Panduan Pemula dalam Menggunakan Maklon Deodorant

Panduan Pemula dalam Menggunakan Maklon Deodorant

Salah satu segmen personal care yang bisa Anda coba untuk menghasilkan lebih banyak profit adalah bisnis deodorant. Di Indonesia segmen ini dikuasai oleh perusahaan raksasa FMCG sehingga ada banyak peluang untuk mengambil celah dari besarnya gap antara produsen. Nah, salah satu cara paling efisien dan efektif bagi pelaku usaha baru adalah menggunakan jasa maklon deodorant. 

Maklon deodorant adalah salah satu layanan yang disediakan oleh perusahaan kontrak manufaktur atau yang dikenal sebagai jasa maklon. Pada dasarnya konsep jasa maklon serupa dengan perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer) yang akan memproduksi barang dan kemudian dijual dengan brand klien mereka sendiri. 

Prospek bisnis deodorant di Indonesia

Sejalan dengan segmen lainnya di bidang Personal Care, segmen deodorant mengalami pertumbuhan penjualan di pasaran. Dalam sebuah wawancara antara salah satu perusahaan FMCG dan CNBC Indonesia mengatakan bahwa Personal Care mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 10,7% pada pertengahan 2022, yang kuat didorong oleh segmen Oral Care dan Deodorant. 

Pun halnya dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Jakpat, bahwa 77% orang dewasa Indonesia menggunakan deodorant setiap hari, dengan rincian 73,61% laki-laki dan 80,37% perempuan. 

Meningkatnya tren penggunaan deodorant juga dipicu oleh perubahan fungsional deodorant; dari yang sebelumnya untuk menghilangkan bau badan, hari ini berkembang menjadi perawatan ketiak agar lebih cerah dan sehat. 

Fungsionalitas ini melahirkan jenis-jenis deodorant yang belum pernah ada sebelumnya seperti spray, dan stick. Untuk membuat produk lebih menarik, produsen berusaha menciptakan deodorant yang multifungsi, compactible, dan kemasan yang menarik. Namun jenis deodorant mana yang sebaiknya Anda kembangkan jika ingin terjun ke segmen ini? 

Jenis-jenis deodorant 

Jika Anda hendak mengembangkan produk deodorant dengan brand Anda sendiri, Anda harus tahu jenis-jenis deodorant yang bisa Anda ciptakan untuk menghasilkan profit yang lebih menjanjikan. Semua jenis deodorant memiliki bentuk dan kandungan yang berbeda, dan banyak orang yang tidak asal dalam memilihnya.

Roll-on

maklon deodorant

Jenis ini masih menjadi produk favorit bagi orang Indonesia dengan prevalensi 72%. Harganya yang murah, mudah didapat, dan populer membuat orang lebih memilih jenis ini dibanding yang lain. Namun jenis roll-on lebih berisiko meninggalkan noda pada pakaian terutama pada pakaian yang berwarna putih dan hitam.

Spray

spray deodorant

Posisi kedua diduduki oleh jenis spray dengan prevalensi 15,75%. Meskipun tidak sepopuler jenis roll on, spray ternyata semakin berkembang di pasaran dan menjadi alternatif bagi mereka yang tidak cocok dengan roll on. Spray atau yang dikenal juga dengan anti-perspirant tidak hanya mengurangi bau badan tetapi mengurangi produksi keringat sehingga cocok pada cuaca panas, pakaian tanpa lengan, bahkan tidak meninggalkan residu pada pakaian berwarna.

Lotion

lotion deodorant

Hal terbaik menggunakan deodorant lotion adalah kandungannya yang dapat melembutkan dan mencerahkan kulit ketiak. 5,17% orang Indonesia menggunakan deodorant lotion dan lebih populer di kalangan perempuan. Meskipun prevalensinya rendah, orang-orang menyukai deodorant lotion karena biasanya memiliki value yang lebih personal seperti environmentally friendly, cruelty free, dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Stick

stick deodorant

Deodorant stick memiliki aplikator yang serupa dengan roll-on namun dengan berbentuk padat dan gel. Sebanyak 3,7% individu memilih deodorant stick. Meski jenis ini lebih lama kering, deodorant stick lebih compact dan travel friendly karena ukurannya yang kecil dan kemasan yang tidak mudah pecah.

Powder

A jar of white powder with a wooden spoon on a orange background.

Kita semua pasti setuju bahwa deodorant powder sudah lama digunakan oleh orang Indonesia. Sekarang, banyak produsen indie yang mengemas citra “jadul” menjadi lebih modern dan eye-catching. Oleh karena jenis ini yang paling kurang diminati, produsen memaksimalkan kandungan di dalamnya menjadi lebih “aman”. Tidak heran banyak deodorant powder anti pengawet, alkohol, dan aluminium sehingga aman untuk semua jenis kulit.

Panduan sebelum menggunakan maklon deodorant

Setelah Anda tahu ingin mengembangkan jenis deodorant yang mana, langkah selanjutnya adalah memilih maklon deodorant. Mudah sekali memilih maklon di Indonesia tetapi apa sih yang sebenarnya harus Anda persiapkan? Ini 5 hal yang harus Anda persiapkan agar rencana bisnis berjalan dengan lancar.

1. Rencana bisnis

Sebelum menentukan kandidat maklon, Anda harus mempersiapkan rencana bisnis yang komprehensif. Aturlah timeline, budgeting, dan strategi marketing yang hendak Anda gunakan. Jika Anda sudah menggenggam rencana bisnis di tangan, memilih jasa maklon deodorant akan menjadi lebih mudah. Misalnya, jika deodorant Anda diciptakan untuk perempuan muda dewasa dengan kulit sensitif, maklon yang menyediakan bahan-bahan organik mungkin lebih cocok untuk Anda.

2. Konsep produk

Meskipun jasa maklon menyediakan layanan konsep produk, ada baiknya Anda mempersiapkan konsep produk sendiri (meskipun masih sangat mentah). Hal ini penting dilakukan untuk memperlancar komunikasi dengan maklon Anda. Namun bila konsep masih mentah, jasa maklon akan membantu mematangkannya dengan bantuan tenaga profesional di bidang R&D dan marketing.

3. Informasi

Memilih maklon deodorant yang tepat sesuai dengan rencana bisnis Anda adalah kunci penting dalam strategi bisnis. Pilihlah maklon legal yang telah tersertifikasi CPKB dari BPOM, Halal, dan ISO. Tidak hanya legalitas, ada baiknya Anda mencari tahu pengalaman, spesialisasi, tenaga ahli, mesin dan proses produksi.

4. Budget

Keuntungan menggunakan jasa maklon ialah pengeluaran yang lebih hemat dan lebih terencana dibanding memproduksi sendiri. Jasa maklon di Indonesia sangat bervariatif. Untuk mengembangkan produk deodorant, biasanya Anda harus mempersiapkan budget rata-rata 50 juta rupiah, tergantung pada ukuran deodorant dan kompleksitas komposisi.

5. Data diri

Syarat mendaftar jasa maklon kosmetik sangatlah mudah, terutama bagi perorangan. Untuk perorangan, Anda hanya perlu mempersiapkan KTP dan NPWP sementara untuk Badan Usaha (Perseroan) mewajibkan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP), NPWP, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan KTP Direktur Utama. Agar produk Anda lebih legit, Anda mungkin perlu mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) produk Anda ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Rekomendasi maklon deodorant di Indonesia

Indocare B2B adalah maklon deodorant terbaik di Indonesia yang wajib Anda gunakan. Kami berpengalaman dalam pengembangan segala jenis produk deodorant. Ini keuntungan menggunakan Indocare B2B untuk bisnis deodorant Anda.

  • Berpengalaman di bidang Personal Care dan Suplemen Kesehatan selama lebih dari 20 tahun
  • Memiliki jaringan supplier terintegrasi dan luas hingga ke luar negeri
  • Sumber bahan baku pilihan dan terbaik dengan proses ketat
  • Memiliki reputasi perilaku bisnis terpuji dan telah tersertifikasi CPKB, Halal, ISO dan memenangkan banyak award di bidang pengembangan produk
  • Tenaga riset dan pengembangan profesional dengan lulusan Farmasi dan Dokter.

Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya