Bikin Day Cream Sendiri: 8 Langkah Rumit Yang Harus Diketahui

Bikin Day Cream Sendiri: 8 Langkah Rumit Yang Harus Diketahui

Bikin day cream sendiri bukanlah proses yang susah, tapi agak sulit dan rumit. Apalagi jika Anda akan membuat day cream dalam jumlah banyak. Jika Anda penasaran caranya? Simak langkah-langkah membuat day cream di dalam artikel ini.

Artikel ini akan memberikan informasi seputar cara bikin day cream sendiri. Diskusikan pertanyaan seputar maklon kosmetik dengan kami disini. Ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

Tradisi membuat krim perawatan kulit sudah lama menjadi bagian banyak kebudayaan di seluruh dunia. Resep krim tersebut diwariskan turun temurun ke generasi sesudahnya. Beberapa tahun belakangan ini kepopuleran krim perawatan kulit, termasuk day cream, meningkat lagi. Sebab kebutuhan akan produk kosmetik natural atau alami semakin meningkat.

Langkah Bikin Day Cream Sendiri

Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat day cream sendiri, berikut beberapa langkah-langkahnya:

1. Memilih formula day cream yang tepat

Langkah pertama untuk bikin day cream sendiri adalah dengan mencari formula day cream yang sesuai kebutuhan Anda. Saat memilih formula, Anda juga harus mempertimbangkan bahan-bahan yang dibutuhkan, dan bagaimana bahan-bahan tersebut berinteraksi satu sama lain. Pertimbangkan pula selera pasar yang Anda targetkan.

2. Menambah pengawet alami

Kebanyakan produk kosmetik mengandung bahan pengawet di dalam kandungannya. Fungsi bahan pengawet di dalam kandungan produk kosmetik adalah melindungi dari kontaminasi jamur, bakteri, dan ragi. Kenapa bisa muncul bakteri dan jamur?

Sebab produk kosmetik yang mengandung air merupakan tempat ideal bagi bakteri dan jamur berkembang. Untuk day cream yang tidak mengandung air, Anda membutuhkan zat antioksidan. Sebab produk jenis ini rentan terhadap proses oksidasi.

3. Pilihlah wadah yang tepat

Selain memilih wadah dengan bentuk paling menarik, pilihlah wadah yang dapat menyimpan formula day cream Anda dengan aman dan stabi dalam jangka waktu lama. Pilihlah wadah yang layak dan higienis.

4. Buatlah dalam jumlah yang tepat pula

Sangat sulit untuk tahu secara detail kapan day cream buatan sendiri itu sudah rusak dan tidak layak digunakan. Sehingga lebih baik Anda jangan membuatnya dalam jumlah berlebihan. Jika Anda membuat dengan jumlah yang kelewat berlebihan, produk day cream Anda yang disimpan akan beresiko terkontaminasi mikroba.

5. Takarlah semua bahan-bahan dengan tepat

Salah satu hal penting yang harus disiapkan sebelum mulai membuat day cream sendiri adalah mencari timbangan yang terbaik dan akurat. Sebaiknya gunakan timbangan digital untuk mengukur banyaknya setiap bahan yang akan digunakan dalam formula day cream Anda. Tujuannya agar penakaran lebih akurat.

6. Ikuti rekomendasi penggunaan bahan

Sangatlah penting untuk selalu mengikuti rekomendasi penggunaan bahan-bahan kosmetik. Sebab beberapa jenis bahan kosmetik dapat menyebabkan sensitasi kulit jika digunakan dengan takaran yang salah.

Saat membuat day cream sendiri, banyak bahan-bahan kosmetik yang memiliki rekomendasi dosis cukup ketat. Ikutilah rekomendasi penggunaan agar produk day cream aman dan efektif ketika digunakan konsumen.

7. Ukur dan sesuaikan tingkat keasaman

Mengukur tingkat keasaman (pH) produk day cream merupakan langkah sederhana namun penting. Sebab proses ini sangat penting untuk menjamin keamanan produk untuk digunakan.

Tingkat keasaman produk akan mempengaruhi banyak karakteristik penting dari formula day cream Anda. Contohnya pilihan produk pengawet tergantung dari tingkat keasaman yang dimiliki formula produk day cream Anda.

8. Good Manufacturing Practice (GMP)

Hal penting yang harus diperhatikan saat membuat produk day cream sendiri adalah menghindari kontaminasi zat-zat tidak diinginkan pada semua tahap proses produksi, dan ketika produk digunakan.

Good Manufacturing Practice, adalah peraturan dasar untuk mengatur rutinitas seseorang ketika membersihkan dan mensterilkan peralatan, ruang kerja, wadah Anda. Termasuk juga peraturan mencuci tangan, dan menggunakan sarung tangan saat di laboratorium.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Let's discuss...





This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.