Manfaat dan Peluang Bisnis Alpha-lipoic Acid

Manfaat dan Peluang Bisnis Alpha-lipoic Acid

Alpha-lipoic acid (asam alfa-lipoat) tercatat sebagai salah satu kandungan yang sering ditemukan pada produk kesehatan. Lantaran manfaatnya yang bagus untuk kecantikan kulit, kini asam ini juga digunakan untuk membuat skincare.

Apa Itu Alpha-lipoic Acid?

Alpha lipoic acid (ALA) adalah antioksidan turunan asam kaprilat. Ini adalah senyawa organik yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh dan ditemukan di semua sel manusia. 

Senyawa organik ini dibuat di dalam mitokondria yang dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel dan berfungsi membantu enzim mengubah nutrisi menjadi energi. Pada dasarnya, tubuh manusia memproduksi asam alfa-lipoat secara alami. 

Kendati demikian, jumlah ALA yang dihasilkan tubuh relatif kecil dibandingkan dengan jumlah yang bisa diperoleh melalui makanan maupun suplemen. Beberapa makanan yang dimaksud, antara lain daging merah, jeroan, tomat, bit, brokoli, bayam, dan kubis Brussel.

ALA larut dalam air dan lemak. Hal ini memungkinkan ALA bekerja di setiap sel dan jaringan di tubuh. Lantaran memiliki sifat antioksidan yang kuat, banyak perusahaan skincare yang memanfaatkan ALA sebagai bahan pembuatan produk perawatan kulit.

Serupa dengan kandungan lain, alpha lipoic acid juga memiliki aturan dosis pemakaian. Untuk produk skincare kandungan ALA yang diperbolehkan maksimal 5%, sedangkan dosis konsumsi oral pada suplemen kesehatan maksimal 300 mg. 

Manfaat Alpha-lipoic Acid untuk Kulit

Agar Smartpreneur makin yakin memulai bisnis skincare yang mengandung ALA, berikut sederet manfaat alpha-lipoic acid untuk kulit.

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Alpha lipoic acid dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). sebab berfungsi sebagai lapisan pelindung yang mencegah kulit terkena paparan sinar ultraviolet secara langsung. 

Menutrisi Kulit

Kandungan ALA dapat diserap dengan baik oleh kulit. Alhasil, kulit akan langsung ternutrisi setelah diaplikasikan pada wajah. Lambat laun, kulit wajah akan lebih sehat. Kulit kering berganti menjadi lembap, kerutan makin samar, dan bekas jerawat pun pudar.

Tentunya untuk hasil maksimal, ALA harus digunakan sesuai aturan. Sebagai Smartpreneur yang baik, pastikan untuk selalu menginformasikan cara penggunaan pada kemasan ataupun ditempel pada produk.

Mencegah Penuaan Dini

Mengingat ALA adalah antioksidan yang kuat, penggunaan secara rutin efektif mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Keriput, garis halus, kulit kasar, pori-pori wajah yang besar, dan hiperpigmentasi dapat diatasi menggunakan skincare dengan kandungan ALA.

Menjaga Kulit Tetap Sehat

Selain paparan sinar ultraviolet, gaya hidup tidak sehat, polusi udara, dan stres juga memicu kerusakan pada kulit. Hal ini ditandai dengan berkurangnya elastisitas kulit, kulit kering dan kusam akibat kurang terhidrasi, dan munculnya eksim atau jerawat.

Penggunaan alpha-lipoic acid sesuai dosis yang tepat bisa menjaga kulit tetap sehat dan terlindung dari berbagai masalah. Tentu, hasil akan lebih optimal apabila perawatan dilakukan secara rutin.  

Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Rokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok merupakan salah satu faktor pemicu berbagai masalah kesehatan tubuh dan kulit. Paparan asap rokok bisa menyebabkan stres oksidatif yang menurunkan elastisitas kulit dan menyebabkan kerutan pada wajah. 

Produk perawatan wajah yang mengandung alpha lipoic acid dapat membantu mengurangi kerusakan tersebut. Pasalnya, senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidatif yang baik bagi kulit.

Pengembangan Produk Skincare dengan Alpha-lipoic Acid

Dilihat dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa peluang bisnis skincare menggunakan alpha-lipoic acid masih terbuka lebar. Pasalnya, belum banyak produk yang mengandung ALA di pasar Indonesia. 

Apabila Smartpreneur berhasil menciptakan skincare yang mengandung dengan khasiat yang memang dibutuhkan konsumen, produk tersebut akan meledak di pasaran. Sangat tidak memungkingan untuk produk tersebut bisa masuk ke daftar skincare pendatang baru dengan penjualan tertinggi. 

Pengembangan jenis produk skincare yang mengandung ALA sangat bervariatif, mulai dari pelembap wajah, serum, pembersih wajah, hingga tabir surya. Tidak sampai di situ, produk dengan kandungan ini juga menawarkan ragam manfaat, aman digunakan untuk semua jenis kulit, mulai dari normal, kering, berminyak, acne prone, bahkan kulit sensitif.

Biasanya, penggunaan awal ALA bisa menyebabkan kulit mengelupas dan berjerawat. Namun, seiring rutinnya penggunaan lambat laun kulit justru akan lebih sehat, kenyal, dan bebas dari penuaan dini. Keunggulan inilah yang bisa Smartpreneur manfaatkan untuk memulai bisnis skincare dan menghasilkan keuntungan besar.

Tersedia jasa maklon produk skincare tepercaya yang dapat membantu Smartpreneur menciptakan produk perawatan wajah berkualitas tinggi. Modal pembuatan skincare pun tak begitu menguras kantong. Indocare B2B dapat mengembangkan produk impian Anda melalui maklon skincare yang terstandardisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), terutama skincare dengan kandungan alpha-lipoic acid.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.