7 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit Lebih Sehat dan Cantik

7 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit Lebih Sehat dan Cantik

Memiliki kulit wajah sehat dan cantik tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Wajar adanya jika wanita rela mengeluarkan lebih banyak uang untuk pergi ke klinik kecantikan. Namun, manfaat alpha arbutin dalam skincare dan pemakaian yang tepat sebenarnya sudah cukup untuk menjaga kesehatan kulit. 

Alpha arbutin menjadi salah satu kandungan aktif yang sangat pas untuk konsumen yang sedang mengalami warna kulit tidak merata atau ingin menyamarkan noda hitam serta bekas jerawat tanpa membuat kulit terasa kering, terutama untuk pemilik kulit sensitif. 

Mengenal Alpha Arbutin

Anda mungkin sudah sangat akrab dengan berbagai bahan untuk membantu mencerahkan kulit, seperti vitamin C, ekstrak licorice, dan hydroquinone. Namun, tak banyak yang tahu jika alpha arbutin membawa manfaat yang serupa. 

Jadi, alpha arbutin adalah salah satu bentuk turunan dari hydroquinone. Mudahnya, alpha arbutin merupakan bentuk sintetik dari senyawa hydroquinone. Namun, ada pula versi alami dari alpha arbutin yang terkandung dalam buah dan tanaman, misalnya cranberry, blueberry, gandum, dan kulit buah pir. 

Senyawa ini adalah salah satu versi arbutin dengan fungsi yang tidak berbeda, yaitu membuat kulit lebih cerah. Meski demikian, kandungan dalam alpha arbutin bisa dikatakan lebih stabil ketimbang arbutin maupun senyawa turunan yang lainnya. Inilah sebabnya, manfaat alpha arbutin untuk wajah dan kulit akan lebih cepat terasa. 

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

Saat ini, penggunaan alpha arbutin untuk kulit dan wajah sedang begitu populer. Ini berkat segudang manfaat yang ditawarkan oleh senyawa tersebut untuk kesehatan serta kecantikan kulit, di antaranya: 

  • Membantu mencerahkan kulit wajah

Manfaat alpha arbutin yang paling utama yaitu membantu mencerahkan kulit wajah. Manfaat satu ini didapatkan dari salah satu agen yang berperan penting dalam menekan pembentukan tirosinase, suatu enzim yang terkandung dalam melanosit. 

Melanosit sendiri adalah suatu sel yang berperan dalam pembentukan melanin, pigmen menjadi penentu warna kulit pada tubuh. Artinya, makin banyak melanin yang terkandung pada kulit, warna kulit Anda akan terlihat makin gelap. 

Produksi enzim tirosinase dapat mengalami peningkatan jika kulit terpapar sinar UV. Jika produksinya meningkat, maka kadar melanin pada kulit juga bertambah. Hal inilah yang membuat kulit terlihat gelap dan kusam.  

  • Memberi perlindungan dari paparan radikal bebas

Kandungan alpha arbutin juga membawa sifat antioksidan, yang akan memberikan perlindungan pada kulit dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Bahkan, alpha arbutin dapat membantu menetralkan paparan zat tersebut sekaligus memerangi berbagai tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. 

  • Menyamarkan bekas jerawat

Munculnya bekas jerawat sudah pasti membuat siapa saja yang mengalaminya merasa kesal. Sebab, bekas coklat dan hitam ini memang bisa sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Manfaat alpha arbutin untuk wajah yang lain yang bisa didapatkan adalah membantu menyamarkan bekas jerawat. 

Sebenarnya, cara kerja alpha arbutin dalam memudarkan bekas jerawat tidak jauh berbeda dengan menyamarkan flek hitam karena paparan sinar UV. Alpha arbutin akan menekan pembentukan melanin yang berlebihan pada kulit wajah. 

  • Menghidrasi kulit wajah

Siapa sangka, alpha arbutin merupakan salah satu bahan aktif yang bisa membantu membuat kulit wajah menjadi lebih lembut. Produk perawatan wajah dengan kandungan ini juga membantu memenuhi hidrasi kulit sehingga kulit terasa lembap. 

Meski begitu, supaya bisa mendapatkan hasil terbaik, konsumen perlu menggunakan kandungan ini secara rutin 1 hingga 2 bulan. Bahan ini juga bekerja maksimal saat digabungkan dengan kandungan yang dapat membantu menghilangkan noda, seperti asam azelaic, niacinamide, vitamin C, dan asam kojic. 

  • Membuat warna kulit lebih merata

Manfaat alpha arbutin juga membantu membuat warna kulit lebih merata dengan menekan produksi melanin. Tak hanya itu, kandungan ini juga mengurangi kemunculan bintik matahari dan berbagai masalah hiperpigmentasi. Pemakaian rutin dapat membantu memudarkan flek hitam dan meratakan serta mencerahkn kulit. 

  • Mengangkat sel kulit mati

Eksfoliasi juga memegang peran penting dalam masalah hiperpigmentasi. Namun, pastikan tetap berhati-hati saat memilih skincare eksfoliasi. Sebaiknya, pilih bahan alpha arbutin karena aman jika dikombinasikan dengan kandungan BHA dan AHA.

Dengan begitu, senyawa ini terbilang efektif untuk bantu mengangkat sel-sel kulit mati, komedo, dan kotoran yang menempel pada wajah karena pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Menariknya lagi, alpha arbutin juga aman untuk digunakan pada pemilik kulit sensitif tanpa menimbulkan iritasi dan efek samping lainnya. 

  • Alternatif pengganti hidrokuinon

Seperti telah disebutkan sebelumnya, alpha arbutin adalah bentuk sintetis dari hydroquinone. Ini berarti, kandungan tersebut dapat menjadi alternatif bahan untuk pengganti hydroquinone dengan manfaat yang sama baiknya untuk kulit wajah. 

Manfaat alpha arbutin sendiri dapat menghambat proses pembentukan melanin. Sementara itu, hydroquinone dapat membantu mematikan sel yang berperan dalam produksi melanin. 

Itu tadi beberapa manfaat alpha arbutin untuk wajah yang perlu diketahui. Jika sedang berencana memulai bisnis skincare, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan alpha arbutin sebagai salah satu kandungan dalam produk. 

Sebagai jasa maklon skincare tepercaya, segera hubungi Indocare B2B yang dapat membantu membuat skincare sesuai dengan kebutuhan dan rencana bisnis Anda. 

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya