar bahan-bahan, cara penggunaan, tanggal kedaluwarsa, dan lainnya.

Maklon kosmetik membantu perusahaan dan merek dalam menentukan informasi apa yang harus disertakan, memastikan label memberikan informasi yang berguna kepada konsumen.

Uji Coba dan Persetujuan Label

Sebelum label dicetak dalam jumlah besar, maklon skincare sering melakukan uji coba dan meminta persetujuan dari perusahaan.

Ini memungkinkan merek untuk memeriksa penandaan secara teliti dan memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan sudah tercakup dengan benar.

Mampu Memproduksi Label dalam Jumlah Banyak

Setelah label disetujui, maklon skincare akan memproduksi label dalam skala besar sesuai dengan kebutuhan produksi produk kosmetik.

Ini memungkinkan merek kosmetik untuk fokus pada pengembangan produk dan strategi pemasaran tanpa harus khawatir tentang produksi label.

Dengan bantuan maklon, Anda dapat memastikan bahwa label sesuai dengan regulasi yang berlaku, menarik perhatian konsumen, dan memberikan informasi yang penting tentang produk.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.