Intip Pasar Maklon Hair Tonic di Indonesia, Seperti Apa Potensinya?

Intip Pasar Maklon Hair Tonic di Indonesia, Seperti Apa Potensinya?

Bisnis produk perawatan rambut memiliki pasar besar yang cukup kuat di Indonesia. Bisnis maklon hair tonic termasuk salah satu yang ikut mencicipi dampak positif pasar produk rambut. Memanfaatkan maklon bisa menjadi solusi untuk memulai bisnis tonik rambut dan produk perawatan serupa.

Mengapa Produk Perawatan Rambut Punya Potensi Besar?

Iklim panas di Indonesia mendorong banyak orang untuk lebih memperhatikan kondisi rambut. Salah satu efeknya adalah larisnya penggunaan produk perawatan, termasuk tonik rambut untuk mencegah kerontokan serta menjaga kesehatan rambut.

Menurut survei Lembaga Jajak Pendapat (Jakpat) pada pertengahan tahun 2023, kerontokan rambut merupakan masalah yang paling banyak dialami responden, yaitu 64,7% . Keluhan umum lainnya adalah ketombe serta rambut kusam dan kering, masalah umum di negara tropis. 

Pasarproduk rambut secara umum juga masih sangat potensial. Laporan yang dimuat di Marketeers menunjukkan bahwa pasar produk rambut Indonesia punya potensi keuntungan hingga 700 miliar rupiah. Dari sekian banyak produk rambut, produk perawatan (termasuk tonik) menunjukkan potensi pasar terbesar, disusul oleh produk untuk menjaga tekstur, pewarnaan, dan styling.

Kunci Menciptakan Produk Tonik Rambut Sukses

Sebelum menggunakan maklon hair tonic, tentukan dulu komposisi tonik rambut yang akan diproduksi. Konsumen tonik rambut biasanya memiliki masalah rambut rontok, kulit kepala kering, dan kondisi lain yang sulit diatasi dengan sampo dan kondisioner. 

Salah satu solusinya adalah menemukan rujukan pada produk-produk hair tonic atau hair oil terbaru untuk mengetahui kandungan yang sedang tren. Daftar tonik dan minyak rambut terbaik 2023 versi Cosmopolitan UK menunjukkan beragam kandungan populer, contohnya sebagai berikut:

  • Minoxidil

Minoxidil merupakan salah satu bahan terpopuler untuk produk penumbuh rambut. Di Amerika Serikat, minoxidil telah mendapatkan izin Food and Drugs Administration (FDA) untuk beragam tonik dan minyak rambut, mulai dari yang dijual bebas hingga yang diresepkan dokter.

  • Castor Oil

Minyak biji jarak atau castor oil adalah salah satu minyak alami yang paling banyak digunakan untuk tonik dan produk penumbuh rambut lainnya. Keunggulannya adalah mampu mengunci kelembapan kulit kepala dengan relatif lebih baik dibandingkan minyak alami lainnya. Kulit kepala pun menjadi sehat dan mampu mengurangi risiko rambut rontok.

  • Minyak Argan

Minyak argan belakangan ini semakin populer sebagai produk rambut. Manfaatkan popularitas bahan ini sebagai daya tarik utama untuk produk tonik rambut. Minyak argan terkenal mampu menjaga kelembapan dan kesehatan rambut tanpa membuatnya lepek atau berminyak. Anda bisa memasarkannya untuk pemilik rambut tipis halus.

  • Riboflavin

Riboflavin merupakan nama lain dari vitamin B2, salah satu nutrisi penting untuk menjaga kekuatan akar rambut. Beberapa minyak tonik rambut mempromosikan riboflavin sebagai salah satu kandungan aktifnya yang wajib.

  • Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid bisa menjadi bahan promosi untuk produk tonik rambut. Selain merupakan bahan populer untuk kulit, hyaluronic acid bisa menciptakan lingkungan sehat pada kulit kepala demi mendukung pertumbuhan rambut. Dengan kandungan asam ini, Anda bisa menyasar konsumen yang memiliki masalah dengan rambut rontok dan tipis. 

  • Ekstrak Agave

Ekstrak tanaman agave membantu menciptakan kondisi kulit kepala yang sehat. Agave juga menjaga kelembapan pada akar rambut sehingga menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan rambut.

  • Kolagen Tanaman

Kolagen dari tanaman (plant collagen) juga merupakan bahan yang akan menarik minat penyuka produk perawatan rambut. Plant collagen bisa ditemukan pada produk pencegah kerontokan rambut seperti tonik dan serum. Bahan ini biasanya dipromosikan sebagai komponen pendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Cara Memulai Produksi Tonik Rambut

Memanfaatkan maklon hair tonic bisa menjadi solusi mudah untuk memulai bisnis produk rambut, terutama bagi Smartpreneur yang ingin produk inklusif dengan bahan inovatif dan proses pengembangan yang menyeluruh.  Jasa maklon membantu Smartpreneur menentukan berbagai aspek produk, mulai dari kemasan, label, hingga bahan aktif dan kandungan produk.

Agar produk bisa laris di pasar, gunakan beberapa strategi berikut:

  • Tonjolkan Keunikan Bahan Utama

Pertimbangkan bahan-bahan aktif yang akan digunakan dalam tonik rambut. Tonjolkan keunikan bahan utama yang paling menonjol serta apa manfaatnya terhadap rambut pengguna. Selain menarik minat calon konsumen, promosi bahan aktif akan meningkatkan reputasi produk dan merek Anda.

  • Pahami Fokus Utama Pengguna Produk

Ciptakan konsep para target pasar utama produk yang akan dijual. Bayangkan tipe-tipe pengguna produk yang akan membelinya, lalu ciptakan strategi branding berdasarkan target utama. Misalnya, buatlah strategi yang membidik calon konsumen kelas menengah berusia 30 tahun ke atas, sudah bekerja, dan menginginkan produk premium.

  • Ciptakan Nilai Jual Utama Tonik Rambut

Tonik rambut akan menghadapi persaingan ketat dengan produk serupa, jadi pastikan memiliki nilai jual spesifik. Misalnya, promosikan produk tonik rambut tersebut sebagai produk yang ringan di rambut, tidak terasa berminyak, tetapi efektif dalam membantu proses pertumbuhan rambut. 

Manfaatkan bisnis maklon hair tonic seperti Indocare B2B untuk mengembangkan konsep produk terbaik, dan dapatkan kemudahan untuk proses konsultasi dan produksi, mulai dari pembahasan konsep hingga pembuatan dan pengemasan tonik. Produk Anda pun dijamin telah mendapatkan izin pemerintah sehingga lebih meyakinkan untuk dilempar ke pasar.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya