Efek Menguntungkan dari Suplemen Lingonberry

Efek Menguntungkan dari Suplemen Lingonberry

Salah satu jenis beri yang paling terkenal di Indonesia adalah stroberi. Namun tahukah Anda bahwa ada jenis beri yang memiliki konsentrasi kandungan lebih tinggi namun jarang diketahui? Lingonberry, sebagai salah satu jenis beri ternyata memiliki manfaat dan kandungan yang lebih kuat dibanding jenis beri lainnya. Dan ini membuatnya sebagai kandungan suplemen yang multiguna, sehingga memiliki potensi yang sayang dilewatkan. 

Fakta Lingonberry

Lingonberry (Vaccinium vitis-idaea) atau dalam bahasa Indonesia lingonberi adalah buah beri yang banyak ditemukan di Amerika Utara, Eropa, dan beberapa wilayah pegunungan di Asia. Dibandingkan jenis beri lainnya, beri merah kecil ini yang paling jarang ditemukan dan digunakan. Namun, upaya budidaya telah dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan komoditas ini, terutama di industri kesehatan. 

Nutrisi dalam Lingonberry

Lingonberry memiliki nutrisi dan kandungan vitamin yang mirip dengan jenis beri lainnya, seperti di bawah ini: 

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Ellagic acid
  • Serat
  • Asam lemak omega-3
  • Mineral: kalium, magnesium, mangan
  • Polifenol: flavonoid, proantosianidin, antosianin, kuersetin (quercetin), ellagic acid

Manfaat Suplemen Lingonberry

Lingonberry adalah pahlawan dengan banyak khasiat yang mungkin belum banyak dikenal. Namun, jangan anggap remeh buah merah kecil ini; manfaatnya tersebar mulai dari daya tahan tubuh, pencernaan, hingga untuk kecantikan. 

Melawan Radikal Bebas

Di lingkungan yang semakin terpapar polusi, stres, dan pola makan yang kurang sehat, radikal bebas telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Radikal bebas dalam jumlah berlebihan mengakibatkan kerusakan sel, kulit, dan berbagai penyakit kronis. 

Diperkaya dengan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, suplemen lingonberi dapat menetralisir radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, sehingga tubuh menjadi jarang sakit, dan risiko penyakit kronis pun lebih kecil. 

Mengoptimalkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam buah lingonberi dapat membantu mendorong pergerakan usus yang teratur demi mencegah sembelit. Polifenol yang ada di dalamnya dapat mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan. 

Beri ini juga berperan dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat. Jika keseimbangan mikrobiota usus terganggu (gut dysbiosis), maka gangguan irritable bowel syndrome (IBS) dan radang usus akan mengintai. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Flavonoid dalam lingonberry dapat membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan stres oksidatif dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Sementara seratnya akan menurunkan kadar kolesterol LDL, yang dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap bersih dan elastis. 

Lingonberi dapat mengatur tekanan darah dan meminimalkan risiko hipertensi dan hipotensi. 

Melawan Peradangan

Antioksidan yang tinggi di buah lingonberry bermanfaat mengurangi peradangan yang dapat merusak sel-sel tubuh. Jenis peradangan yang dapat dibantu oleh antioksidan, termasuk radang usus, autoimun, serta peradangan yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolik. 

Seperti jenis beri lainnya, buah kecil ini dapat menjadi sumber efektif untuk membantu tubuh dalam mencegah peradangan, yang merupakan faktor risiko utama dalam perkembangan penyakit kronis. 

Menjaga Kesehatan Mata

Lingonberry ternyata memiliki manfaat penting untuk kesehatan mata, dan ini tidak lepas dari kandungan antosianinnya. Antosianin adalah antioksidan kuat yang memberikan warna merah pada buah ini. 

Antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Antioksidan lainnya seperti vitamin C juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan jaringan mata. 

Baik untuk Kulit

Selain untuk kesehatan, siapa sangka lingonberry juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, E, flavonoid, dan antosianin, buah beri ini membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan paparan sinar UV.

Mengonsumsi suplemen lingonberry akan memperlambat tanda-tanda penuaan, mencegah kulit kering dan kasar, membuat kulit terasa lembut, kenyal, dan lembab. 

Studi yang dikutip pada Healthline menyebutkan bahwa peran beri dalam pencegahan penuaan dini dipengaruhi oleh ellagic acid. Ellagic acid adalah senyawa asam yang dapat mengurangi bintik-bintik gelap dan garis halus. 

Mencegah Obesitas

Lingonberry rendah kalori dan kaya serat, sehingga membuatnya menjadi asupan yang mengenyangkan namun rendah lemak. Dengan menyediakan rasa kenyang tanpa tambahan kalori berlebih, lingonberry membantu menjaga asupan makanan yang lebih seimbang. 

Senyawa bioaktifnya dapat meningkatkan metabolisme dan mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat mencegah penumpukan lemak berlebih dalam tubuh. Oleh karena itu, suplemen lingonberry akan cocok untuk konsumen yang ingin menjaga berat badan secara alami. 

Kembangkan Suplemen Lingonberry bersama Indocare B2B

Suplemen lingonberry memiliki manfaat kesehatan sekaligus kecantikan, dengan begitu potensi pasarnya akan semakin luas. Terbatasnya komoditi ini, terutama pada produk suplemen di Indonesia merupakan peluang bagi Smartpreneur untuk memilih suplemen lingonberry

Sebagai manufaktur yang terkemuka dalam industri suplemen kesehatan, Indocare B2B memiliki komitmen kuat untuk kualitas dan inovasi. Tidak hanya memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pengembangan produk suplemen, tetapi juga memiliki infrastruktur produksi terkini dan fasilitas berstandar pemerintah Indonesia dan universal.

Dengan pengetahuan mendalam tentang regulasi industri dan sumber daya alam Indonesia yang melimpah, Indocare B2B dapat menghasilkan produk suplemen lingonberry yang sesuai dengan standar kualitas internasional. Dengan kerjasama bersama Indocare B2B, Anda akan memiliki akses kepada sumber daya, teknologi, dan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk meraih kesuksesan dalam pasar suplemen kesehatan yang berkembang pesat di Indonesia.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya