Bidik Tren Perawatan Rambut dengan Maklon Serum Rambut

Bidik Tren Perawatan Rambut dengan Maklon Serum Rambut

Serum rambut memiliki potensi besar untuk dijadikan salah satu produk bisnis di tahun 2025. Sementara maklon serum rambut akan menawarkan kemudahan bagi Smartpreneur yang ingin memasuki pasar potensial ini. Panduan singkat ini bisa menjadi pertimbangan awal sebelum merancang strategi bisnis serum rambut.

Tren Pasar Produk Perawatan Rambut Indonesia

Serum merupakan produk yang memberi nutrisi ekstra untuk rambut, terutama yang mengalami masalah tertentu seperti kerontokan dan rambut kering. Potensi pasar untuk serum cukup besar terutama untuk membidik masalah rambut yang umum dialami Milenial.

Dalam survei kecantikan tahun 2022 yang dipublikasikan di Statista, responden Milenial di Indonesia mengeluhkan kerontokan sebagai masalah utama rambut. Keluhan utama ini disusul oleh ketombe, rambut kering, rambut kasar, dan rambut lepek. Semuanya merupakan masalah yang bisa diatasi dengan nutrisi dari serum.

Secara umum, pasar produk rambut di Indonesia juga sangat potensial dan secara konsisten menunjukkan peningkatan. Nilai potensi pasarnya diperkirakan mencapai angka setara 1,1 miliar dolar AS pada tahun 2028.

Apa Beda Serum dan Tonik Rambut?

Sebelum menghubungi maklon serum rambut, pastikan mengetahui tipe produk yang akan dijadikan komoditas jualan utama. Namun dua jenis produk yang mirip, sering kali menjadi dilema ingin mengembangkan produk yang mana, seperti serum dan tonik rambut.

Serum dan tonik merupakan produk kaya nutrisi yang menyerap ke balik helai dan akar rambut secara lebih efektif. Kedua produk ini dibuat untuk membidik masalah rambut tertentu. Akan tetapi, karakteristik produk serum dan tonik memiliki perbedaan.

Tonik berbentuk cair dan mudah menyerap. Biasanya, tonik digunakan setelah keramas saat rambut masih setengah basah. Serum rambut cenderung lebih kental dan digunakan setelah tonik.

Fokus penggunaan tonik adalah pada kulit kepala, dan penggunanya harus memijat kepala secara lembut agar cepat meresap. Sebaliknya, penggunaan serum biasanya difokuskan pada batang rambut. Selain memberi nutrisi, serum yang kental membantu melapisi serta melindungi rambut dari panas matahari atau proses styling.

Jenis-jenis Serum Rambut yang Umum Diproduksi

Jenis dan kandungan serum yang bisa diproduksi tergantung pada masalah rambut yang dituju. Masalah rambut yang berbeda harus diatasi dengan kandungan aktif spesifik. Inilah beberapa tipe serum rambut populer yang bisa menjadi panduan untuk berdiskusi dengan maklon serum rambut.

  • Serum untuk Rambut Kusam

Serum khusus rambut kusam biasanya mengandung bahan aktif minyak seperti argan, alpukat, atau almond. Minyak bernutrisi seperti ini melapisi rambut sehingga lebih lembut dan berkilau.

  • Serum untuk Rambut Mengembang dan Kusut

Serum untuk tipe rambut yang mudah mengembang serta kusut biasanya mengandung silikon. Bahan ini melapisi helai-helai rambut dan mencegah rambut kehilangan kelembapan alaminya. Silikon juga membantu membuat rambut terasa lembut dan mudah diatur.

  • Serum untuk Rambut yang Diwarnai

Rambut yang diwarnai tetapi tidak dirawat dengan baik akan rusak, kasar, dan rontok. Serum khusus rambut diwarnai biasanya mengandung protein seperti keratin dan peptida  yang melembutkan serta mengunci kelembapan. Bahan tersebut mencegah rambut cepat rontok dan kusam akibat pewarnaan.

  • Serum untuk Rambut Tipis/Rontok

Serum khusus rambut tipis atau rontok mengandung nutrisi untuk menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak zaitun, biotin, dan vitamin B5 merupakan nutrisi populer untuk serum seperti ini.

  • Serum untuk Rambut Keriting

Serum khusus rambut keriting mengandung bahan yang dirancang untuk melembutkan, mencegah kering dan kusut, serta menjaga agar ikal-ikal keriting tetap menonjol. Serum ini biasanya mengandung nutrisi seperti minyak jojoba, shea butter, dan vitamin E.

  • Serum untuk Thermal Styling

Thermal styling adalah penataan rambut yang banyak melibatkan panas, misalnya dengan menggunakan pengering atau alat pelurus rambut. Serum untuk rambut seperti ini biasanya menutrisi sekaligus memberi lapisan pelindung agar rambut tidak mudah rusak. Contohnya adalah silikon, hyaluronic acid, aneka vitamin, dan minyak argan.

Cara Memulai Usaha Serum Rambut Sukses

Usaha serum membutuhkan perencanaan serta produsen atau manufaktur pendukung seperti maklon serum rambut. Agar mampu bersaing dengan produk yang sudah banyak beredar, pastikan memiliki rencana bisnis yang solid sebelum memesan stok produk dari maklon.

Hal utama dalam memasarkan serum adalah menonjolkan fungsi serta bahan utamanya. Calon konsumen biasanya mencari serum rambut karena mereka membutuhkan fungsi spesifik yang lebih ampuh dari sekadar sampo dan kondisioner. Misalnya, Anda bisa menjual serum untuk rambut tebal dan keriting agar tetap indah tetapi tidak mudah kusut. Tonjolkan keunggulan bahwa serum ini cocok untuk wanita Indonesia yang ingin menjinakkan rambut mereka tanpa menghilangkan ciri khasnya. Promosikan juga bahan aktif utamanya agar calon konsumen merasa yakin dengan produk yang mereka beli.

Maklon serum rambut adalah rekan bisnis yang tepat untuk Smartpreneur yang punya ambisi dalam mengembangkan bisnis personal care untuk produk perawatan rambut. Dengan layanan dari hulu ke hilir, kini Smartpreneur bisa memiliki produk dengan merek sendiri dengan mudah. 

Indocare B2B, sebagai manufaktur perawatan pribadi sejak 1988 telah dipercaya oleh ratusan merek dalam mengembangkan produk impian mereka. Proses dan segala fasilitas manufaktur Indocare B2B sudah tersertifikasi Pedoman Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB) Grade A, dan telah mengantongi sejumlah sertifikasi nasional hingga internasional. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya