Makin Dilirik, Begini Peluang Bisnis Lewat Maklon Collagen

Makin Dilirik, Begini Peluang Bisnis Lewat Maklon Collagen

Beberapa tahun terakhir, kesadaran akan pentingnya merawat kesehatan kulit dan wajah makin meningkat. Fenomena ini mendorong meningkatnya jumlah Smartpreneur yang melakoni bisnis produk kecantikan, salah satunya dengan memanfaatkan maklon collagen. Alasan sebenarnya sangat sederhana, karena kolagen berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit sehingga banyak dilirik konsumen.

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah protein yang secara alami terkandung di dalam tubuh dan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, tulang, gigi, serta otak. Kolagen juga termasuk protein struktural yang memberikan struktur bagi jaringan kulit maupun sel dalam tubuh.

Dari 28 jenis kolagen, paling banyak yang ada di dalam tubuh manusia adalah kolagen tipe 1, yakni sebanyak 90%. Protein ini juga tersusun dari tiga jenis asam amino, yaitu hydroxyproline, proline, dan glycine. Namun seiring dengan bertambahnya usia, kadar kolagen dalam tubuh akan menurun dan menyebabkan sejumlah masalah kulit, seperti kerutan, hilangnya kelembaban, dan kulit kendur.

Dalam industri kecantikan, produk-produk perawatan kulit yang mengandung kolagen serta suplemen untuk perawatan kulit sangat diminati untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit. Berikut ini beberapa sumber kolagen yang biasanya terdapat pada suplemen atau produk-produk kecantikan.

  • Kaldu tulang: Kaldu dari tulang hewan, seperti ayam, kalkun, sapi, dan kambing, merupakan sumber kolagen alami. Hal ini karena tulang mempunya jaringan ikat yang bisa menghasilkan kolagen saat direbus.
  • Ayam: Daging ayam bagian kaki, tulang rawan, dan leher mengandung kolagen yang cukup tinggi.
  • Ikan: Ikan merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein, salah satunya kolagen. Kolagen ini banyak ditemukan pada bagian kulit ikan.
  • Sayuran: Sayuran seperti wortel, kacang polong, dan brokoli memang tidak mengandung kolagen. Namun kandungan di dalamnya, seperti vitamin A, asam amino, dan vitamin C, dapat membantu tubuh memproduksi kolagen secara alami.
  • Telur: Bagian putih telur mengandung prolin, yakni sejenis asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen.

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan

Pada dasarnya, tubuh manusia dapat memproduksi kolagen secara alami dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan yang sudah disebutkan di atas. Namun kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan kolagen, baik dalam bentuk suplemen, minuman, maupun krim.

Berikut beberapa manfaat menggunakan kolagen secara teratur untuk kesehatan kulit:

  • Mengurangi kerutan dan menghaluskan kulit: Kolagen mampu membuat kulit menjadi lebih halus karena termasuk komponen penting lapisan dermis. Kolagen juga mampu mengencangkan kulit karena memiliki efek anti-aging.
  • Kulit lebih elastis: Elastisitas kulit dapat dijaga dengan mengonsumsi kolagen secara teratur karena kulit mudah kendur seiring bertambahnya usia.
  • Menghidrasi Kulit: Banyak masalah kulit yang disebabkan oleh dehidrasi. Dengan mengonsumsi kolagen, kelembaban kulit terjaga sehingga masalah seperti iritasi dan kulit kering dapat dihindari.
  • Menghaluskan selulit: Kolagen dapat mengurangi selulit pada kulit dengan meningkatkan kekuatan lapisan dermis. Selulit sendiri muncul karena kulit yang menipis, mengendur, atau meregang karena bertambahnya usia.
  • Mengatasi bekas jerawat: Kolagen dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, seperti luka karena bekas jerawat. Jenis protein ini juga bisa meminimalkan kemungkinan munculnya bekas jerawat yang permanen.

Jenis Produk Kecantikan yang Mengandung Kolagen

Jenis produk kecantikan yang mengandung kolagen cukup bervariasi, ada yang bisa diminum (oral) dan ada juga yang langsung diaplikasikan ke kulit (topikal). Contohnya adalah minuman serbuk kolagen, pil suplemen, krim wajah, masker, serum, dan lain sebagainya. Kendati sama-sama mengandung kolagen, efektivitas kolagen oral dan topikal ternyata berbeda.

Menurut riset, kolagen topikal, khususnya yang terbuat dari hidrolisis kolagen, memiliki molekul yang jauh lebih kecil dan hanya mampu menembus lapisan luar kulit dan tidak sampai ke pori-pori kulit. Pemakaian kolagen hidrolisis secara rutin dapat melembabkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.  Namun, tetap masih kurang efektif untuk mencegah penuaan dini dibandingkan dengan suplemen kolagen.

Konsumsi suplemen kolagen baik dalam bentuk bubuk minuman atau kapsul secara rutin merupakan langkah proaktif dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh. Kendati demikian, bukan berarti kulit tidak membutuhkan produk skincare dengan kandungan kolagen.

Produk kecantikan yang mengandung kolagen, seperti krim dan serum, tetap harus masuk dalam rutinitas perawatan wajah sehari-hari. Alasannya tak lain agar kesehatan kulit terjaga, baik dari dalam maupun luar tubuh. Dengan begitu, hasil yang didapatkan jauh lebih optimal dibanding hanya dengan menggunakan satu jenis metode saja.

Itulah beberapa manfaat penting kolagen untuk kesehatan kulit. Bagaimana, tertarik untuk menekuni bisnis produk-produk kolagen? Tak perlu bingung, sebab Indocare B2B menyediakan maklon collagen yang siap membantu Smartpreneur merintis bisnis produk-produk kolagen mulai dari nol.

Tak hanya maklon collagen untuk skincare, Indocare B2B juga menyediakan maklon minuman kolagen terstandarisasi BPOM dan Halal. Dengan pendekatan pengembangan end-to-end, Indocare B2B tidak hanya bertanggung jawab atas pengembangan produk Anda, tetapi juga membantu dalam tahap konseptualisasi untuk menemukan potensi terbaik bagi merek Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.