Lanolin: Definisi dan Manfaatnya pada Produk Baby Care

Lanolin: Definisi dan Manfaatnya pada Produk Baby Care

Lanolin adalah salah satu jenis pelembap ringan yang dapat mengurangi kemerahan dan rasa gatal pada kulit, sehingga banyak ditemukan pada produk perawatan ibu dan bayi. Jenis emollient ini juga ternyata ditemukan pada bulu domba. 

Mengenal Lanolin Lebih Dekat

Lanolin (Adeps lanae) adalah bahan alami yang dihasilkan dari kelenjar minyak domba, yang disekresi langsung dari kulit domba. Lanolin juga disebut dengan minyak domba atau wool fat.

Lanolin umum ditemukan pada produk perawatan kulit, terutama dalam industri kosmetik dan farmasi. Selain itu, lanolin juga sering digunakan dalam produk perawatan ibu dan bayi karena kemampuannya dalam melembapkan kulit sangat ringan dan rendah risiko iritasi. 

Minyak domba hadir dalam berbagai sediaan, seperti losion, krim, salep, dan minyak.

Manfaat Lanolin

Lanolin bekerja sebagai emollient atau bahan yang berfungsi untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Selain itu, bahan ini juga ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk rambut ibu dan bayi. 

Berikut ini manfaat penggunaan lanolin untuk tubuh. 

Pelembap Alami

Lanolin adalah agen pelembap yang sangat efektif, membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengunci air di dalamnya. Minyak domba sangat bermanfaat bagi konsumen yang memiliki kulit kering atau cenderung mengalami dehidrasi.

Mengatasi Kulit Kering

Lanolin efektif dalam merawat kulit yang kasar, kering, atau pecah-pecah, seperti yang sering terjadi pada telapak tangan dan tumit. Dengan mengoleskannya pada area kulit yang terdampak, kulit menjadi lebih halus dan lembut. 

Mengurangi Iritasi

Minyak domba memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif, atau yang sedang dalam masa penyembuhan. 

Membuat Rambut Berkilau

Selain kulit, ternyata lanolin juga baik untuk kesehatan rambut ibu dan bayi. Kondisioner yang mengandung wool fat akan membuat rambut menjadi lembut, mudah diatur, dan semakin berkilau. 

Keunggulan Lanolin 

Produk perawatan ibu dan bayi mempunyai berbagai jenis pelembap, seperti shea butter, aloe vera, dan jenis minyak alami lainnya termasuk minyak almon, minyak lavender, dan minyak zaitun. 

Dibanding pelembap-pelembap di atas, lanolin memiliki beberapa kelebihan untuk perawatan ibu dan bayi, seperti di bawah ini:

Kelembapan yang Tahan Lama

Lanolin efektif dalam menjaga kelembapan kulit karena mengandung lipid dan minyak. Hal ini membuat kulit ibu dan bayi menjadi tetap lembut dan sehat seharian. 

Perlindungan Kulit

Selain melembapkan, minyak domba juga menciptakan lapisan pelindung di atas kulit yang membantu melindungi kulit dari pengaruh luar yang berpotensi merusak, seperti angin, cuaca dingin, dan iritasi.

Kandungan Alami

Lanolin adalah bahan pelembap yang berasal dari alam, sehingga lebih rendah risiko iritasi atau alergi pada kulit sensitif bayi. Karena hal itu, minyak domba menjadi pilihan yang lebih aman untuk produk perawatan ibu dan bayi. 

Konsistensi Lembut

Minyak domba memiliki tekstur yang lembut dan mudah menyerap, sehingga nyaman digunakan pada kulit bayi dan ibu bahkan ketika dibawa tidur.

Merawat Kulit Kering dan Iritasi

Wool fat tidak hanya melembapkan, tetapi membantu merawat kulit yang kering atau iritasi, seperti ruam popok yang sering dialami oleh bayi, atau puting ibu yang iritasi selama masa menyusui. 

Cocok dengan Kulit Sensitif

Produk perawatan ibu dan bayi yang mengandung lanolin biasanya diformulasikan untuk kulit yang sensitif, sehingga kompatibel untuk perawatan kulit yang membutuhkan perlindungan ekstra dan rendah risiko kesehatan.

Dengan berbagai keunggulan ini dibanding jenis emollient lainnya, minyak domba adalah pilihan yang tepat ketika mengembangkan produk perawatan ibu dan bayi, terutama produk dengan sediaan krim. 

Prospek Pasar Baby Care

Pendapatan dalam pasar produk bayi di Indonesia pada tahun 2023, mencapai 88,11 juta USD atau setara dengan 1,32 triliun rupiah. Segmen ini akan diproyeksikan tumbuh hingga 4,58% per tahun (CAGR 2023-2028).

Segmen perawatan ibu dan bayi merupakan segmen yang sangat prospektif. Angka kelahiran di Indonesia, mengutip World Bank, menduduki posisi kelima yang paling tinggi di Asia Tenggara, dengan angka kelahiran 16.4 per 1.000 orang. 

Jika dibandingkan dengan populasi Indonesia saat ini, yaitu sekitar 273 juta orang, maka proyeksi jumlah bayi baru lahir atau akan lahir yang bisa dijadikan sebagai target pasar adalah sekitar 4.475.200 bayi. 

Jika sekaligus ingin menargetkan produk baby care kepada ibu yang baru melahirkan, maka perkiraan total target audiens Anda hampir 9 juta jiwa. Angka ini belum termasuk bayi dan ibu yang telah melewati proses persalinan, sebab perawatan juga dibutuhkan ketika bayi setidaknya berusia 2 tahun. 

Produk yang Bisa Dikembangkan 

Anda bisa mengembangkan banyak jenis produk perawatan ibu dan bayi jika ingin terjun ke segmen ini. Di Indocare B2B, produk-produk di bawah ini bisa Anda request dan sesuaikan dengan preferensi Anda. 

Krim Popok 

Krim popok atau diaper cream yang mengandung lanolin biasanya dirancang untuk melindungi kulit bayi dari dampak buruk kelembapan yang tertahan dalam popok. Lanolin membantu menjaga kelembapan kulit sambil membentuk lapisan pelindung di antara kulit bayi dan popok, mencegah kemungkinan terjadinya ruam popok dan iritasi.

Nipple Cream

Krim perawatan puting payudara yang mengandung minyak domba menjadi pilihan populer bagi ibu yang sedang menyusui. Bahan ini membantu meredakan rasa sakit, kekeringan, dan pecah-pecah pada puting, serta menjaga kelembapan dan menghindari iritasi lebih lanjut.

Baby Cream

Baby cream adalah salah satu produk perawatan bayi yang paling wajib dimiliki oleh keluarga atau ibu baru melahirkan. Krim perawatan kulit bayi yang mengandung lanolin biasanya memiliki tekstur lembut dan kaya akan pelembap. Mereka membantu meredakan kulit bayi yang kering atau mengalami masalah kulit seperti dermatitis atopik, eksim, atau kulit yang gatal.

Baby Oil

Minyak perawatan kulit bayi yang diperkaya dengan wool  fat sering digunakan untuk pijatan bayi. Selain memberikan pijatan yang nyaman, minyak ini menjaga kulit bayi tetap lembab dan sehat.

Baby Lotion

Losion perawatan kulit bayi dengan lanolin adalah alternatif yang baik setelah mandi. Mereka membantu menjaga kelembapan kulit bayi, mencegahnya dari kekeringan, dan menjadikannya lembut serta halus.

Sabun Mandi

Sabun mandi bayi yang mengandung lanolin biasanya dirancang untuk membersihkan kulit dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Dengan menggunakan sabun ini, kulit bayi tetap bersih dan lembut.

Penting untuk memilih manufaktur yang berkualitas dan berstandardisasi dalam pengembangan produk perawatan ibu dan bayi, seperti Indocare B2B, karena kualitas produk sangat memengaruhi kesehatan dan keamanan konsumen. 

Manufaktur yang berkomitmen kuat dalam mengembangkan produk sesuai rencana bisnis dan manfaat produk dapat menghasilkan produk yang memenuhi standar tertinggi. Di samping itu, Indocare B2B memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pasar Indonesia, budaya, dan preferensi konsumen, yang merupakan aset berharga dalam pengembangan produk baby and mother care

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya