Maklon Serum Wajah Dukung Bisnis Kecantikan Berpotensi Besar

Maklon Serum Wajah Dukung Bisnis Kecantikan Berpotensi Besar

Pasar serum wajah semakin berkembang seiring meningkatnya tren perawatan wajah lengkap di Indonesia. Maklon serum wajah pun tersedia untuk mendukung pengusaha Indonesia yang ingin memasuki pasar produk perawatan kulit. Apa saja yang harus diperhatikan sebelum memasuki segmen ini? 

Tren Pasar Serum Wajah di Indonesia

Serum wajah merupakan bagian dari pasar skincare yang terus berkembang dan berpotensi mencapai nilai 2,7 miliar dolar AS pada tahun 2024. Tingkat pertumbuhan tahunannya diperkirakan akan mencapai 4% sehingga ada pangsa pasar yang cukup aktif untuk bisnis.

Serum wajah lokal juga memiliki potensi besar di dalam pasar Indonesia. Produk lokal bahkan mampu bersaing dengan merek impor. Kuncinya adalah branding, formulasi yang cocok untuk kulit konsumen Indonesia, serta memastikan bahwa produk yang dijual berkualitas dan konsisten.

5 Kandungan Serum yang Sedang Naik Daun

Sebelum menggunakan maklon serum wajah untuk membuat produk serum, pastikan mengetahui bahan aktif yang harus ditambahkan.

Bahan aktif menjadi salah satu hal yang diteliti konsumen Indonesia sebelum membeli serum. Inilah lima bahan teratas rekomendasi sesuai tren untuk dijadikan kandungan aktif dalam serum wajah.

  • Ekstrak Phaeodactylum tricornutum

Phaeodactylum tricornutum adalah sejenis alga yang semakin populer sebagai bahan aktif produk perawatan kulit. Ekstrak alga ini cocok untuk produk anti-aging karena mampu menjaga kekenyalan kulit, mengurangi garis halus, serta mencegah peradangan. 

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang mengurangi efek peradangan, menjaga kulit tetap sehat dan lembap, dan mengurangi efek kusam serta bintik-bintik bekas jerawat.

  • Copper Peptide

Copper peptide merupakan bahan antioksidan yang mampu memerangi efek radikal bebas serta mendorong produksi kolagen. Bahan ini membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi tampilan garis halus, dan membuat warna kulit terlihat merata.

  • White Lotus Extract

Ekstrak teratai putih merupakan bahan tinggi antioksidan yang cocok untuk produk serum anti-aging. Bahan ini bisa digunakan untuk mengurangi tampilan garis halus dan bintik hitam serta membuat kulit terlihat segar dan lembap.

  • Peptide

Peptide membantu mendorong produksi kolagen sehingga kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan segar. Peptida juga cocok untuk mengurangi tampilan kulit kering, kusam, dan menua.

Jenis-Jenis Serum yang Laris Manis

Selain bahan aktif, Anda juga harus mendiskusikan jenis dan bentuk serum dengan produsen atau maklon serum wajah yang Anda percaya. Hal ini akan menentukan metode pemasaran yang efektif.

Sebagai pertimbangan usaha, berikut beberapa contoh serum wajah yang sering dibeli:

  • Serum Anti-aging

Serum anti penuaan dini (anti-aging) adalah salah satu produk terlaris di pasar Indonesia. Bahan aktif serum ini mendukung aktivitas kulit seperti regenerasi kolagen, proses perbaikan sel, serta mengurangi tampilan garis halus.

  • Serum Pencerah

Serum pencerah atau brightening serum juga termasuk produk yang laris di Indonesia, terutama karena banyak orang terkena dampak sinar matahari tropis. Serum ini biasanya digunakan untuk membantu dengan warna kulit tidak merata atau hiperpigmentasi dan bintik hitam bekas jerawat.

  • Serum Anti-Jerawat

Sesuai namanya, serum anti-jerawat menurunkan risiko kemunculan jerawat dan inflamasi dengan membidik akar masalahnya. Serum ini juga mampu mengurangi bekas jerawat, termasuk luka dan bintik hitamnya.

  • Serum Pelembap

Serum pelembap (hydrating toner) memberikan manfaat melembapkan yang lebih kuat dari krim biasa. Serum ini biasanya digunakan sebagai pendamping toner dan krim wajah. Karena teksturnya cenderung kental tetapi tidak sekental krim, serum biasanya digunakan di antara kedua produk tersebut demi memberikan efek melembapkan.

  • Serum Eksfoliasi

Serum eksfoliasi memiliki kandungan yang membantu mengikis sel kulit mati pada wajah. Serum ini biasanya mengandung bahan pengelupas sel alami seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). Kulit menjadi lebih bersih, bekas jerawat berkurang, dan tampilan garis halus menipis.

Serum juga bisa dibedakan dari bentuknya. Misalnya, ada serum gel yang cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. Sebaliknya, pemilik kulit kering biasanya mencari serum berbentuk minyak.

Cara Memulai Bisnis Serum Wajah

Memulai bisnis serum wajah membutuhkan usaha ekstra untuk menembus pasar Indonesia yang penuh persaingan. Lakukan beberapa tips berikut demi kesuksesan bisnis serum wajah:

  • Fokus pada Bahan Aktif dan Produk Tertentu

Pilih satu atau dua produk dulu sebagai fokus merek dan identitasnya. Misalnya, bisa berfokus pada serum dengan vitamin C untuk mencerahkan kulit atau serum dengan asam hialuronat untuk memberikan kelembapan ekstra. Hal ini membantu menentukan segmen pasar dan membangun dasar produk awal yang konsisten.

  • Pastikan Strategi Branding Konsisten dan Kuat

Strategi branding melibatkan identitas merek serum wajah yang kuat, berciri khas, dan tidak mudah dilupakan. Hal ini baru bisa dilakukan setelah menentukan target pasar, kebutuhan, dan gaya iklan yang sesuai.

  • Urus Semua Perizinan di Awal

Produk kulit di Indonesia wajib melalui berbagai proses untuk mendapatkan perizinan, termasuk izin dari BPOM. Pastikan memiliki semua izin tersebut sebagai perlindungan hukum.

Salah satu cara memudahkan proses memulai bisnis kecantikan adalah bekerja sama dengan maklon serum wajah, seperti Indocare B2B. Sebagai manufaktur dengan fasilitas terstandardisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan telah tersertifikasi lembaga pendukung di industri manufaktur, Indocare B2B kapabel dalam mengembangkan produk impian Anda dengan kualitas terbaik. 

Dengan Indocare B2B, konsep produk serum wajah bisa berganti menjadi produk sungguhan.Hubungi segera maklon serum wajah Indocare B2B untuk memulai bisnis potensial di segmen ini.  

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya