Maklon Parfum: Custom Parfum dengan Brand Sendiri

Maklon Parfum: Custom Parfum dengan Brand Sendiri

Bisnis wewangian adalah bisnis yang menguntungkan, bahkan pandemi tidak dapat menghentikannya. Contohnya, selama pandemi pada 2021, Christian Dior melaporkan pertumbuhan pendapatan pada segmen parfum dan kosmetik mereka sebanyak 27% dari tahun 2020. Bahkan brand parfum lokal turut berkembang dan banyak muncul pendatang baru. Jika Anda ingin terjun ke bisnis ini tetapi terkendala SDM, menggunakan maklon parfum adalah langkah yang sangat tepat.

Apa itu maklon parfum?

Maklon parfum adalah sebuah layanan yang bertujuan untuk menciptakan dan memproduksi produk parfum. Biasanya maklon parfum dikelola oleh perusahaan atau jasa maklon kosmetik karena masih satu segmen yang serupa. Jasa maklon kosmetik termasuk jenis perusahan OEM (Original Equipment Manufacturer) yang memproduksi produk dan kemudian dijual (pada klien) dengan brand klien itu sendiri. 

Perkembangan bisnis parfum di Indonesia

Sebagai negara tropis, orang Indonesia sangat bergantung pada produk wewangian. Tidak heran perkembangan bisnis parfum di Indonesia tidak pernah menurun. Pada tahun 2022 industri parfum mencapai penghasilan hingga 6,2 triliun rupiah dan akan bertumbuh hingga 15,3% pada 2026.  Ada 3 hal pendorong terjadinya hal ini;

  • Ketersediaan harga yang bervariatif
  • Meningkatnya penetrasi retail online
  • Bertambahnya pengeluaran konsumen di bidang kosmetik dan personal care

Awalnya industri parfum termasuk sebagai salah satu industri eksklusif yang memiliki pasar yang sangat tersegmentasi namun salah satu brand lokal yang debut pada akhir 2019 mendongkrak industri ini hingga kancah internasional, sehingga banyak pengusaha yang mulai mengembangkan produk parfum dan ikut menyaingi brand high-end. Salah satu produk dari brand lokal ini kemudian mencatat rekor sebagai best seller di Marketplace dan mendapatkan penghargaan sebagai Best Indonesia Fragrance Female Daily Award 2020. 

Jenis-jenis parfum

maklon parfum

Jika berbicara soal produk perawatan tubuh yang bertahan sepanjang masa di pasar, parfum adalah jawabannya. Telah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh bangsa Mesir Kuno dengan tujuan perayaan keagamaan melalui distilasi uap, hari ini eksistensi parfum tetap memiliki posisi tersendiri meski jenisnya selalu berkembang. 

Pada dasarnya, parfum dibentuk oleh wewangian dari bunga atau herbal (essential oil) yang dicampur dengan alkohol, fiksatif, dan air. Semakin tinggi konsentrasi essential oil maka durasi parfum akan semakin bertahan lama. Fiksatif juga akan membuat aroma bertahan lama dengan memperlambat proses penguapan (volatilitas).

Sehingga, parfum dikategorikan berdasarkan kadar konsentrasi essential oilnya, seperti berikut ini. 

 

Rekomendasi kandungan essential oil

Kandungan essential oil pada parfum berasal dari tumbuhan organik dan sintetis. Berikut rekomendasi terbaik bahan essential oil dari Indocare B2B.

Bahan yang cocok untuk parfum perempuan: 

  • Fresh: eucalyptus, lemon, orange, mandarin orange, lemongrass, bergamot, berry
  • Floral: lily, peony, rose, lavender, jasmine, 

Bahan yang cocok untuk parfum pria

  • Oriental: coumarin, labdanum, patchouli
  • Woody: cedarwood, sandalwood, vetiver, amber

Jenis aplikator yang bisa Anda coba

Parfum tidak melulu berbentuk spray; jika Anda ingin mengembangkan produk terbaik dan eye-catching, cobalah menciptakan produk parfum yang anti-mainstream seperti di bawah ini. 

 

maklon parfumIndocare B2B juga akan membantu Anda untuk mewujudkan rencana pengembangan produk parfum anda; atau jika Anda memiliki konsep sendiri, kami akan menyempurnakannya secara profesional. 

Maklon parfum dengan Indocare B2B

Industri parfum memang sangat menggoda dan menguntungkan tetapi memulai bisnis ini juga sama melelahkannya, apalagi jika Anda yang tidak punya SDM seperti pabrik dan tenaga ahli. Bekerja sama dengan Indocare B2B adalah cara efektif dan efisien untuk mulai menciptakan produk parfum dengan brand Anda sendiri. 

Segera luncurkan parfum merk Anda sendiri dan dapat keuntungan bekerja sama dengan Indocare B2B:

  • Biaya yang terjangkau
  • MoQ yang rendah
  • Tidak ada harga tambahan di kemudian hari
  • Proses produksi telah terstandarisasi secara nasional dan export sehingga berkualitas tinggi
  • Sumber bahan baku terbaik yang berasal dari Nusantara dan Luar Negeri

 

Baca juga: Menilik Lejitnya Perkembangan Bisnis Parfum Lokal di Indonesia


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

1 Komentar

hendra widjaja

mau bikin parfum merk sendiri

Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.